Ini Cara Ampuh Hilangkan Bau Badan, Cuman 5 Langkah!

Senin, 4 Maret 2024 | 11:37:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Ini Cara Ampuh Hilangkan Bau Badan, Cuman 5 Langkah!

Ilustrasi Bau Ketiak. (iStock)

Ladiestory.id - Ternyata, ada beberapa cara ampuh menghilangkan bau badan yang bisa kamu coba. Bahkan, kamu tidak memerlukan banyak biaya untuk mengatasinya. Jika kamu penasaran, wajib simak sampai akhir ya!

Ketika matahari terasa terik atau suhu udara dingin menjadi meningkat. Maka, tubuh akan mengeluarkan keringat. Sayangnya, ketika keringat mulai keluar dan bertemu dengan bakteri penyebab bau. Alhasil, menimbulkan aroma tidak sedap pada badanmu. 

Hal ini kemudian menjadikan orang disekitarmu tidak nyaman dan kamu pun menjadi tidak percaya diri. Tentunya, perlu kenangan yang tepat untuk mencegahnya terulang kembali bukan?

Pas banget nih, pada artikel satu ini kamu akan diajak mengetahui cara yang ampuh untuk mengatasinya. Sehingga, kamu bisa kembali nyaman saat beraktivitas dan tidak lagi khawatir bau badan. 

Daripada berlama-lama mendingan, simak nih pembahasan lengkapnya yang telah dirangkum dari Healthline.com. Yuk, ikuti sampai akhir Ladies!

Selalu Jaga Kebersihan Diri

Ilustrasi Menggunakan Handuk Mandi. (Special)

 

Cara ampuh menghilangkan bau badan urtna pertama adalah selalu menjaga kebersihan. Pada tahapan ini kamu sangat digunakan untuk mandi minimal dua kali sehari. 

Apalagi, jika cuaca menjadi sangat panas tubuh lebih mudah berkeringat. Maka, mandi menjadi penting karena membantu menghilangkan keringat dan kotoran maupun bakteri yang menempel di kulit. Namun, disarankan untuk mandi dengan air biasa atau dingin saat pagi hari. 

Tak hanya mandi secara rutin. Kamu juga perlu gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan badan setelah nya. Jenis handuk yang lembut dan halus bisa lebih maksimal menyerap air sisa mandi. Jadi, tidak ada lagi kemungkinan kulit menjadi lembab dan bau.

Gunakan Sabun Antibakteri

Ilustrasi Sabun Mandi. (Special)

 

Tak hanya sekedar mandi untuk bersihkan tubuh dari keringat dan kotoran. Para ahli kulit justru menyarkana untuk mulai menggunakan sabun antibakteri. 

Hal ini akan membantu menekan produksi bakteri penyebab bau badan yang mengganggu. Alhasil, tubuh usai mandi terasa lebih segar, bersih dan bisa beraktivitas sepanjang hari dengan percaya diri. 

Kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan aroma yang menyegarkan. Sehingga, tubuh juga memiliki aroma memikat setiap kali beraktivitas. 

Jaga Kebersihan Pakaian

Ilustrasi mencuci baju yang berkeringat.(Toms's Guide)

 

Ada juga cara ampuh menghilangkan bau badan  berupa menjaga kebersihan pakaian. Jika sepanjang hari kamu merasa sangat berkeringat. Maka, kamu perlu segera mencucinya. 

Hal ini akan membantu bau badan hilang dengan cepat dan mencegah menumpuknya aroma tidak sedap pada pakaian. Pilihan jenis sabun pencuci yang lembut dan tidak mudah merusak pakaian. Supaya lebih wangi tahan lama bisa juga tambahkan pengguna pewangi khusus pakaian. 

Nah, ketika kamu sudah selesai beraktivitas. Segeralah ganti pakaianmu dengan jenis kaos berlengan pendek yang berbahan dasar katun. Sehingga, tubuh tidak mudah berkeringat atau lembab. 

Apliaksian Deodoran 

Ilustrasi deodoran spray. (Special)

 

Jika kamu sudah mandi secara rutin dan bersih. Namun, masih mengeluarkan bau badan. Maka, mengaplikasikan deodoran bisa jadi pilihan yang tetap. 

Kamu perlu temukan produk dengan kandungan yang tepat dan juga sesuai jenis kulitmu. Pastikan, kamu memperhatikan kandungan utama yang digunakan. 

Selain itu, jika produk yang digunakan mengandung bahan pendukung seperti pencerah ketiak. Kamu juga hari mengetahui apakah kandungan tersebut cocok atau tidak? Khususnya jika kamu memiliki kulit sensitif. Jangan lupa, aroma yang menyegarkan juga perlu menjadi pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Ilustrasi konsumsi junkfood. (Special)

 

Cara ampuh menghilangkan bau badan yang terakhir dalam menghindari makanan penyebab bau badan. Hal ini sayangnya jarang diperhatikan. 

Padahal, adanya bau badan bisa saja terpengaruh oleh efek makanan yang kamu konsumsi. Adapun beberapa makanan yang bisa menimbulkan bau seperti kubis, kol, bawang merah hingga bawang putih. 

Tak hanya makanan, minuman seperti alkohol dan kebiasan merokok juga bisa menimbulkan bau tidak sedap di tubuh. Jika kamu masih melakukannya, maka ini adalah waktu terbaik untuk berhenti.