Arti PM pada Waktu, Masih Sering Salah Bedakan dengan AM? Yuk Simak!

Minggu, 13 Juni 2021 | 21:27:59

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Arti Pm Pada Waktu, Masih Sering Salah Bedakan Dengan Am? Yuk Simak!

Foto: Unsplash/Djim Loic

Pendidikan formal di Indonesia sudah menerapkan pembelajaran bahasa Inggris sejak Sd. Namun sayangnya, banyak kasus dari pembelajaran bahasa Inggris di sekolah belum mampu melancarkan bahasa Inggris siswanya. Bahkan ada yang sampai jenjang SMA hanya mengerti Inggris dasar, dan banyak yang masih kebingungan dengan arti AM dan arti PM dalam waktu.

Arti AM dan Arti PM, Ada Kepanjangannya!

Di Indonesia sendiri memang menggunakan format waktu 24 jam. Wajar rasanya jika banyak yang kebingungan untuk menggunakan AM dan PM.

Penggunaan AM dan PM ternyata ada sejarahnya, lho! AM dan PM juga memiliki kepanjangan, AM adalah Ante Meridiem yang artinya sebelum tengah hari. Dan arti PM adalah setelah siang hari dengan kepanjangan Post Meridiem.

Bagaimana asal usulnya? Secara istilahnya sendiri, AM dan PM memiliki asal kata dari bahasa latin di Mesir. Orang-orang Mesir kuno, sudah membagi waktu dalam sehari menjadi dua waktu sejak tahun 1500 SM.

Namun, penggunaan AM dan PM ternyata tidak dalam waktu bersamaan. PM lebih dulu digunakan sejak awal tahun 1640an. Selang seabad, yaitu tahun 1760an, AM baru digunakan.

Sejarah lainnya juga mengatakan, negara yang memakai format AM dan PM ini dulunya selalu menggunakan analog yang hanya memiliki digit sampai 12. Maka dari itu, mereka dulu membagi satu hari menjadi 2 waktu dalam jamnya. Kejadian ini terjadi di Inggris pada abad ke-17.

Kapan Waktu AM dan PM?

Seperti artinya, penggunaan am digunakan adalah ketika waktu pagi sampai menjelang siang hari. Sedangkan pm berlaku sejak siang hari sampai menjelang tengah malam.

Jika dalam format 24 jam, waktu 00.00 sudah terhitung pagi, sama halnya dengan format AM namun dengan angka 12. Jadi, AM terhitung sejak pukul 00.00 (format 24 jam), atau berarti dimulai saat tengah malam sampai menjelang siang, yaitu 11.59 AM.

Sedangkan untuk format PM, berlaku pula hitungan sejak pukul 12.00 tengah hari (siang) sampai pukul 11.59 tengah malam.

Untuk memudahkan dalam mengingatnya, anda juga bisa menciptakan teknik ingatan anda sendiri. Misalnya dengan mengingat-ingat bahwa PM adalah P (petang) yang berarti PM berlaku saat siang sampai menjelang malam. Atau bisa juga dengan kreativitas anda yang lainnya.

Bisa juga dengan membiasakan diri menggunakan jam analog, atau menyeting jam di handphone dengan format AM PM.

Negara yang Memakai Format AM PM, Mana Saja?

Jika anda mengira bahwa hanya Indonesia yang menggunakan format 24 jam, itu adalah salah. Banyak negara di dunia yang menggunakan format 24 jam, begitu pula dengan format 12 jam. Bahkan nyatanya lebih banyak negara di dunia yang menggunakan format 24 jam daripada 12 jam.

Lalu, negara-negara mana yang memakai AM PM? Negara-negara dengan penggunaan format waktu 12 jam adalah Amerika Serikat, Kanada (Kecuali Québec), New Zealand, Australia, dan juga Filipina. Namun, sekarang sudah banyak penggunaan AM dan PM sebagai jam internasional ketika ada event-event penting.

Bagaimana? Sudah cukup paham dengan penjelasan perbedaan arti AM dan arti PM? Jangan sampai keliru lagi. Apalagi jika anda adalah orang yang suka berkeliling ke negara-negara lain. jangan sampai momen-momen penting anda terlewat hanya karena salah sangka, ya! Itu dia penjelasan mengenai arti PM dan perbedaannya dengan AM. Semoga bermanfaat.

Topic