3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan sebagai Bentuk Mencintai Lingkungan

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:10:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Mencintai Lingkungan

Foto: WallpaperBetter

Ladiestory.id - Dilansir dari buku Ketahanan Dasar Lingkungan: Basic Environment oleh Ahmad Husein (2019: 1), lingkungan merupakan kesatuan ruang dengan seluruh benda, daya, dan keadaan.

Hal ini juga termasuk manusia beserta perilakunya yang memperngaruhi kelangsungan hidupnya dan makhluk hidup lainnya. Sikap mencintai lingkungan perlu diterapkan agar tercipta kawasan yang sehat dan nyaman.

Sebagai orang yang tinggal di bumi, sudah seharusnya kita menjadi sosok yang memperhatikan bagaimana bumi kita saat ini. Bumi kian lama kian menua, akan tetapi banyak manusia yang masih jarang peduli dan tetap melakukan aktivitas yang mengakibatkan bumi semakin rusak.

Bentuk Mencintai Lingkungan

Oleh sebab itu teman-teman sekalian, kita mesti menerapkan program cinta lingkungan agar bumi kita tidak makin rusak akibat ulah manusia. Tidak perlu melakukan hal-hal yang sulit, cukup mulai dari hal-hal yang sederhana di bawah ini sebagai bukti jika kalian memang cinta dan peduli terhadap lingkungan kalian.

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

cinta lingkungan
Foto: bandungreview

Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan yang simpel tapi rasanya sulit sekali guna dijalankan oleh masyarakat di Indonesia. Mayoritas masyarakat Indonesia begitu gemar untuk membuang sampah dengan sembarangan, entah di jalan raya, di sungai, selokan dan lain sebagainya.

Bahkan tidak jarang pula kita jumpai terdapat kasur, sofa dan benda-benda tidak lazim di sungai maupun kali di Indonesia. Padahal, membuang sampah kecil di sungai itu aja sudah sangat cukup guna membuat sungai tersumbat hingga banjir, terlebih jika kalian membuang sofa, kasur, popok bayi dan lainnya di sungai.

Ayo biasakan membuang sampah pada tempat sampah ya, Ladies! Perbuatan kecil kalian itu dapat berefek besar untuk lingkungan tempat kalian tinggal, lho!

2. Naik Transportasi Umum

cinta lingkungan
Foto: soompi

Cukup banyak orang yang merasa gengsi saat disuruh untuk menaiki transportasi umum, khususnya bagi kalian yang tinggal di daerah perkotaan. Padahal polusi dari kendaraan bermotor yang kalian pakai jelas kian hari kian merusak lapisan ozon bumi.

Terlebih lagi jumlah kepemilikan kendaraan bermotor dan mobil saat ini makin hari makin bertambah bukannya berkurang. Hal ini pun menjadikan jalanan semakin padat. Maka dari itu, selagi terdapat alternatif kendaraan umum kalian dapat memanfaatkannya, kan?

Terlebih lagi kendaraan umum semacam bus kota dan sebagainya saat ini sudah dimodif sedemikian rupa sehingga menjadi bersih dan rapi. Oleh sebab itu, jika kalian termasuk pengguna kendaraan umum, jangan lupa guna ikut menjaga trasnportasi umum yang kalian naiki, ya!

3. Mengurangi Pemakaian Plastik

cinta lingkungan
Foto: shutterstock

Langkah simpel berikutnya yaitu dengan mengurangi pemakaian plastik. Plastik sendiri telah mencemari laut serta daratan di bumi, lho, Ladies. Bahkan plastik-plastik itu sampai dimakan oleh ikan, burung, kura-kura serta hewan lainnya.

Plastik merupakan salah satu bahan yang begitu sulit terurai dan memerlukan waktu ratusan tahun untuk benar-benar terurai dengan baik. Oleh sebab itu, guna mengurangi penggunaan plastik kalian dapat mengenakan barang-barang pengganti.

Contohnya saja untuk minum kalian dapat mengenakan tumbler sebagai pengganti botol plastik sekali pakai. Saat berbelanja, kalian dapat mengenakan tas kertas atau kardus dan sebagainya yang lebih mudah terurai.

Dan bagi pemakaian sedotan, saat ini mulai bermunculan sedotan yang terbuat dari stainless dan dapat digunakan berkali-kali dengan model yang unik serta lucu.

Lakukan hal diatas untuk menjaga serta melindungi bumi kita, ya!