Dukung Kepemimpinan Perempuan Muda, AstraZeneca Indonesia Inisiasi Program Global #GirlsBelongHere

Selasa, 1 November 2022 | 21:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Dukung Kepemimpinan Perempuan Muda, Astrazeneca Indonesia Inisiasi Program Global #Girlsbelonghere

Ilustrasi perempuan yang sedang berkumpul bersama teman. (Spesial)

Ladiestory.id - AstraZeneca Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dalam rangka memperingati Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada 11 Oktober di seluruh dunia. 

Plan Indonesia merupakan sebuah organisasi pembangunan dan kemanusiaan independen global, yang bertujuan memajukan hak-hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Organisasi ini bekerja sama dengan AstraZeneca Indonesia dalam memperkuat inisiatif #GirlsBelongHere di Indonesia, yang juga merupakan bagian dari kampanye #GirlsTakeover.

Partisipasi AstraZeneca dalam #GirlsBelongHere diwujudkan melalui Young Health Programme (YHP). Ini adalah program untuk membantu kaum muda berusia 10-24 tahun untuk memegang kendali atas kesehatan mereka, terutama dalam memerangi penyakit tidak menular (PTM) jangka panjang. 

Astrazaneca GirlBelongHere. (Spesial)

Saat ini telah terpilih tiga perempuan muda yang ikut mengambil peran dalam keseharian tim pemimpin AstraZeneca Indonesia dalam kampanye tahun ini, yaitu Dilla dari Jakarta Utara, Bunga Clarissa dari Jakarta Barat, dan Nasywa dari Jakarta Timur. Ketiganya menilai bahwa lingkungan sekitar, termasuk orang tu,a masih sering membatasi hak anak perempuan untuk mengeksplorasi kemampuan kepemimpinannya.

Sewhan Chon, Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia, mengungkap bahwa, pihaknya berkomitmen untuk memajukan kesetaraan dan keterwakilan perempuan dalam organisasi. Hal ini demi menciptakan perusahaan yang beragam dan inklusif. 

Ilustrasi perempuan tersenyum. (Special)

Ia berharap melalui program ini, para anak perempuan akan belajar tentang kepemimpinan, inklusivitas, dan pemberdayaan. Selain itu, ia juga berarap perempuan dapat mencapai potensi yang mereka miliki semaksimal mungkin.

Nazla Mariza, Influencing Director Yayasan Plan International Indonesia, menekankan bahwa Plan Indonesia dan AstraZeneca Indonesia menyuluhkan #GirlsBelongHere untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mendukung kemajuan anak perempuan sejak kecil. Pasalnya, hal ini dapat berdampak positif pada kehidupannya di masa depan, termasuk dalam dunia profesional nanti.

"Melalui program #GirlsBelongHere 2022, saya mendapatkan pengalaman mengenai kepemimpinan, di mana para jajaran direksi perempuan di AstraZeneca telah menginspirasi saya untuk mengasah kemampuan saya dan terus belajar agar dapat berkembang menjadi pemimpin perempuan seperti mereka. Sudah saatnya kaum muda menjadi penerus bangsa bersikap inklusif dan menghargai keberagaman," ujar Bunga Clarissa, salah satu peserta Girls Belong Here 2022. 

Astrazaneca GirlBelongHere. (Spesial)

Cinta Laura Kiehl, figur publik sekaligus pendiri Soekarseno Foundation dan Puella.ID, mengatakan, jika dirinya sangat senang dan bangga menjadi bagian dari #GirlsBelongHere, sebuah upaya kerjasama antara AstraZeneca dan Plan Indonesia. Ia berharap program ini akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu yang berkaitan dengan ketidaksetaraan gender, serta mendorong perempuan muda untuk mencapai potensi yang mereka miliki. 

“Melalui upaya ini, saya ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung perempuan muda dalam perjalanan mereka untuk berkembang baik secara pribadi maupun di dunia profesional,” kata Cinta.