Atasi Mabuk Perjalanan Jauh dengan Cara Ampuh Berikut ini

Minggu, 24 Juli 2022 | 16:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Atasi Mabuk Perjalanan Jauh Dengan Cara Ampuh Berikut Ini

Atasi mabuk dalam perjalanan jauh. (Special)

Ladiestory.id - Tidak sedikit orang yang hingga saat ini masih sering merasakan pusing, mual, bahkan muntah saat sedang dalam perjalanan jauh. Biasanya, kondisi seperti itu disebut sebagai istilah mabuk perjalanan yang jauh.

Kondisi badan yang pusing, mual, dan muntah bisa saja terjadi dengan transportasi apa pun, baik darat, laut, maupun udara. Keadaan seperti itu memang sangat tidak nyaman. Kamu harus menahan kondisi badan yang tidak terlalu kuat saat sedang berada dalam perjalanan jauh.

Mabuk perjalanan juga bisa dirasakan pada siapa pun, tidak melihat tua atau mudanya usia seseorang. Siapa pun yang tidak kuat menempuh perjalanan jauh, maka dia bisa merasakan pusing, mual hingga muntah di dalam perjalanan dan memberikan rasa yang sangat tidak nyaman.

Ada beberapa penyebab dari terjadinya mabuk perjalanan bagi sebagian orang. Salah satunya karena adanya migrain yang membuat sakit kepalanya akan semakin terasa ketika saat perjalanan jauh.

Meskipun mabuk perjalanan ini tidak terlalu membahayakan, tetapi akan tetap memberikan rasa yang sangat tidak nyaman. Berikut tips atasi mabuk perjalanan jauh yang dijamin ampuh!

Hirup Minyak Angin

Atasi mabuk dalam perjalanan jauh. (Special)

Menghirup minyak angin saat sedang dalam perjalanan jauh ternyata akan cukup membantu untuk kurangi rasa mual dan ingin muntah lho! Selain menghirup minyak angin, kamu juga bisa menggunakan aromaterapi sebagai penggantinya.

Mengapa demikian? Hal tersebut dapat dipercaya bahwa minyak-minyak tertentu ini bisa mengeluarkan aroma-aroma esensial yang cukup menenangkan. Minyak angin yang bisa kamu hirup adalah, minyak katu putih, rempah-rempah, lemon, lavender dan kapulaga.

 

Istiharahat Sejenak

Atasi mabuk dalam perjalanan jauh. (Special)

Tips lain yang bisa kamu terapkan untuk atasi mabuk dalam perjalanan jauh adalah dengan istirahat sejenak. Jika kamu melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil dengan beberapa teman lainnya, mungkin kamu dan teman-teman bisa bergantian untuk mengendarai mobil.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kesempatan sebaik mungkin agar menghindari rasa mabuk dalam perjalanan jauh. Meskipun hanya memejamkan mata dalam waktu yang sebentar, tetapi cara ini dianggap cukup efektif lho untuk atasi mabuk dalam perjalanan.

Konsumsi Jahe

Atasi mabuk dalam perjalanan jauh. (Special)

Tips atasi mabuk dalam perjalanan jauh yang selanjutnya, yaitu kamu disarankan agar konsumsi jahe yang dipercaya bisa membantu untuk meredakan rasa pusing, mual, dan ingin muntah dalam perjalanan walaupun jaraknya tidak terlalu jauh.

Selain jahe, kamu juga bisa konsumsi permen dengan rasa mint yang banyak dipercaya bisa menenangkan tubuh.

Minum Obat

 

Atasi mabuk dalam perjalanan jauh. (Pinterest.com)

Minum obat mungkin bisa dijadikan solusi jika semua cara yang telah kamu lakukan tidak bisa untuk atasi mabuk dalam perjalanan jauh. Kamu bisa minum obat untuk menahan rasa mabuk perjalanan.

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa minum obat ini tidak bia dikonsumsi dengan sembarangan. Kamu mungkin bisa bertanya pada ahli atau dokter sebelum kamu memutuskan untuk berangkat dan takut dengan mabuk perjalanan yang jauh.

Konsumsi Makanan Ringan

Atasi mabuk dalam perjalanan jauh. (Pinterest.com)

Tips atasi mabuk dalam perjalanan jauh lain yang juga cukup ampuh adalah, konsumsi makanan ringan agar perut tidak kosong.  Perhatianmu akan teralih pada makananmu, bukan pada rasa pusing atau mual yang sedang kamu rasakan saat dalam perjalanan jauh.

s