Sering Terlupakan, 5 Bagian Rumah yang Jarang Dibersihkan

Senin, 1 Agustus 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Terlupakan, 5 Bagian Rumah Yang Jarang Dibersihkan

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Ladiestory.id - Membersihkan rumah menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Namun, tahukah Kamu, membersihkan rumah setiap hari tidak menjamin bersih 100 persen. Pasalnya, ada beberapa tempat yang tidak terjangkau. Alih-alih bersih, tempat itu menjadi sarang penumpukan debu.

Biasanya, tempat tersebut jarang dibersihkan lantaran malas atau susah dijangkau. Namun, jika tidak dibersihkan, maka akan sangat membahayakan. Debu yang menumpuk mampu memicu alergi, serangan asma, hingga masalah pernapasan lain. Inilah 5 tempat di rumah yang jarang dibersihkan.

Plafon

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Plafon menjadi salah satu bagian yang diabaikan dan jarang dibersihkan. Pasalnya, plafon rumah terdapat di atas dan susah untuk digapai. Namun pada dasarnya, plafon menjadi tempat penumpukan debu hingga sarang laba-laba. Tapi, banyak orang yang memilih mengabaikan dan tidak membersihkan bagian rumah ini.

Memang sebuah studi debu global Dyson pun mengatakan demikian. Pihaknya melakukan sebuah penelitian dari 10 negara melibatkan 10 ribu peserta.

Dari ribuan orang tersebut, dua pertiga responden mengaku sering melewatkan untuk membersihkan plafon. Sementara disarankan menggunakan penyedot debu tanpa kabel untuk membersihkan plafon. Alat ini mampu membersihkan debu-debu lembut yang menempel di sudut plafon.

Lampu

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Manajer desain untuk Dyson, yakni Josh Mutlow mengatakan, lampu juga menjadi satu area yang tidak dibersihkan. Banyak orang berpikir tidak penting membersihkan area yang satu ini. Namun rupanya, kap lampu menjadi salah satu area yang paling banyak debunya. Kemudian, lampu yang dihidupkan akan membuat debu menjadi panas dan menghasilkan udara yang hangat pula.

Sehingga, sangat penting membersihkan lampu. Namun, dianjurkan untuk mematikan lampu dan membiarkannya beberapa saat sebelum benar-benar dibersihkan. Hal ini menghindari kamu membersihkan lampu dalam keadaan panas. Kamu bisa menggunakan lembar pengering atau kain mikrofiber kering untuk membersihkan kap lampu.

Dinding

Dinding cat warna coklat (Instagram.com/grahawallpaper)

Pada umumnya, orang akan menyapu lantai yang memang terlihat kotor. Namun, dinding ternyata juga perlu dibersihkan. Terutama dinding di kamar mandi yang menjadi pertumbuhan jamur terbaik. Sehingga, kamu harus rutin membersihkan dinding yang ada dalam kamar mandi.

Kamu bisa membersihkan dinding kamar mandi dengan mudah, yakni menyikat atau mengelapnya dengan kain mikrofiber. Sementara untuk area dinding yang susah dijaungkau, kamu bisa menggunakan pel dengan gagang yang panjang.

Rak

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Banyak barang yang disimpan di dalam rak, sehingga banyak pula orang yang malas membersihkan bagian ini. Pasalnya, di dalam rak terdapat berbagai barang seperti buku, bingkai foto, hingga pernak pernik. Namun, rak menjadi sarangnya debu. Bahkan, Mutlow mengatakan, koloni tungau debu akan berkembang biak di tempat tersebut.

Memang butuh sedikit effort, namun kamu perlu membersihkan rak setidaknya satu bulan sekali. Gunakan vakum atau lap basah untuk menjangkau sudut-sudut rak yang terlalu jauh digapai. Jangan lupa bersihkan pula barang-barang yang ada di rak tersebut. Seperti buku, foto, pernak-pernik yang bisa dilap dan dibersihkan dari debu.

Tanaman Hias

Ilustrasi tempat tanaman. (Special)

Bagi kamu yang memiliki tanaman hias, baik asli maupun palsu sebaiknya sering-sering untuk dibersihkan. Pasalnya, tempat ini menjadi bagian favorit debu menempel. Selain menjijikan, debu yang menempel di tanaman hias asli akan membuatnya tidak dapat berkembang dengan baik. Debu yang menempel mampu menghalangi cahaya matahari.

Sehingga, tanaman tersebut tidak dapat berfotosintesis dengan baik. Bersihkan menggunakan kain lembap atau sikat kecil untuk membersihkan debu di tanaman tersbeut. Selain itu, membilas tanaman menggunakan air hangat termasuk salah satu cara menghilangkan debu. Kemudian, taruhlah sebentar tanaman itu di wastafel atau tempat yang sekiranya mudah untuk mengeringkan tanaman itu.

s