Asam Lambung Naik? Coba Redakan dengan Makan Buah-buahan Ini

Rabu, 5 Oktober 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Asam Lambung Naik? Coba Redakan Dengan Makan Buah-Buahan Ini

Ilustrasi asam lambung naik atau GERD. (Special)

Ladiestory.id - Asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) menjadi salah satu kondisi yang cukup banyak dialami oleh sebagian orang. Saat asam lambung naik, tak jarang menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati, heartburn, serta gejala lain pada area dada dan perut.

GERD terjadi karena asam lambung naik menuju kerongkongan atau esophagus. Kondisi ini tentunya membuat kurang nyaman saat beraktivitas. Oleh karena itu, bagi penderita asam lambung atau GERD sebaiknya ketahui juga cara untuk meredakannya.

Diketahui mengonsumsi buah-buahan tertentu juga bisa membantu untuk meredakan asam lambung naik. Lalu buah apa saja yang bisa dikonsumsi untuk meredakan asam lambung? Berikut di antaranya.

Pisang

Ilustrasi buah pisang. (Special)

Buah yang satu ini terbilang sangat mudah untuk didapatkan dan hampir semua orang juga suka. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, bisa memanfaatkan pisang untuk meredakannya ketika kambuh.

Pisang sangat aman untuk penderita asam lambung karena memiliki sifat alkalin (basa). Pisang bisa membantu untuk menyeimbangkan asam dalam lambung. Sehingga, asam lambung naik atau GERD bisa dicegah.

Pepaya

Ilustrasi buah pepaya. (Special)

Buah dengan ciri khas dagingnya yang berwarna oranye ini memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Hal ini lantaran di dalam buah pepaya mengandung vitamin K, vitamin A, beta karoten, dan kalsium.

Salah satu manfaat pepaya adalah bisa mencegah asam lambung naik. Bukan tanpa sebab, di dalam pepaya terkandung enzim bernama papain yang berguna untuk meningkaykan kesehatan saluran pencernaan, serta mengurangi gejala asam lambung seperti hearburn.

Semangka

Ilustrasi buah semangka. (Special)

Buah yang sangat segar dinikmati saat kondisi terik siang hari ini, juga bisa dikonsumsi untuk meredakan asam lambung, loh. Hal ini lantaran kandngan nutrisi di dalamnya akan membantu menetralkan asam lambung.

Tak hanya untuk itu saja, semangka juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebab buah yang satu ini sangat kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C, asam amino, dan air.

Apel

Ilustrasi buah apel. (Special)

Apel menjadi pilihan buah selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk meredakan asam lambung. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, maka akan membantu menenangkan perut, menetralkan asam lambung, serta mengurangi jumlah produksi asam lambung yang berlebih.

Bukan tanpa sebab, diketahui apel juga mengandung mineral yang bersifat alkalin, seperti kalsium, kalium, dan magnesium yang dipercaya dapat meringankan refluks asam lambung.

Melon

Ilustrasi buah melon. (Special)

Sama seperti pisang dan apel, buah melon juga dapat digunakan untuk meredakan asam lambung lantaran sifat alkalinnya. Dilansir dari John Hopkins Medicine, melon dipercaya dapat meredakan asam lambung dan mencegah iritasi akibat refluks asam lambung.

Namun perlu diketahui juga, ada beberapa jenis melon yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung, seperti melon honeydew dan cantaloupe (blewah).

Pir

Ilustrasi buah pir. (Special)

Buah yang satu ini terbilang tidak mengandung asam layaknya buah-buahan sitrus dan tomat. Sehingga, pir juga sangat aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Lantaran kandungan asamnya yang rendah ini jugalah, mengonsumsi pir juga tidak akan memicu asam lambung naik.