Bacaan Doa Saat Hujan Deras Sebagai Perlindungan Agar Tak Terjadi Bencana

Jumat, 10 Desember 2021 | 10:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Bacaan Doa Saat Hujan Deras Sebagai Perlindungan Agar Tak Terjadi Bencana

Foto: Sciencing

Ladiestory.id - Indonesia menjadi salah satu negara dengan curah hujan terbanyak setiap tahunnya. Hujan merupakan salah satu anugerah dari Allah SWT  bagi seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi, terlebih untuk manusia.

Sebagai tanda rasa syukur dan perlindungan agar terhindar dari berbagai bencana seperti banjir hingga tanah longsor, maka perlu memanjatkan doa saat hujan deras. Dan bagi kamu yang berumat muslim, bisa mengamalkan bacaan doa hujan deras ini.

Bacaan Doa Saat Hujan Deras, Disertai Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya

Foto: Muslim Influencer Network

Hujan yang cukup deras setiap harinya bisa berpotensi menyebabkan banjir hingga tanah longsor. Namun terlepas dari itu semua, sejatinya hujan yang diturunkan Allah SWT merupakan salah satu rezeki bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Sehingga memang patut untuk kita syukuri. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam QS. Fuzzhilat: 39.

 

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنَّكَ تَرَى ٱلْأَرْضَ خَٰشِعَةً فَإِذَآ أَنزَلْنَا عَلَيْهَا ٱلْمَآءَ ٱهْتَزَّتْ

 

وَرَبَتْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِىٓ أَحْيَاهَا لَمُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰٓ ۚ إِنَّهُۥ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

 

Artinya: "Dan diantara tanda-tanda (kekuasaan)-Nya adalah manakala kamu melihat bumi itu kering tandus, maka apabila kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak subur, sesungguhnya Tuhan yang menghidupkannya tentu dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya dia maha kuasa atas segala sesuatu,"

 

Dalam Islam, sangat dianjurkan untuk membaca doa agar dijauhkan dari berbagai musibah dan mendapatkan berkah. Begitu juga ketika terjadi hujan deras.

Untuk doa saat hujan gerimis, deras, hingga berpetir cukup berbeda bacaannya. Jika hujannya masih berupa gerimis atau rintik-rintik, maka kamu bisa membaca doa berikut.

 

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

 

Allahumma shoyyiban nafi'aan.

 

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat.”

 

Namun ketika hujannya cukup deras, berikut bacaan doa hujan deras yang bisa kamu panjatkan.

 

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

 

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina, Allahumma ‘alal aakaami wa adhiraabi, wa buthunil awdiyati, wa maanabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah turunkanlah hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah, curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan yang lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan."

Jika nantinya hujan sudah reda, kamu bisa mengucapkan bacaan doa setelah turun hujan berikut ini.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.

Artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.” (HR Bukhari).