Arti Barakallah Fii Umrik, Sering Dengar Tapi Tidak Tahu Artinya?

Minggu, 13 Juni 2021 | 21:27:38

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Arti Barakallah Fii Umrik, Sering Dengar Tapi Tidak Tahu Artinya?

Banyak orang yang masih belum tahu tentang arti barakallah fii umrik. Padahal sebenarnya kata-kata itu sudah tidak asing lagi di telinga. Terutama untuk orang yang beragama Islam, pasti tidak jarang dari orang-orang di sekeliling mereka yang menggunakannya juga.

Banyak orang yang bertanya-tanya ketika mendapatkan istilah baru, apa artinya? Karena orang yang bijak akan mencari tahu dulu maknanya, dan baru mempertimbangkan untuk ikut menggunakannya atau tidak. Terutama jika kata-kata yang artinya tidak baik, maka sebaiknya tidak untuk ditiru.

Apa Arti Barakallah Fii Umrik dan Bagaimana Penulisannya dalam bahasa Arab?

Arti Barakallah Fii Umrik adalah “Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan pada usiamu”. Seperti halnya Al-Qur’an yang diturunkan dalam bahasa Arab, doa-doa akan lebih utama jika menggunakan bahasa Arab. Bahasa Arab memang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam, dan orang-orang Muslim sangat dianjurkan untuk mempelajari bahasa Arab.

Dalam Islam, memang tidak ada perayaan untuk hari kelahiran. Manusia hanya diminta untuk selalu berdoa meminta kebaikan pada pertambahan umurnya dan juga harus memperbaiki diri agar menjadi insan yang lebih baik lagi, serta menggunakan sisa umurnya lebih bijak. Nah, umur yang panjang ini juga merupakan bagian dari nikmat Allah yang wajib disyukuri.

Jadi, orang-orang yang mengucapkan barakallah fii umrik bertujuan mendoakan sekaligus mengingatkan untuk selalu berbuat yang baik.

Penulisannya sendiri dalam huruf Arab dari barakallah fii umrik adalah??????? ????? ??? ????????

Bagaimana Cara Membalasnya?

Sudah sepatutnya ketika seseorang memberikan hal-hal yang baik pada kita, maka kita harus membalasnya. Setidaknya dengan ucapan terima kasih.

Namun, banyak yang kebingungan menanggapinya karena menggunakan bahasa Arab. Sedangkan kita tidak bisa berbicara bahasa Arab. Lalu, bagaimana cara menjawabnya jika dalam bahasa Arab?

Sebenarnya kalimat Barakallah fii umrik bisa saja dijawab dengan bahasa apa saja, namun tentunya akan lebih utama apabila membalasnya dengan bahasa Arab juga. Ada dua jenis jawaban yang diucapkan jika yang mengucapkan adalah laki-laki, maka jawabannya adalah “Wa Fiika Barakallah”. Sedang jika perempuan, “Wa Fiiki Barakallah” yang artinya “Semoga Allah juga memberkahimu”.

Penjelasannya adalah karena adanya aturan bahasa, yaitu menggunakan nahwu shorof jika dalam bahasa Arab. Sedangkan jika dalam bahasa Inggris sama halnya seperti grammar. “Ka” ditujukan untuk laki-laki, dan “ki” ditujukan untuk perempuan.

Contoh Penggunaan Barakallah Fii Umrik

Setiap orang pasti akan merasa senang dan merasa dihargai apabila orang lain mengingat hari lahirnya. Artinya orang itu memiliki kepedulian tinggi pada kita. Setidaknya dengan ucapan dan doa, akan membawa manfaat yang baik untuk diri kita.

Untuk contoh ucapannya, sebenarnya sama saja seperti ketika menggunakan bahasa Indonesia. Tidak ada salahnya mencampur adukkan bahasa Arab dengan bahasa Indonesia dalam mengucapkannya, agar orang yang kita ucapkan mengaminkan lebih khusyuk karena tahu artinya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat ucapannya:

  • Miladuki saidah, Barakallah Fii Umrik. Semoga pertambahan umurnya bisa membawa keberkahan, dan semakin bertambah kebaikannya.
  • Barakallah fii umrik, (nama). Semoga panjang umur dan sehat selalu. Semoga Allah senantiasa menyertai langkahmu dalam kebaikan. Aamiin.
  • Met Milad, Sobat. Barakallah fii umrik, semoga semakin dilimpahkan kebaikan. Dilancarkan rizkinya, dan dipercepat kedatangan jodohnya. Aamiiin.

Itu adalah 3 contoh ucapan yang bisa anda tiru dan bisa anda modifikasi. Sekian penjelasan mengenai arti barakallah fii umrik beserta jawabannya. Semoga bermanfaat.