Inilah Arti dan Makna Tradisi Menghias Telur dan Kelinci di Perayaan Paskah

Sabtu, 4 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Inilah Arti Dan Makna Tradisi Menghias Telur Dan Kelinci Di Perayaan Paskah

Foto: liputan6

Ladiestory.id - Paskah merupakan salah satu perayaan penting umat Kristiani di seluruh dunia selain natal. Perayaan ini dirayakan pada minggu pertama, setelah bulan purnama terjadi atau setelah titik balik musim semi.

Beragam rangkaian perayaan paskah dilaksanakan  umat Kristiani di seluruh dunia, mulai  dari Jumat Agung, Sabtu Sunyi dan Paskah di hari minggu. Paskah memberikan kesan dan pesan yang menarik bagi umat Kristiani yang percaya akan bangkit-NYA sang Juru Selamat ke Surga.

Namun, taukah kamu makna dari perayaan paskah itu sendiri? dan mengapa perayaan paskah identik dengan telur dan kelinci? simak penjelasannya.

Arti Paskah

Pengertian Paskah menurut Perjanjian Lama adalah perayaan pembebasan bangsa Israel dari tanah Mesir. Pada masa itu terdapat upacara 'roti tidak beragi', dan 'persembahan anak sulung', dengan upacara korban domba Paskah.

Sesuai dengan kitab suci ( Kel 12:14,17,21 ), rangkaian upacara ini merupakan perintah Tuhan agar dikenang oleh Musa dan Bani Israel.

Pengertian Paskah menurut Perjanjian Baru, Allah menunjukkan kuasa dan anugerahnya yang meluputkan umat milik-NYA dari maut. Dengan kata lain, Allah memberikan kepastian kebangkitan kekal di akhir zaman, melalui kebangkitan Yesus Kristus.

Makna Paskah Bagi Yang Merayakan

  • Keluar dari Gelap Menuju Terang

Manusia  sering kali terpengaruh dengan dunia gelap, dan tidak memiliki pengharapan dalam hidupnya, Yesus memberikan suatu pengharapan kepada setiap orang yang percaya bahwa dia telah bangkit.

  • Bangkit dari Kehidupan Lama dan Mulai Kehidupan Baru

Manusia sering mengalami banyak masalah kehidupan dan berbuat dosa, setelah Tuhan bangkit dari kematian-NYA, dia mengajarkan perubahan dari perbuatan yang berdosa harus dibuang dan mulai bangkit untuk memulai kehidupan yang baru sesuai dengan ajaran Tuhan.

  • Batu Penghalang Sudah di Singkirkan

Tuhan memberitahukan kepada umat-NYA di hari Paskah batu penghalang bertemu dengan Allah sudah di singkirkan. Semua halangan yang dilakukan iblis untuk menjauhkan umatnya dengan Tuhan, sudah disingkirkan. Dengan begitu membuat jalinan hubungan umat  dengan Allah semakin dekat.

Foto :Time Of India

 

Telur Paskah

Perayaan Paskah selalu identik dengan  menghias telur.  Munculnya telur Paskah dimulai abad kedua agama Kristen mulai disebarkan. Pada abad kedua tersebut, orang Kristen mendatangi suku Teutonic, Roma Utara, dengan tujuan menyebarkan agama Kristen.

Para penyebar agama ini menggunakan adat istiadat warga setempat agar ajaran mereka bisa diterima dengan baik. Salah satunya dengan menstrasnformasikan festival Easter milik mereka dengan ajaran Kristen.

Festival tersebut bertepatan dengan Hari Raya Paskah, dimana hari itu adalah hari kebangkitan Kristus. Ketika  bangsa Romawi memiliki pepatah " semua kehidupan berasal dari telur", maka hal ini diadaptasi oleh banyak kebudayaan.

Menurut banyaknya kebudayaan yang menganggap telur sebagai lambang kelahiran dan kebangkitan, akhirnya telur menjadi identik dengan Paskah.

Kelinci Paskah

Selain telur, kelinci juga identik dengan perayaan Paskah. Walau di dalam Alkitab tidak menyebutkan tentang kelinci di hari Paskah. Namun kelinci telah menjadi simbol utama hari Paskah dalam kekristenan tersebut.

Asal mula mitos kelinci kurang begitu jelas tetapi kelinci dianggap makhluk fertil yang menjadi simbol kesuburan dan kehidupan baru.

Menurut beberapa sumber Kelinci Paskah muncul dari imigran yang menetap di Pennsylvania yang membawa tradisi kelinci membawa telur di hari Paskah. Kemudian kebiasaan ini akhirnya menyebar dan mulailah kelinci identik dengan perayaan Paskah.

Demikian penjelasan mengenai arti, dan makna Paskah serta, serta asal usul telur dan kelinci Paskah. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita, ya.