Putih Telur hingga Minyak Zaitun, 5 Bahan Alami Bantu Pudarkan Stretch Mark

Rabu, 6 April 2022 | 22:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Putih Telur Hingga Minyak Zaitun, 5 Bahan Alami Bantu Pudarkan Stretch Mark

Ilustrasi stretch mark. (Special)

Ladiestory.id - Stretch mark merupakan kondisi di mana kulit mengalami peregangan yang berlebihan. Hal ini membuat kulit timbul guratan-guratan merah yang panjang seperti nadi. Stretch mark biasanya terdapat di bagian bawah perut, paha bagian dalam, dan pinggul.

Kondisi ini biasanya dialami oleh perempuan hamil. Namun, hal ini juga bisa dialami oleh seseorang yang sedang menjalani diet ketat. Stretch mark kerap membuat para perempuan tidak percaya diri. Oleh sebab itu, yuk ketahui lima bahan alami yang membantu pudarkan stretch mark.

Putih Telur

Ilustrasi putih telur. (Special)

Putih telur merupakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah tapi bermanfaat untuk memudarkan stretch mark. Putih telur juga dapat mengencangkan kulit. Pasalnya putih telur mengandung asam amino dan protein yang baik untuk kulit.

Madu

Ilustrasi madu. (Special)

Madu menjadi salah satu bahan alami yang kerap dijadikan bahan untuk mempercantik diri. Nah, stretch mark juga bisa dihilangkan dengan bahan alami yang identik memiliki rasa manis itu.

Hal ini disebabkan madu memiliki sifat melembapkan dan menghidrasi kulit. Sehingga madu dapat membantu mengurangi sebagian besar stretch mark.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu secara lembut pada area stretch mark. Kemudian kompres dengan kain hangat selama 20-30 menit.

Setelah itu, bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan sedikit minyak jarak, minyak zaitun, atau gliserin dan garam.

Tak hanya memudarkan stretch mark, madu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka dan meredakan rasa gatal. Sebab, madu juga memiliki sifat antiseptik yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru.

Gula Pasir

Ilustrasi gula. (Special)

Selain madu, bahan alami yang memiliki rasa manis namun bisa membantu menghilangkan stretch mark adalah gula pasir. Di sini, gula pasir berperan sebagai agen mikrodermabrasi alami.

Perlu diketahui, biasanya mikrodermabrasi dilakukan di klinik kecantikan dan kulit. Proses tersebut merupakan salah satu metode yang ampuh untuk memudarkan stretch mark.

Gula pasir ini nantinya akan dijadikan seperti scrub yang membantu pengelupasan kulit di area stretch mark, sehingga bisa memudar. Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan gula pasir dengan minyak. Aduk adonan tersebut sehingga membentuk seperti pasta.

Kemudian, oleskan dan gosok adonan tersebut di area yang memiliki stretch mark. Untuk hasil maksimal, Kamu bisa menggunakannya beberapa kali dalam satu minggu saat mandi.

Bubuk Coklat

Ilustrasi bubuk cokelat. (Special)

Rupanya bubuk cokelat tidak hanya bisa dikonsumsi saja. Namun, dapat adigunakan untuk membantu memudarkan stretch mark di kulit.

Cara menggunakan bubuk cokelat sebagai bahan alami penghilang stretch mark pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan sedikit bubuk cokelat dengan air.

Aduk hingga adonan menjadi seperti pasta. Kemudian oleskan adonan tersebut di area yang terdapat stretch mark. Agar hasil maksimal, Kamu bisa melakukannya dalam dua hari sekali.

Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Minyak zaitun berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit. Pijatan menggunakan minyak zaitun dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan stretch mark. Cara penggunaan minyak zaitun sebagai bahan alami memudarkan stretch mark cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengambil sedikit minyak zaitun di telapak tangan lalu pijat lembut di area kulit yang muncul stretch mark. Setelah itu diamkan selama 30 menit hingga minyak zaitun meresap ke dalam kulit.