Arti Dari Nama Najwa dan Beberapa Rekomendasi Nama Najwa yang Indah

Senin, 15 November 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Arti Dari Nama Najwa Dan Beberapa Rekomendasi Nama Najwa Yang Indah

foto: Metro Tempo

Ladiestory.id - Nama merupakan perwujudannya doa уаng biasanya menjadi identitas seseorang. Pemberian nama раdа seseorang bertujuan untuk memudahkan seseorang memanggil orang lain. Maka dari itu, sеtіар orangtua sangat mengharapkan memiliki anak уаng berbudi pekerti baik dаn kehidupan уаng lеbіh baik.

Kali ini kita akan membahas arti dari nama Najwa. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa arti nama Najwa tidak boleh disematkan untuk buah hati. Benarkah seperti itu? Atau hanya sebagai mitos?

Sebelum kita memberikan nama tersebut lebih baik jika kita tau lebih dalam tentang arti nama Najwa di sini. Supaya kamu tidak salah paham dan percaya informasi seperti itu. Nah kali ini kita akan bahas seputar nama najwa juga dengan rekomendasi nama lainnya sebagai pelengkap. Yuk kita simak bersama.

Asal Bahasa - Arab

Najwa (نَجْوى) diturunkan dari bahasa Arab naja yang berarti berbisik ke telinga orang lain atau melakukan pembicaraan rahasia. Arti dari nama Najwa inilah yang sering menimbulkan perdebatan.

Memang ada ayat yang menyebutkan bahwa pembicaraan rahasia itu termasuk perbuatan setan. Yaitu di QS Al-Mujadalah ayat 10.

Tapi, menurut ayat yang sebelumnya, yang dimaksud pembicaraan rahasia di sini adalah pembicaraan yang mengarah ke perbuatan dosa, permusuhan, dan durhaka kepada Rasulullah. Sementara itu, pembicaraan rahasia tentang perbuatan kebajikan dan takwa diperbolehkan.

Mitos Nama Najwa

Dari segi syariat sendiri, tidak ada larangan resmi tentang menggunakan nama ini sebagai panggilan untuk anak. Jadi informasi bahwa nama najwa itu dilarang, merupakan mitos dan itu tidak benar.

Oleh karena itu, kembali lagi ke kamu apakah ingin menggunakan nama ini untuk putri kamu  atau tidak. Kalau iya, doakan saja supaya nantinya putri kamu menjadi seseorang yang bisa menyimpan rahasia dan hanya berbisik-bisik untuk menyebarkan kebaikan.

Sebenarnya, ada lagi arti nama Najwa yang lain dalam bahasa Arab. Jika diturunkan dari kata najwah yang berarti ketinggian atau bukit, maknanya menjadi berbicara dengan seseorang yang jauh untuk menjaga rahasia.

Berbeda lagi jika diturunkan dari kata najat yang berarti penyelamatan, keamanan, atau pembebasan. Arti nama Najwa akan menjadi berbicara sesuatu demi keamanan dan keselamatan seseorang.

Nah itu dia arti kata najwa yang ada banyak sekali, bisa dari kata naja, najwah, dan najat. Semuanya memiliki arti dan makna yang berbeda namun tetap memiliki arti yang baik.

Jadi tidak salah juga kamu memberi nama kepada putrimu dengan nama Najwa. Nah kalau nama dengan satu kata saja rasanya kurang cocok. Lebih baik disambung dengan nama lain yang sama-sama memiliki arti yang baik dan indah. Berikut ini rangkaian nama Najwa:

Rangkaian Nama Najwa

Salah satu rangkaian nama yang cocok untuk kata najwa adalah Azzahra, nama ini memiliki arti cerdas, luar biasa, dan bunga. Putri kamu bisa diharapkan tumbuh menjadi perempuan yang cerdas dan sering berbicara menyebarkan kebaikan sesuai arti nama Najwa Azzahra.

Selain itu, ada Khairunnisa juga, yang memiliki makna wanita baik. Maka arti nama Najwa Khairunnisa itu, menjadi wanita baik yang suka berbisik-bisik dan mengajak melakukan kebaikan.

Ada juga rangkaian yang tak kalah baik yaitu, Najiyullah (نَجِيّ الله). Artinya adalah seseorang yang berbicara secara akrab dengan Tuhan. Bisa juga dimaknai seseorang yang dekat dengan Tuhan. Nah itu dia ada 3 rangkaian nama yang indah. Kamu lebih suka yang mana?

Najwa Shihab

Ternyata ada salah satu tokoh populer yang memiliki nama Najwa juga. Siapa dia? Ya dia adalah Najwa Shihab. Siapa si yang tak kenal dengan wanita yang satu ini? Putri kedua Quraish Shihab ini adalah seorang pembawa acara yang terkenal dengan salah satu programnya bertajuk Mata Najwa.

Najwa atau yang selalu dipanggil Nana ini selalu berusaha mengupas topik menarik dan mengundang narasumber kelas satu. Di antaranya termasuk Presiden RI ke-7 Joko Widodo, BJ Habibbie, Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla, dll. Cara bicara yang tajam, kritis, cerdas, dan tak pandang bulu menjadi ciri khas wanita ini. Tak jarang juga ia membuat bintang tamunya gelagapan saat menjawab pertanyaannya.

Atas profesionalitasnya, Nana pun berkali-kali diganjar penghargaan. Di antaranya termasuk Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2015 dan Presenter Talkshow Current Affairs & News di Panasonic Gobel Awards 2017.

Ia juga sukses meraih The Influental Woman of the Year dari Elle Magazine (2016) dan Young Global Leader dari The World Economic Forum (2011). Benar-benar menginspirasi, kan?

Nah itu dia informasi seputar nama Najwa, sekarang kamu tahu kan bahwasanya nama Najwa itu sangat diperbolehkan untuk diberikan kepada putri kita sebagai nama panggilan. Semua tergantung dengan doa dan niat kita.