Badmood Karena Bad Hair? Ini 5 Cara Merawat Rambut Frizzy

Minggu, 29 Agustus 2021 | 11:18:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Badmood Karena Bad Hair? Ini 5 Cara Merawat Rambut Frizzy

Foto: Ladiestory.id

Siapa yang sering mendengar rambut singa? Atau jangan-jangan kamu juga memiliki rambut singa? Rambut frizzy merupakan rambut yang mengembang dan berantakan. Kondisi rambut ini terlihat seperti surai singa, makanya sering disebut rambut singa.

Cara Merawat Rambut Frizzy

Rambut frizzy memang disebabkan oleh udara yang lembap. Di saat rambut mulai kehilangan kelembapan alaminya, kutikula rambut akan mulai terbuka untuk menyerap udara di sekitarnya.

Namun rupanya ada faktor lain yang membuat rambut frizzy atau rambut singa. Sebab rambut yang selalu banyak mendapat bahan kimia, rambut yang rapuh merupakan jenis rambut yang mudah terkena dampak udara lembap sehingga menjadi mengembang.

Akan tetapi, jangan khawatir, sebab ada 5 cara merawat rambut frizzy sehingga harimu tidak buruk sebab memiliki bad hair.

1. Memilih produk yang mengandung glycerin

Foto: Ladiestory.id

Dalam menggunakan sampo maupun conditioner, pilihlah yang mengandung glycerin. Glycerin berfungsi untuk memberikan hidrasi maksimal pada setiap helai rambut, memproteksi rambut, dan menjaga kelembaban rambut.

Selain itu, kamu bisa keramas dalam dua hari sekali dengan sampo tanpa kandungan sulfat. Hal ini agar minyak alami rambut tidak hilang. Nah, cara keramas yang benar yakni menggunakan jari tangan untuk melakukan pijatan pada kulit kepala saat kamu keramas menggunakan sampo.

Lalu biarkan area tengah rambut sampai ujungnya kering dan bebas dari busa sampo.

Nantinya sampo dan air akan luruh dengan sendirinya menuju bawah untuk membersihkan sisa kotoran serta residu yang menempel, tanpa takut mengurangi faktor hidrasi di batang rambut Kamu juga harus tetap menjaga kelembapan rambut dengan selalu memakai conditioner. Aplikasikan mulai dari bagian tengah hingga ke ujung rambut agar tidak lepek.

2. Mengeringkan rambut secara alami.

Jika kamu memiliki rambut frizzy, sebaiknya keringkan rambut dengan air dry atau secara alami. Mengeringkan rambut dengan udara saja dapat membuat kelembapan meresap ke dalam batang rambut.

Sebab jika kamu menggunakan heat tools justru akan memperparah rambutmu. Jika memang terpaksa menggunakan heat tools, pakailah low setting supaya rambut tidak rusak atau bahkan menjadi lebih kering.

3. Gunakan coconut oil dan hair oil 

Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya, cara merawat rambut frizzy adalah dengan menggunakan coconut oil dan hair oil. Coconut oil mampu membuat rambut menjadi lebih lembut dan tampak berkilau. Selain itu, kamu bisa menggunakan hair mask yang memiliki kandungan ini.

Nah, untuk menjaga kelembaban kamu juga memerlukan hair oil yang digunakan setelah keramas atau sebelum bepergian. Sebab hair oil juga dapat memberi penetrasi hingga ke folikel rambut supaya teksturnya lembut dan terhidrasi. Kamu bisa mencari hair oil yang mampu menutrisi rambut agar lebih sehat.

4. Menggunakan hairspray

Seberapa parahkah rambut frizzy-mu? Kamu bisa menggunakan hairspray untuk mengatur rambut agar tertata rapi. Semprotkan sedikit hairspray pada rambut, lalu rapikan menggunakan sisir. Cara ini memang bukan cara merawat rambut frizzy. Namun bisa dilakukan jika kamu sedang terburu-buru.

5. Gunakan sisir sikat

Foto: Ladiestory.id

Cara merawat rambut frizzy berasal dari sisir yang kamu gunakan. Pilihlah sisir sikat atau sisir bristle untuk pemiliki rambut frizzy. Sebab, sisir ini mampu mengontrol batangnya, namun sikatnya bisa berfungsi sebagai pemijat kulit kepala kamu.

Jadi, itulah 5 cara merawat rambut frizzy. Semoga membantu, ya!

Berita Terkait