6 Bahaya Gunakan Makeup dan Skincare Kedaluwarsa

Kamis, 17 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Bahaya Gunakan Makeup Dan Skincare Kedaluwarsa

Ilustrasi Makeup (Special)

Ladiestory.id - Makeup dan skincare yang sering kamu gunakan memiliki batas waktu pemakaiannya. Jangan sampai kamu lupa dan kurang teliti memperhatikan tanggal kedaluwarsa dalam produk tersebut. Namun, sebagian orang mungkin tidak mempedulikan dampak dan bahaya dari penggunaan produk makeup dan skincare yang telah melewati waktu tenggang atau sudah kedaluwarsa.

Hal ini dilakukan demi menghemat pengeluaran karena masih terdapat sisa dari produk tersebut. Wah, hati-hati Ladies! Hal seperti ini justru dapat memberikan bahaya yang tak terduga pada kesehatan dirimu, lho. Seperti yang telah terangkum berikut ini.

Iritasi Kulit

Ilustrasi Kulit (Special)

Bagi sebagian orang yang tidak menghiraukan penggunaan produk kedaluwarsa berpikir bahwa produk masih dapat berfungsi dengan baik, selama warna, tekstur dan kandungannya masih sama.

Kesalahan seperti ini sebaiknya dihindari ya, Ladies! Karena produk makeup dan skincare yang telah kedaluwarsa membuat kualitas produk tersebut menjadi menurun. Kandungan dan khasiat produk akan berkurang, kemampuan produk untuk melindungi kulit pun akan menurun, bahkan sudah tidak memberikan benefit yang baik bagi kulit.

Tak hanya itu, produk yang sudah memasuki kedaluwarsa pun memiliki tekstur yang kering, memburuk, bahkan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Jika produk tersebut masih tetap digunakan, maka dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Infeksi dan Kanker Kulit

Ilustrasi kanker kulit. (Special)

Salah satu perubahan dalam produk kedaluwarsa yang paling jelas terlihat ialah foundation ataupun alas bedak. Jika disimpan dalam waktu lama, maka dapat teroksidasi hingga menyebabkan perubahan warna dari aslinya, bahkan yang semula cerah dapat berubah menjadi menggelap. Sebaiknya hindari penggunaan produk karena tidak aman digunakan bagi kulit dan dapat menyebabkan infeksi hingga kanker kulit.

Wajah Berjerawat 

Ilustrasi Jerawat (Special)

Bahaya lain yang timbul akibat menggunakan produk makeup dan skincare kedaluwarsa ialah dapat menyebabkan kondisi kulit berjerawat dan juga mengalami iritasi. Produk yang sering digunakan berkali-kali juga dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri, apalagi jika makeup tidak terawat dengan baik. Selain itu, produk yang sudah kedaluwarsa juga dapat mengiritasi kulit wajah, sebabkan infeksi kulit dan mata.

Pori-pori Kulit Tersumbat

Ilustrasi pori-pori wajah. (Special)

Concealer biasanya digunakan sekitar 12 hingga 18 bulan. Jika alas bedakmu sudah melewati masa tenggang, maka hindari penggunananya. Bedak juga mengandung kandungan yang dapat mulai terpisah ketika memasuki kedaluwarsa. Jika kamu menggunakan bedak yang kedaluwarsa, maka produksi minyak dapat meningkat. Bahkan, dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Kulit Membengkak

kulit (Special)

Jika kamu menggunakan lipstik dan produk bibir lainnya yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa maka dapat menimbulkan masalah kulit, yakni menyebabkan kulit bibir menjadi membengkak. Selain itu, kulit bibir juga akan mengalami pecah-pecah, kering, perih, bahkan kulit menjadi lebih kasar.

Iritasi Pada Mata

Ilustrasi mata iritasi. (Special)

Menggunakan produk makeup khususnya di area mata yang sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan mata mengalami iritasi. Hal ini dikarenakan adanya kontak langsung antara makeup kedaluwarsa dan bakteri yang berkembang di dalamnya. Sehingga, ketika produk kedaluwarsa ini digunakan akan sangat membahayakan.

Ladies, itulah bahaya yang muncul akibat menggunakan produk makeup dan skincare kedaluwarsa. Sebaiknya, hindari penggunaan produk apabila sudah memasuki masa kedaluwarsa.

s