Atasi Stres! Ini Cara Self Healing Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan

Jumat, 15 Juli 2022 | 15:30:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Atasi Stres! Ini Cara Self Healing Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan

Ilustrasi melakukan self healing. (Special)

Ladiestory.id - Istilah self healing sekarang banyak ditemui di kalangan anak muda milenial. Self healing diartikan sebagai salah satu cara atau terapi untuk menyembuhkan diri dari hal-hal yang cukup menjenuhkan, seperti galau karena putus cinta atau merasa dikecewakan.

Self healing ini bukan hanya terkait soal percintaan saja. Tetapi, bisa juga digunakan sebagai istilah dari kepenatan dari dunia kerja sehingga butuh mengistirahatkan diri sejenak dari aktivitas sehari-harinya.

Self healing sangat diperlukan ketika seseorang berada di fase sulit menerima suatu hal yang dirasa tidak sesuai dengan apa harapannya. Seseorang yang banyak merasakan kecewa atau mungkin merasa dikhianati, dengan melakukan self healing akan menjadikannya lebih bisa menerima hal-hal yang dialami.

Karena setelah melakukan self healing, biasanya banyak mereka akang merasa sedikit lebih tenang atas apa yang diterimanya dan bisa bangkit kembali melanjutkan aktivitas seperti sedia kala.

Lalu, bagaimana sih cara self healing terbaik yang bisa dilakukan saat sedang stres dengan banyaknya masalah yang datang? Nah, berikut Ladiestory.id akan membeberkan caranya khusus untuk kamu.

Maafkan Diri Sendiri

Cara self healing terbaik yang bisa dilakukan. (Special)

Cara self healing terbaik yang bisa kamu lakukan pertama, adalah belajar untuk memaafkan diri sendiri atas apapun. Baik itu, atas kesalahan yang kamu lakukan dengan sendirinya maupun atas kesalahan yang telah dibuat orang lain.

Merasa kecewa atas diri sendiri bukan lah hal yang baik untuk diterapkan. Begitu juga dengan terus-terusan menyalahkan kesalahan orang lain. Hal seperti itu jika terus diterapkan, maka akan berdampak tidak baik untuk diri sendiri.

Lakukan Kegiatan Positif

Cara self healing terbaik yang bisa dilakukan. (Special)

Cara selanjutnya adalah dengan mencoba untuk melakukan kegiatan positif demi kemajuan diri sendiri. Kamu juga bisa membuat daftar apa saja yang akan dilakukan, dengan begitu perasaan emosi secara perlahan akan mereda.

Setelah menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan, maka kamu bisa memulai kegiatan positif tersebut dengan penuh energi positif yang keluar dari dalam dirimu.

Meditasi

Cara self healing terbaik yang bisa dilakukan. (Special)

Meditasi merupakan salah satu cara self healing terbaik yang cukup sering direkomendasikan loh! Melakukan meditasi dengan cara duduk, mengatur pernapasan, dan menghembuskannya beberapa kali, ternyata dapat mengendalikan dan menenangkan pikiran.

Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan suasana sekeliling yang dibuat senyaman dan sehening mungkin, tanpa ada gangguan apapun. Selain bagus untuk self healing, melakukan meditasi ternyata juga bisa memunculkan hormon bahagia atau hormon endorphin.

Olahraga

Cara self healing terbaik yang bisa dilakukan. (Special)

Olaharaga memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, olahraga juga bisa menyembuhkan luka dalam diri sendiri loh!

Jika kamu berolahraga, maka perasaan akan jauh lebih baik dan sedikit melupakan hal-hal yang membuat perasaan kecewa.

Tidur yang Cukup

Cara self healing terbaik yang bisa dilakukan. (Special)

Waktu tidur yang disarankan untuk tubuh adalah 7-9 jam. Maka, dengan kamu memiliki jam tidur yang cukup kamu akan merasakan ketenangan hati.

Tidur cukup juga menjadi salah satu cara self healing terbaik yang bisa kamu lakukan. Seseorang dengan kualitas tidur kurang baik, biasanya akan lebih mudah merasakan lelah dan suasana hati yang kurang baik ketika sedang melakukan kegiatan.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengatur jam tidur demi mendapatkan kualitas istirahat yang baik.