5 Bahaya yang Timbul Akibat Anak Kecanduan Bermain Handphone

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Bahaya Yang Timbul Akibat Anak Kecanduan Bermain Handphone

Ilustrasi Bahaya Anak Main Handphone. (Pinterest)

Ladiestory.id - Era digital seperti sekarang membuat akses informasi semakin mudah dilakukan. Salah satunya lewat smartphone, yang sekali klik sudah masuk ke media informasi.

Smartphone atau handphone juga sering digunakan oleh orang tua untuk menenangkan anak. Sehingga, anak bisa fokus ke layar smartphone dan orang tua bisa fokus ke urusan mereka. Entah urusan domestik rumah tangga atau pun melakukan pekerjaan kantor.

Namun, terlalu sering memberikan handphone kepada anak bisa memberikan efek kecanduan. Tak tanggung-tanggung, anak pun menjadi enggan melepaskan handphone seharian demi bisa bermain dan menonton selama berjam-jam lamanya. Tanpa disadari, hal ini juga bisa mengakibatkan 5 bahaya terhadap anak, loh. Berikut diantaranya.

Mengganggu Kinerja Otak

Mengganggu Kinerja Otak. (Pinterest)

Tanpa disadari kecanduan bermain handphone pada anak dapat mengganggu kinerja fungsi otak. Entah itu menonton film, bermain game atau pun melakukan aktivitas lain di handphone diketahui dapat membuat kinerja otak anak menjadi berkurang.

Anak pun akan lebih mudah mensugesti pengaruh dan kebiasaan yang ia tonton sehingga malas melakukan hal-hal yang bermanfaat. Ia akan asyik dan kecanduan memperhatikan layar handphone-nya sepanjang waktu.

Kurang Istirahat

Kurang Istirahat (Pinterest)

Anak tentunya membutuhkan waktu istirahat yang cukup lama dibandingkan dengan orang dewasa. Apabila anak tidak lepas dari handphone-nya, justru hal ini dapat mengakibatkan bahaya. Anak akan menjadi kurang istirahat dan waktunya pun tersita demi agar bisa bermain handphone.

Hal ini tentunya akan sangat disayangkan, karena usia anak-anak sangat terbilang aktif untuk melakukan hal-hal yang menarik dibandingkan hanya tiduran sambil bermain handphone di kamar.

Maka dari itu, peran orang tua sangat penting untuk membatasi waktu anak untuk istirahat mau pun bermain handphone. Sehingga aktivitas mereka pun lebih teratur.

Mata dan Tubuh Mudah Lelah

Mata dan Tubuh Mudah Lelah. (Pinterest)

Bahaya selanjutnya yang ditimbulkan akibat anak kecanduan bermain handphone ialah mata dan tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini akibat kurangnya istirahat dan fokus anak hanya pada handphone. Tak heran jika bisa mengakibatkan mata semakin cepat merasa lelah. 

Tak hanya itu, anak yang sering bermain handphone juga dapat menyebabkan mata menjadi minus. Maka dari itu, orang tua sebaiknya membatasi atau memberi jeda pada anak untuk berhenti bermain gadget yang satu ini.

Kurang Bersosialisasi

Kurang Bersosialisasi. (Pinterest)

Anak-anak umumnya sangat menyukai hal baru yang menyenangkan. Apalagi jika ia sudah menemukan handphone yang memiliki segudang informasi dan kebebasan dalam mengakses berbagi hal.

Kondisi ini mengakibatkan waktu produktif anak menjadi tersita dan terbuang sia-sia. Selain itu, juga dapat menyebabkan anak jadi kurang bersosialiasi dengan lingkungannya.

Jika dibiarkan, tentunya akan menghambat anak dalam bersosialisasi. Karena bagi anak, saat ia bermain handphone ibarat telah menemukan segalanya. Bahkan, hal ini membuat waktu bermain bersama teman sebayanya pun menjadi berkurang.

Oleh karena itu, batasi anak bermain handphone setiap harinya. Dekatkan ia pada orang-orang terkasih agar anak bisa menghabiskan waktu bersama.

Mengalami Nyeri Sendi

Mengalami Nyeri Sendi (Pinterest)

Tanpa disadari, kebiasaan bermain handphone berlama-lama dapat mengakibatkan masalah otot pada anak. Bahkan, anak bisa mengalami nyeri sendi.

Terkadang anak-anak hanya memikirkan kesenangan saja, tanpa menyadari bahaya kesehatan yang mengintai. Keasyikan bermain handphone dapat menyebabkan posisi duduk dan tidur anak menjadi salah.

Jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama tanpa memperhatikan kesehatan, tak menutup kemungkinan anak akan mengalami sakit punggung, leher, mata perih, otot-otot menjadi kaku, bahkan nyeri sendi.

Itulah 5 bahaya yang timbul akibat anak kecanduan bermain handphone. Sebagai orang tua, sebaiknya dapat membatasi anak dalam bermain handphone, serta memperhatikan berbagai macam bahaya yang mengintai bagi kesehatan anak. Semoga bermanfaat!