Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 6 Manfaat Kacang Kenari

Selasa, 9 Mei 2023 | 10:32:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Baik Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui, Ini 6 Manfaat Kacang Kenari

Ilustrasi Kacang Kenari. (Special)

Ladiestory.id - Selain nikmat dimakan langsung dan menjadi teman saat bersantai, kacang kenari pun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh khususnya bagi ibu hamil dan menyusui. Umumnya kacang kenari ini pun banyak digunakan sebagai topping pada kue, es ataupun makanan lainnya.

Kacang kenari memiliki kandungan omega 3 dan antioksidan yang baik dikonsumsi.Selain itu kacang kenari kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh seperti zinc, asam folat, vitamin E, vitamin B6, melatonin, asam fitat, serta asam ellagic.

Berikut ini enam manfaat kacang kenari bagi ibu hamil dan menyusui yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Kaya Antioksidan

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Bagi ibu hamil mengonsumsi kacang kenari sangat baik untuk melindungi calon bayi dalam kandungan, selain itu kacang kenari ini dikenal kaya akan antioksidan serta dapat melindungi ibu dan bayi dari radikal bebas. Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi kacang kenari ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya infeksi.

Kaya Asam Folat

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Selain kaya akan antioksidan, kacang kenari pun kaya akan asam folat yang dapat membantu perkembangan otak dan saraf pada janin. Tak hanya itu, mengonsumsi kacang kenari pula dapat mencegah terjadinya risiko cacat tabung saraf serta malformasi pada janin.

Tingkatkan Produksi ASI

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

 

Manfaat kacang kenari selanjutnya dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kacang kenari memliki kandungan protein yang tinggi, zat besi, hingga lemak sehat yang sangat baik bagi ibu menyusui. Kacang kenari terdiri dari 65 persen lemak serta 15 persen protein yang rendah akan karbohidrat, hal ini dikarenakan kacang kenari sebagian besar terdiri dari serat.

Mengonsumsi kacang kenari sebagi menu camilan sehat juga dapat membantu ibu merasa lebih kenyang cukup lama. Sementara itu, bagi ibu menyusui pun dapat mengonsumsi kacang kenari ini secara langsung ataupun ditambahkan sebagai produk olahan makanan maupun minuman lezat sesuai selera.

Kontrol Berat Badan

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

 

Mengonsumsi kacang kenari secara rutin dapat membuat ibu merasa kenyang cukup lama, namun bukan berarti ibu hanya mengonsumsi kacang-kacangan sebagai penambah nutrisi dalam tubuh. Kacang kenari memiliki kandungan protein dan serat yang dapat membantu ibu merasa lebih cepat kenyang, selain itu dengan mengonsumsi kacang kenari pun dapat membantu mengontrol berat badan ibu saat hamil.

Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah. (Special)

 

Manfaat mengonsumsi kacang kenari selanjutnya dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah diastolik sentral dan perubahan positif pada kolesterol. Mengonsumsi kacang kenari dapat mengontrol pola makan yang lebih kecil serta membantu menghasilkan kardiovaskular yang signifikan. Selain itu, kacang kenari pun dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kacang kenari memiliki kandungan zinc yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta menjaga fungsi tulang, saraf dan sistem kekebalan tubuh.

Sehatkan Tulang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

 

Kacang kenari pun bermanfaat untuk membantu menyehatkan tulang, hal ini dikarenakan kandungan mineral tembaga serta mangan yang terkandung didalamnya. Bagi ibu hamil hal ini tentu sangat bermanfaat, kekurangan tembaga dalam tubuh mampu menurunkan tingkat kepadatan tulang serta risiko terjadinya osteoporosis.