Arti Al Malik dalam Asmaul Husna dan Keutamaan Mengamalkannya

Senin, 1 November 2021 | 08:33:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Arti Al Malik Dalam Asmaul Husna Dan Keutamaan Mengamalkannya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Al Malik adalah salah satu dari 99 Asmaul Husna, yaitu nama-nama indah untuk Allah SWT. Dalam Asmaul Husna, Al Malik sendiri artinya Maharaja, Maha Menguasai, Maha Tinggi dan Maha Memiliki. Bila mengamalkannya secara rutin tentu saja ada keutamaan yang akan didapatkan. 

Arti Al Malik

arti al malik
Foto: Suara Muhammadiyah

Secara bahasa arti dari Al Malik adalah raja atau penguasa. Dengan begitu Al Malik memiliki arti penguasa terhadap segala sesuatu, karena kekuatan pengendalian. Allah SWT memiliki sifat Al Malik yang artinya Allah adalah Maharaja.

Arti tersebut memiliki makna bahwa Allah SWT yang berkuasa atas segala sesuatu, baik dalam memerintah ataupun melarang. Maksud dari  segala sesuatu itu, tidak lain hanyalah milik atau kepunyaan Allah semata.

Di dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Allah SWT bukan hanya raja yang berkuasa di dunia tetapi juga raja yang berkuasa di alam akhirat. Hal ini tertuang dalam surat Az-Zukhruf ayat 85 yang berbunyi:

وَتَبَارَكَ ٱلَّذِى لَهُۥ مُلْكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَعِندَهُۥ عِلْمُ ٱلسَّاعَةِ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: 

"Dan Maha Suci Tuhan Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; dan apa yang ada di antara keduanya; dan di sisi-Nya-lah pengetahuan tentang hari kiamat dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan."

Dalam sebuah hadits qudsi pun, Allah SWT berfirman, "Aku adalah Al-Malik (Raja), maka di manakah (mereka yang mengaku) raja?" (HR. Bukhari dan Muslim).

Arti Al Malik juga disebutkan dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 26:

قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: 

Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Dalam Alquran surat Maryam ayat 40 juga terkandung makna Al Malik yang berbunyi:

إِنَّا نَحْنُ نَرِثُ الْأَرْضَ وَمَنْ عَلَيْها وَإِلَيْنا يُرْجَعُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami memiliki bumi dan semua orang-orang yang ada di atasnya, dan hanya kepada Kami-lah mereka dikembalikan.” (QS. Maryam:40)

Keutamaan Mengamalkan Zikir Al Malik

arti al malik
Foto: Ladiestory.id

Adapun keutamaan dari mengamalkan zikir Al Malik ini bisa dirasakan apabila kita membaca "Yaz Malik" setiap pagi atau setelah matahari tergelincir sebanyak 121 kali, maka insha Allah pada suatu saat kita akan menjadi kaya atas izin Allah SWT.

Tapi ingat hendaknya, kita harus tetap rajin bekerja dan berusaha mencari rezeki, tidak berarti hanya berdoa saja tanpa usaha.

Dengan memperbanyak dzikir menyebut nama "Yaa Maalik", maka dengan izin Allah SWT kita akan diberikan kekuatan, kebesaran dan kekuasaan dan kepemilikan atas segalanya. Agar orang-orang pun memperlakukan kita dengan hormat.

Memang tidak bisa disangkal bahwa segala sesuatu pasti butuh kepada Allah SWT, sedangkan Allah SWT tidak membutuhkan segala sesuatu.