Apple Hentikan Penjualan Jam Tangan Terbarunya di Amerika Serikat

Rabu, 27 Desember 2023 | 18:48:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Apple Hentikan Penjualan Jam Tangan Terbarunya Di Amerika Serikat

Apple Watch. (Apple.com)

Ladiestory.id - Apple telah menghentikan penjualan dua model jam tangannya, yaitu Seri 9 dan Ultra 2 di Amerika Serikat (AS) karena adanya tuntutan hukum.

Diketahui, Apple tengah berselisih hukum dengan perusahaan teknologi kesehatan Masimo mengenai fitur deteksi oksigen darah di jam tangan tersebut.

Apple Watch Seri 9 dan Ultra 2 tidak dapat dipesan sejak 21 Desember 2023 mulai pukul 3 sore waktu setempat, dan menghentikan penjualan di toko pada 24 Desember 2023 lalu.

Apple Watch Seri 9. (Apple.com)

Tindakan ini mengikuti penolakan Komisi Perdagangan Internasional, badan federal yang menangani mandat terkait perdagangan, yang sebelumnya mengeluarkan perintah untuk melarang Apple mengimpor Seri 9 dan Ultra 2.

Keputusan tersebut diambil setelah hakim AS memutuskan pada bulan Januari 2023 bahwa Apple melanggar paten Masimo terkait dengan teknologi yang digunakan dalam sistem penginderaan oksigen darah Apple.

Perintah tersebut sedang dalam peninjauan presiden hingga tanggal 25 Desember 2023 dan menjadi final pada tanggal 26 Desember 2023, setelah Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Katherine Tai, memutuskan untuk tidak membatalkan keputusan ITC.

Apple Watch Ultra 2. (Apple.com)

Namun, kedua jenis jam tangan tersebut masih dijual di situs web Best Buy, Amazon, Walmart.

"Di Apple, kami bekerja tanpa lelah untuk menciptakan produk dan layanan yang memberikan dampak bermakna bagi kehidupan pengguna. Hal inilah yang mendorong tim kami, klinis, desain, dan teknik, mendedikasikan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan fitur kesehatan, kebugaran, dan kebugaran yang tervalidasi secara ilmiah untuk Apple Watch, dan kami terinspirasi bahwa jutaan orang di seluruh dunia telah memperoleh manfaat besar dari produk ini,” tulis keterangan resmi Apple yang dilansir dari cnet, pada Rabu (27/12/2023).

“Kami sangat tidak setuju dengan keputusan USITC dan perintah pengecualian yang dihasilkan, dan mengambil semua tindakan untuk mengembalikan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 kepada pelanggan di AS sebagai secepatnya,” sambungnya.

Kendati demikian, pihak Apple telah mengajukan banding ke Sirkuit Federal dan mengajukan usulan desain ulang jam tangan yang terkena dampak untuk mendapatkan persetujuan Bea Cukai AS.