Arti Insecure Dalam Hubungan Dan Cara Menyikapnya

Tuesday, 15 Jun | 15:19:10

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Arti Insecure Dalam Hubungan Dan Cara Menyikapnya

Foto: Ladiestory.id

Arti insecure adalah perasaan kurang percaya diri atau cemas yang menjadikan seseorang tidak aman. Jadinya, seseorang tersebut bisa saja merasa cemburu atau justru sebaliknya, yakni menonjolkan kelebihannya.

Arti Insecure Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris sendiri, insecure artinya adalah tidak aman. Perasaan seperti itu terbilang normal. Tapi jika perasaan tersebut terjadi secara berulang-ulang, bisa berdampak buruk.

Kenapa? Karena perasaan insecure secara berlebihan bisa timbulkan cara pandang yang salah hingga menumbuhkan sifat “perfeksionis”. Secara tidak langsung turut berpengaruh terhadap kehidupan kita, bukan?

Arti Insecure Gaul

Dalam bahasa gaul, insecure bisa diartikan kurang percaya diri, khawatir dan juga ketakutan. Biasanya, kata tersebut lebih banyak digunakan untuk menggambarkan perasaan kurang percaya diri, baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata.

Ungkapan kata “insecure” pun bukan lagi sesuatu yang asing, bukan? Tak sedikit yang mulai menggunakan bahasa gaul tersebut, mulai dari postingan maupun pada saat berkomunikasi secara langsung.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya setiap orang pasti pernah merasa kurang percaya diri atau ketakutan. Ini menjadi hal yang normal dan wajar saja bila menimpa diri kita. Tapi jangan sampai kita terlalu berlebihan menyikapi perasaan insecure tersebut.

Hal ini tak lain karena perasaan tersebut dapat berdampak secara langsung pada emosional, kesehatan, pekerjaan hingga lainnya. Tak terkecuali dalam menjalin hubungan.

Arti Insecure Dalam Hubungan Dan Cara Menyikapinya

Seperti yang telah disinggung, insecure bisa saja terjadi dalam sebuah hubungan. Perasaan ini muncul ketika seseorang merasa tidak dihargai atau tidak layak untuk bersama dengan pasangannya.

Perasaan kurang percaya diri ini dapat berdampak pada hubungan yang tidak stabil. Bukan tidak mungkin akan membuat pasangan kita merasa kurang nyaman. Lalu, bagaimana cara agar bisa terhindar dari perasaan insecure itu?

Setelah mengetahui apa itu arti insecure, kira-kira bagaimana cara menghilangkan rasa insecure dalam hubungan? Simak di bawah ini:

  1. Menerima perasaan insecure dengan baik, salah satu caranya lewat komunikasi. Kamu bisa bercerita tentang perasaan yang tengah kamu rasakan. Tapi, usahakan jangan terlalu berlebihan dalam perasaan tersebut.
  2. Menumbuhkan keyakinan satu sama lain, sebab rasa insecure itu biasanya muncul dari diri sendiri. Entah itu perasaan cemburu, gelisah maupun ketakutan. Untuk itu, cobalah untuk meyakinkan dirimu pada hubungan tersebut, agar kamu dan pasangan sama-sama bahagia.
  3. Miliki rasa istimewa, seperti merasa percaya diri saat bertemu pasangan misalnya. Tanamkan kalau dirimu itu spesial untuk pasanganmu. Jangan sampai terbesit perasaan tidak pantas apalagi minder.
  4. Jangan mudah percaya dengan omongan orang, terutama yang hanya akan merusak hubunganmu saja. Ada baiknya untuk menyaring info yang ada, kemudian komunikasikan dengan pasang guna mencari jalan keluar.

Pernahkah kamu merasa kurang percaya diri, terutama dalam menjalin hubungan? Perasaan tersebut bisa saja terjadi dan sangat wajar. Tapi, tak ada salahnya untuk meyakinkan diri sendiri dan pasangan kalau kalian akan bahagia.

Perasaan insecure terlalu berlebihan hanya akan membuat diri merasa cemas dan takut. Bisa-bisa, hubunganmu dengan pasangan akan terganggu oleh rasa tidak percaya diri yang kamu alami. Untuk itu, hargailah dirimu dengan mencintai diri sendiri tanpa harus merasa kurang percaya diri

Seperti pengertiannya, arti insecure adalah kurang percaya diri dan bisa diartikan juga tidak aman. Perasaan tersebut jelas hanya akan mengganggu hubunganmu saja. Untuk itu, cobalah untuk menerima dan menghargai apa yang kamu miliki, termasuk dalam hubungan tersebut.