Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Rumah? Cek Di sini!

Rabu, 23 Juni 2021 | 14:57:35

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Apa Saja Hak Dan Kewajiban Anak Di Rumah? Cek Di Sini!

Foto: Ladiestory.id

Sejak anak dilahirkan, secara otomatis ia memiliki hak yang melekat pada dirinya. Seiring dengan bertambahnya umur, anak pun memiliki kewajiban yang harus dipenuhi.

Hak adalah sesuatu yang harus diterima atau didapatkan tanpa tuntutan. Sedangkan, kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan atau ditunaikan.

Hak dan kewajiban seorang anak sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Namun, di sini kita akan membahas hak dan kewajiban seorang anak ketika di rumah.

Hak Anak di Rumah

Foto: Ladiestory.id

Berikut ini beberapa hak yang patut didapatkan seorang anak di rumah.

      1. Mendapat Perhatian, Cinta, dan Kasih Sayang

Dicintai dan disayangi merupakan hak anak yang paling utama, sehingga anak-anak tumbuh dengan penuh kasih sayang dan cinta pada lingkungan di sekitarnya dan orang terdekat. Selain itu, anak berhak mendapat cukup perhatian dari orang tua, selain kecukupan material.

      2. Mendapatkan Makanan dan Minum

Makanan dan minuman menjadi kebutuhan utama agar manusia, terutama anak, dapat bertahan hidup. Makanan dan minuman yang cukup dan bergizi sudah sepantasnya di dapatkan oleh seorang anak.

      3. Mendapatkan Perlindungan dan Keamanan

Anak memilki hak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan. Salah satu bentuk perlindungan orang tua terhadap anak ialah melarang anak melakukan sesuatu yang dianggap kurang aman, misalnya melarang anak bermain api atau benda tajam.

      4. Berhak untuk Bermain

Anak-anak juga memiliki hak untuk bermain sesuai dengan usianya. Namun, hal ini jangan sampai membuat anak lupa waktu untuk melakukan aktivitas yang lain.

      5. Mendapatkan Kesehatan

Anak juga memiliki hak untuk mendapatkan akses kesehatan. Kesehatan anak tentu memengaruhi tumbuh kembang anak. Anak yang sehat dapat bertumbuh secara optimal.

      6. Mendapatkan Pendidikan dan Bimbingan Belajar

Sudah sewajarnya anak berhak untuk mendapatkan pendidikan agar membantu perkembangan emosional dan kecerdasaannya. Saat mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah ataupun belajar, anak berhak untuk mendapatkan bimbingan.

Kewajiban Anak di Rumah

Foto: Ladiestory.id

Selain memilki hak, anak juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan saat di rumah. Berikut beberapa kewajiban anak di rumah.

  1. Menjaga Kebersihan Rumah

Anak memiliki kewajiban untuk membantu orang tua, seperti misalnya menjaga kebersihan rumah. Hal ini dapat berupa membersihkan kamar tidur secara berkala, menyapu, atau membuang sampah pada tempatnya.

      2. Patuh Nasihat Orang Tua

Jika orang tua memberi nasihat, sepatutnya seorang anak mematuhi nasihatnya.

      3. Menghormati, Menyayangi serta Menghargai Anggota Keluarga

Anak wajib menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga yang lain. Selain orang tua, anak juga wajib menghormati nenek, kakek, kakak,adik, dan anggota kerluarga lainnya.

      4. Kewajiban Belajar dan Mengerjakan Tugas

Selain belajar di sekolah, anak juga wajib untuk belajar di rumah. Salah satu bentuk belajar di rumah ialah dengan mengulang pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah atau mengerjakan tugas dan PR.

Demikian ulasan tentang beberapa hak dan kewajiban anak di rumah. Dengan menerapkan hak dan kewajiban anak di rumah dapat membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab atas segala kewajibannya dan memiliki rasa percaya diri akan kemampuannya.