Deretan Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Medali Emas di Ajang Olimpiade

Kamis, 30 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Deretan Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Medali Emas Di Ajang Olimpiade

Foto: instagram/greyspolii

Ladiestory.id - Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang terbilang populer di Indonesia. Bahkan banyak sekali atlet bulu tangkis punya nama besar dan disegani oleh atlet dunia lainnya. Tak terkecuali di ajang Olimpiade, prestasi yang ditorehkan dari cabor bulu tangkis bisa dibilang sangat membanggakan.

Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Medali Emas di Olimpiade

Bukan sekadar berlaga, beberapa atlet bulu tangkis Indonesia ini bahkan berhasil membawa pulang medali emas untuk Indonesia di Olimpiade. Berikut ini beberapa atlet bulu tangkis Indonesia yang sumbang medali emas di ajang Olimpiade, termasuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

1. Susi Susanti

Foto: nasional.kompas

Nama Susi Susanti turut mengukir sejarah sebagai peraih medali emas Indonesia di Olimpiade untuk cabor bulu tangkis. Kala itu, atlet yang kini banyak berperan di balik layar dunia bulu tangkis Indonesia tersebut membawa pulang medali emas cabor bulu tangkis nomor tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992.

Bahkan nama Susi Susanti adalah legenda tunggal putri bulu tangkis Indonesia yang tangguh dan banyak disegani oleh seluruh dunia.

2. Alan Budikusuma

Foto: kompas

Bulu tangkis Indonesia memang sempat berjaya di Olimpiade Barcelona 1992. Setelah Susi Susanti di nomor tunggal putri, Alan Budikusuma juga menyumbangkan medali emas di nomor tunggal putra.

Legenda pasangan atlet bulu tangkis yang juga sepasang kekasih ini pun kemudian dikenal dengan julukan "Pengantin Olimpiade". Bukan tanpa alasan, Alan dan Susi memang kemudian menikah pada tahun 1997 usai pensiun dari dunia olahraga pasca Olimpiade Atlanta pada 1996 silam.

3. Ricky Subagja dan Rexy Mainaky

Foto: inews

Penggemar bulu tangkis Indonesia pasti akan ingat dengan nama Ricky Subagja dan Rexy Mainaky. Bisa dibilang kedua nama atlet ini juga menjadi legenda pasangan ganda putra dan kebanggaan Indonesia pada zamannya.

Keduanya kerap mengukir prestasi mendunia, Ricky dan Rexy juga ikut menuliskan sejarah medali emas untuk Indonesia di ajang Olimpiade. Kala itu, ganda putra unggulan Indonesia tersebut berhasi meraih medali emas di Olimpiade Atlanta 1996.

4. Tony Gunawan dan Candra Wijaya

Foto: today.line

Tak hanya Ricky dan Rexy saja, generasi ganda putra bulu tangkis Indonesia berikutnya juga gak kalah berprestasi. Siapa lagi kalau bukan Tony Gunawan dan Candra Wijaya.

Ganda putra bulu tangkis Indonesia seolah makin tajam dan disegani negara-negara di dunia lewat sederet prestasi yang ditorehkan Tony dan Candra. Makin berprestasi, Tony dan Candra juga berhasil membawa pulang medali emas cabor bulu tangkis nomor ganda putra di Olimpiade Sydney 2000.

5. Taufik Hidayat

Foto: today.line

Bukan penggemar bulu tangkis Indonesia, jika tak mengenal atlet bulu tangkis Taufik Hidayat. Atlet tunggal putra yang satu ini lekat dengan ciri khas smash silang yang kerap menyulitkan lawan-lawannya.

Berbagai kemenangan di banyak laga dunia pun akhirnya mengantarkan Taufik sebagai peraih medali emas tunggal putra di Olimpiade Athena 2004.

Tak hanya urusan prestasi, julukan atlet flamboyan juga melekat dalam diri Taufik karena karisma visualnya. Gak heran kalau suami dari Amie Gumelar ini sempat jadi atlet yang banyak digandrungi kaum hawa.

6. Markis Kido dan Hendra Setiawan

Foto: sport.detik

Pasangan ganda putra Indonesia ini terbilang cukup mampu menjaga "tradisi" prestasi dari generasi ke generasi. Setelah Ricky dan Rexy serta Tony dan Candra, prestasi kemenangan di Olimpiade kembali dilanjutkan oleh pasangan Markis Kido dan Hendra Setiawan.

Mereka menjadi andalan dalam berbagai laga, Kido dan Hendra berhasil membawa pulang medali emas di nomor ganda putra kala berlaga di Olimpiade Beijing 2008.

7. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Foto: today.line

Giliran nomor ganda campuran yang turut mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade. Kali ini giliran Tontowi Ahmad dan juga Liliyana Natsir yang mampu membuat lagu "Indonesia Raya" berkumandang di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pasangan ganda yang kerap disapa Owi dan Butet ini juga sudah banyak menorehkan prestasi. Sayangnya, Butet kini telah gantung raket di usia 32 tahun dan disusul Owi yang memutuskan pensiun dini.

8. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

Foto: instagram/greyspolii

Yang terbaru, ada Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Nama pasangan ganda putri yang satu ini memang sedang hangat-hangatnya jadi perbincangan publik. Pasalnya, prestasi Greys dan Apri di Olimpiade Tokyo 2020 mengukir sejarah baru bagi ganda putri bulu tangkis Indonesia. Sejak keikutsertaan Indonesia, medali emas baru mampu dibawa pulang oleh Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Bahkan prosesi pengalungan medali dan lagu "Indonesia Raya" yang dikumandangkan jadi momen paling membanggakan sekaligus penuh haru. Tak heran kalau kepulangan Greys dan Apri disambut dengan serbuan hadiah dari berbagai pihak.

Nah itu tadi beberapa atlet yang berhasil membawa pulang medali emas untuk Indonesia di ajang Olimpiade. Semoga semakin banyak atlet yang mampu menyabet medali emas dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, ya!