Diberi Buket Bunga Lavender? Yuk Intip Arti, Makna, dan Jenisnya!

Selasa, 4 Januari 2022 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Diberi Buket Bunga Lavender? Yuk Intip Arti, Makna, Dan Jenisnya!

Ilustrasi bunga lavender. (Special)

Ladiestory.id - Buket bunga merupakan rangkaian bunga, yang biasanya digunakan untuk menyimbolkan kasih sayang. Sebab, bunga menjadi salah satu cara seseorang untuk menyampaikan perasaannya kepada orang lain.

Setiap bunga memiliki makna mendalam, sehingga dapat dijadikan alternatif untuk mengungkapkan perasaan. Salah satu bunga yang punya arti mendalam ialah bunga lavender.

Ilustrasi bunga lavender. (Special)

Arti dan Makna Bunga Lavender

Bunga lavender melambangkan pengabdian, kesucian, dan cinta. Bunga ini pun memiliki makna sebagai lambang pertumbuhan seorang wanita dan juga menunjukan keagungannya. Bunga lavender bisa Kamu pilih untuk merayakan hari spesial bersama pasangan sebab menjadi perlambang kesetiaan dan keagungan cinta.

Jika Ladies mendapatkan buket bunga lavender dari seorang pria, itu sudah cukup menunjukan apa maksudnya tanpa perlu merangkai kata. Artinya, pria tersebut menyampaikan bahwa Ladies sangat anggun. Warna ungu lavender identik dengan feminitas, yang melambangkan keanggunan dan lemah lembut. 

Di Eropa, ungu dianggap sebagai warna yang mewah dan banyak dipakai oleh anggota kerajaan. Tak heran jika warna ini identik dengan kaum bangsawan kelas tinggi. Bahkan, dengan pakaian sewarna lavender ini mereka bisa menjadi salah satu orang yang disegani dan menjadi pihak yang sangat tinggi kastanya.

Filosofi bunga lavender ialah melambangkan keindahan dan kekaguman. Bunga ini pun lekat dengan filosofi tentang kesendirian.  Selain itu, lavender juga digunakan sebagai tanda kasih karunia, keanggunan dan perbaikan.

Ilustrasi bunga lavender. (Special)

Jenis-Jenis Bunga Lavender

Setelah mengetahui apa arti dan makna dibalik bunga lavender, Kamu juga perlu tahu beberapa jenisnya.

1. Salvia officinalis

Jenis Salvia officinalis atau lavender Spanyol memiliki daun berwarna ke abu-abuan. Sedangkan bunganya berwarna merah muda dan ungu. Tanaman ini akan mucul pada awal musim panas dan akhir musim semi.

2. Lavandula multifida

Berbeda dari jenis sebelumnya, Lavandula multifida atau lavender Mesir memiliki batang abu-abu dan berbulu. Sementara kelopak bunganya berwarna violet biru, ungu atau biru tua. Selain itu, terdapat sirip ganda pada daunnya.

3. Lavandula pinnata

Biasanya bunga fernleaf lavender memiliki bunga berwarna ungu. Tanaman ini akan mekar pada musim panas.

4. Salvia apiana

Walau identik dengan ungu, bunga lavender ternyata memiliki jenis yang berwarna putih. Memiliki nama latin Salvia apiana, lavender putih biasa digunakan untuk upacara dan ritual di beberapa suku di Amerika.

5. Lavender dentata

Bunga lavender Prancis ini berdaun hijau keabu-abuan. Pada jenis ini, bunganya berwarna ungu dengan warna di pinggirannya sedikit pucat.

6. Lavandula angustifolia

Jenis bunga lavender ini memiliki daun hijau dan bunga berwarna merah muda dan ungu.

7. Lavandula pedunculata

Serupa dengan jenis bunga sebelumnya, Lavandula pedunculata punya daun hijau keabu-abuan. Pada pinggiran daunnya sedikit bergerigi. Sementara, warna pada bunganya, yaitu ungu dan merah muda.

Perlu diketahui perjuangan untuk mendapatkan bunga lavender terbilang cukup sulit. Sebab tidak semua toko bunga menyediakan bunga ungu ini setiap saat.