Arie Kriting Ikut Perkenalkan Pakaian Adat Buton yang Dikenakan Jokowi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Arie Kriting Ikut Perkenalkan Pakaian Adat Buton Yang Dikenakan Jokowi

Arie Kriting dan Indah Permatasari. (Instagram.com/arie_kriting)

Ladiestory.id - Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia kerap menjadi ajang untuk turut memperkenalkan banyaknya budaya di tanah air. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan pakaian adat. Hal ini kerap dilakukan, khususnya oleh presiden, saat hadir di upacara yang diadakan di Istana Negara.

Pada acara peringatan HUT RI pada Rabu (17/8/2022) kemarin, perasaan senang sekaligus bangga pun dirasakan oleh Arie Kriting. Pasalnya, Presiden RI, Joko Widodo, dan Ibu Negara, Iriana, tampak mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara, yang mana daerah asal sang komika.

Arie Kriting Busana Khas Buton. (Instagram.com/arie_kriting)

Suami dari Indah Permatasari itu pun ikut memperkenalkan pakaian adat Buton lewat unggahan di Instagram. Sang komika menyandingkan fotonya saat mengenakan busana khas Buton dengan potret Jokowi.

“MERDEKA..!!! Ah senang sekali hari ini Bapak @jokowi mengenakan pakaian adat Buton. Waktu nikahan di Buton saya juga mengenakan pakaian yang kurang lebih sama,” tulis Arie, dikutip Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, yang membedakan busananya dengan presiden hanyalah bagian penutup kepala. Ia menyampaikan jika pada potretnya, penutup kepala tidak dikenakan lantaran tak muat akibat rambutnya.

“Cuma penutup kepalanya saya nggak pakai, karena rambutnya nggak muat,” sambungnya.

Lewat unggahan tersebut Arie menyampaikan harapannya agar melalui perkenalan busana khas Buton, masyarakat sekitar bisa lebih semangat untuk menunjukan tradisinya ke kalangan luar.

“Semoga ini bisa menjadi penyemangat bagi kita Orang Buton untuk lebih giat menunjukkan karya nyata bagi kemajuan Bangsa Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77,” tutupnya.