Arti Mager dan Cara Mengatasinya

Rabu, 16 Juni 2021 | 09:57:38

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Arti Mager dan Cara Mengatasinya

Foto: Ladiestory.id

Istilah mager telah sering digunakan oleh kaum anak muda maupun orang-orang dewasa. Namun, apakah kamu sudah tahu apa arti mager itu sebenarnya?

Kamu tidak akan pernah bisa menemukan kata mager di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karena kata ini bukan termasuk kata baku dari bahasa Indonesia itu sendiri. Kata mager berasal dari kata males gerak yang setelah itu jika disingkat akan menjadi kata mager.

Untuk arti mager itu sendiri sesuai dengan kata awalnya yaitu males gerak, dan arti lanjutannya adalah keadaan yang membuat kita malas untuk bergerak yang dikarenakan posisi sudah terlalu nyaman. Ketika kamu sedang mengalami suasana mager seperti ini, kamu akan merasa malas untuk melakukan semua hal, dan bahkan kamu bisa menolak ajakan temanmu untuk jalan-jalan.

Selain dikarenakan posisi yang sudah terlalu nyaman, mager juga dapat muncul ketika kamu diharuskan untuk melakukan aktivitas yang ribet namun kenyataannya kamu lebih terbiasa melakukan atau menghabiskan waktu dengan aktivitas yang sederhana. Jadi, bisa dibilang mager muncul karena kamu sedang malas untuk terlalu banyak berusaha.

Arti mager dan alasan mengapa kita bisa menjadi mager

Karena kamu sudah tahu apa arti mager, jadi kami akan langsung masuk ke pembahasan mengenai alasan mengapa seseorang bisa menjadi mager. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat membuat perasaan mager seperti ini muncul. Bahkan, faktor-faktor ini pun cukup beragam dan terlalu random, sehingga jika kamu mempelajarinya satu per satu, kamu akan memahaminya dengan jelas dan tidak ada informasi yang tertinggal.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat membuatmu mager dan tidak punya semangat untuk melakukan beberapa aktivitas tertentu:

  1. Stress dan sedang ada banyak pikiran di kepalamu
  2. Terlalu sering tidur malam atau begadang
  3. Sudah terbiasa jarang bergerak dan lebih sering melakukan aktivitas yang tidak mengharuskan untuk mengeluarkan tenaga yang maksimal
  4. Sedang bosan atau jenuh
  5. Terlalu lelah
  6. Tidak menyukai aktivitas yang harus dilakukan

Cara mengatasi mager dengan tepat

Untuk mengatasi perasaan mager, sebenarnya sangat mudah untuk bisa dilakukan dan diterapkan di kehidupanmu. Yang terpenting, kamu benar-benar yakin ingin mengatasi permasalahan ini dan tidak boleh mengeluh ketika melakukan cara-cara yang akan kami sebutkan nanti.

Ketika seseorang memiliki tekad yang kuat untuk berubah dan menghilangkan kebiasaan negatifnya, maka hasilnya akan lebih cepat terlihat. Hal ini akan berbeda ketika seseorang tersebut hanya berwacana akan berubah namun kenyataannya usaha yang mereka lakukan tidak seimbang dengan ucapannya.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar yakin kalau kamu akan mengatasi rasa mager yang sedang menimpamu itu, dan ketika kamu yakin maka rasa mager itu akan langsung hilang dari pikiran dan perasaanmu.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan mager:

  1. Usahakan untuk selalu tidur secukupnya dan kurangi tidur terlalu malam atau begadang
  2. Olahraga secara rutin paling tidak seminggu 3 kali
  3. Jangan terlalu banyak pikiran atau overthinking
  4. Tetapkan jangka waktu sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu serta tetapkan deadline-mu sendiri
  5. Cari dan miliki teman yang produktif
  6. Self reward atau hadiahkan sesuatu kepada dirimu sendiri ketika kamu sedang tidak mager
  7. Curhat tentang sesuatu yang sedang membuatmu stress
  8. Ganti kata harus menjadi kata ingin, karena ketika kamu menginginkannya maka kamu akan mampu untuk melakukannya

Itu dia arti mager yang sebenarnya. Selain itu, kami juga dengan sengaja memberikan cara untuk mengatasinya supaya buat kamu-kamu yang sedang mengalami perasaan ini bisa segera keluar dari perasaan tidak mengenakkan ini dan bisa kembali beraktivitas dengan semangat. Selamat beraktivitas!

Berita Terkait