Ayoconnect Perluas Akses ke Lebih dari 1000 Produk Digital

Minggu, 21 Mei 2023 | 14:30:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ayoconnect Perluas Akses Ke Lebih Dari 1000 Produk Digital

Ayoconnect Perluas Akses ke Lebih dari 1000 Produk Digital. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai bentuk komitmen untuk mendorong percepatan inklusi keuangan nasional, Ayoconnect, platform Open Finance API terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya pelaku open finance berlisensi di Indonesia yang telah mendapatkan kategori izin 1 Penyedia Jasa Pembayaran Bank Indonesia, mengumumkan kerja sama tahap awal bersama PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa di bidang pembayaran dan produk digital.

Dilansir dari Databoks, laporan McKinsey berjudul Digital India: Technology to transform a connected nation", Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara yang mencatat pertumbuhan tercepat dalam mengadopsi ekonomi digital.

Lebih lanjut, adopsi ekonomi digital juga dapat menjadi peluang untuk Indonesia pada 2025 dan diperkirakan dapat meningkatkan produktivitas hingga mencapai 120 miliar Dolar AS per tahun.

Komitmen untuk kolaborasi sinergis antara Ayoconnect dan Jalin pun diwujudkan dengan penandatanganan MoU (re: Memorandum of Understanding) pada acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 milik Bank Indonesia bersama Kementerian Perekonomian dengan didukung oleh Kementerian-Lembaga, 4 Bank Sentral negara ASEAN, dan industri terkait.

Ayoconnect Perluas Akses ke Lebih dari 1000 Produk Digital. (Special)

 

Sebagai informasi, FEKDI 2023 yang diselenggarakan di Hall B JCC Jakarta merupakan ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital.

Sejalan dengan tema FEKDI 2023: Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth, Ayoconnect dan Jalin menandatangani MoU untuk memperluas jaringan billers digital bagi 40 member Jalin, termasuk Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), baik pada platform digital maupun jaringan mesin ATM Link. Lebih lanjut, kerja sama ini menyediakan para nasabah dari member Jalin kemudahan akses ke berbagai pilihan channel billers dari lebih 100 produk digital.

Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukminto menanggapi kerjasama dengan Ayoconnect sebagai salah satu upaya Perusahaan untuk mencapai visi sebagai The National Digital Highway dalam menghubungkan masyarakat dengan dengan ekosistem finansial dan non finansial, terutama pada sistem layanan pembayaran dan inovasi produk keuangan digital yang aman, handal, dan terpercaya.

“Jalin Payment Integrator merupakan produk yang dikerjasamakan dengan Ayoconnect untuk perluasan jaringan billers digital. Produk ini akan memberikan solusi intergrasi semua channel pembayaran atas berbagai billers produk, khususnya produk digital, dan ini akan membuat proses transaksinya menjadi lebih mudah dan cepat”, tambah Eko.

“Jalin sebagai bagian dari Holding Danareksa yang merupakan BUMN spesialis transformasi pertama di Indonesia ke depannya akan terus berkolaborasi sinergis dengan industri di ekosistem keuangan digital dalam semangat membangun ekosistem keuangan digital yang inklusif demi mendukung kemajuan Indonesia. Kerja sama tahap awal dengan Ayoconnect diharapkan mampu meningkatkan pengalaman nasabah perbankan dalam menikmati kemudahan layanan keuangan yang aman, efektif, dan efisien, serta memperluas jangkauan jaringan Jalin,” pungkas Eko sesaat setelah penandatangan MoU di JCC Jakarta, Rabu (10/5).

Dengan berintegrasi ke solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API Ayoconnect, member Jalin memiliki akses ke jaringan open API berisi lebih dari 1000 produk digital yang disediakan oleh Ayoconnect. Untuk tahap pertama, nasabah dari member Jalin dapat menikmati voucher digital dan pembayaran PDAM, PBB, BPJS, Kartu Kredit dan Multifinance dari 1000 penyedia jasa, asuransi, dan institusi finansial.

Kolaborasi ini juga memungkinkan jutaan nasabah member Jalin untuk melakukanend-to-end transaksi pembelian tiket KAI dimana saja dan kapan saja.

“Ayoconnect bangga atas kolaborasi sinergis dengan Jalin. Kami melihat banyak masyarakat yang sebelumnya belum masuk ke digital footprint dan sekarang sudah menggunakan berbagai metode pembayaran digital di berbagai merchant online dan offline untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan institusi dan industri di ekosistem Open Finance untuk bergabung dalam jaringan API Ayoconnect dan berkontribusi dalam mempercepat inklusi keuangan digital nasional," tambah Chiragh Kirpalani selaku CoFounder dan COO Ayoconnect.