Banyak Kaleng Bekas di Rumah? Daur Ulang dan Jadikan Barang Berguna

Sabtu, 26 Juni 2021 | 17:31:19

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Banyak Kaleng Bekas Di Rumah? Daur Ulang Dan Jadikan Barang Berguna

Foto: Ladiestory.id

Kebanyakan orang menganggap bahwa kaleng bekas hanyalah seonggok sampah yang tidak memiliki harga jual. Tak heran lagi jika kebanyakan orang akan langsung membuang kaleng-kaleng bekas yang tak terpakai. Tetapi, apakah Anda tahu jika kaleng bekas masih dapat dimanfaatkan menjadi beragam dekorasi rumah yang unik.

Sampah tak selamanya menjadi barang yang tidak berguna. Banyak jenis sampah yang bisa Anda ubah supaya dapat lebih bermanfaat, misalnya sampah kaleng.

Jika Anda salah satu orang yang memiliki hobi berkreasi, kaleng bekas dapat diubah menjadi barang berharga, lho. Barang yang satu ini dapat Anda sulap menjadi berbagai kreasi yang dapat memperindah ruangan tapi tetap terlihat berkelas. Tidak percaya? Di bawah ini bukti kalau kaleng bekas dapat menjadi dekorasi rumah yang classy.

  1. Pot Tanaman

foto:instagram/fit_ri1
Foto: Instagram/fit_ri1

Cocok untuk Anda yang tidak mau ribet. Anda dapat membuat pot tanaman menjadi ide unik untuk kado temanmu yang suka merawat tanaman.

  1. Lampu Tidur

foto:instagram/agungnugroho2403
Foto: Instagram/agungnugroho2403

Kaleng bekas yang ada di sekitarmu dapat dibuat menjadi lampu tidur, lho! Anda dapat membuat motif-motif yang beragam, sekaligus memberikan warna lampu tidur sesuai seleramu.

  1. Tempat Lilin

foto:instagram/sagita_design
Foto: Instagram/sagita_design

Kaleng bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menghias sudut-sudut rumah Anda, nih. Contohnya, diubah menjadi tempat lilin. Sesekali kami bisalah menyalakan lilin aromaterapi di rumah untuk menghangatkan suasana.

Perindah kaleng sesuai keinginanmu. Atau Anda juga bisa membuat lubang-lubang kecil di permukaan kaleng membentuk angka. Masukkan lilin aromaterapi ke dalam kaleng dan nyalakan.

  1. Celengan

foto:instagram/gitalumintang
Foto: Instagram/gitalumintang

Untuk yang yang suka menabung, Anda dapat membuat celengan dengan melubangi bagian atasnya lurus memanjang. Agar semakin semangat untuk menabung, Anda bisa membuat celengan unik dengan menggunakan karakter menarik. Cukup sediakan kaleng bekas, kuas, dan cat warna-warni.

  1. Tempat Sendok Garpu

foto:instagram/julieromzi
Foto: Instagram/julieromzi

Dengan low budget, Anda tidak perlu kebingungan lagi dimana Anda akan meletakkan sendok dan garpu. Cukup sediakan kaleng bekas dan hias sesuai selera, lalu Anda tinggal meletakkan sendok dan garpu yang Anda punya ke dalam kaleng tersebut.

  1. Tempat Menyimpan Make Up

foto:instagram/lista_tsurayya
Foto: Instagram/lista_tsurayya

Bila Anda memiliki kaleng bekas kecil, Anda dapat memanfaatkannya untuk tempat penyimpanan makeup. Terutama produk makeup yang bentuknya panjang, misalnya brush, maskara, dan lain-lain.

  1. Tempat Tisu

foto:instagram/the.orva
Foto: Instagram/the.orva

Hasil daur ulang yang berasal dari kaleng bekas berikutnya adalah tempat tisu. Bila Anda bosan dengan tempat tisu bawaan dari tokonya, tidak apa-apa untuk sesekali membuat tempat tisu dari kaleng bekas.

Untuk membuat tisu dari kaleng bekas ini kami tidak memerlukan banyak waktu, karena dapat di bilang mudah dalam pembuatannya. Tempat tisu dari kaleng bekas tersebut dapat Anda letakan di meja tamu atau meja makan.

  1. Tempat Sampah

foto:instagram/the.orva
Foto: Instagram/the.orva

Hasil daur ulang dari kaleng bekas kali ini menjadi tempat sampah. Bila Anda memililki tempat sampah yang berukuran kecil, mungkin ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Tempat sampah yang terbuat dari kaleng ini memiliki daya tampung yang banyak. Sehingga memudahkan Anda untuk membuang sampah dengan keseluruhan.

  1. Wadah Bahan Makanan

foto:instagram/babydinata
Foto: Instagram/babydinata

Anda kehabisan tempat penyimpanan di dapur? Manfaatkan saja kaleng bekas yang ada. Supaya lebih simpel tapi elegan, cat kaleng tersebut menjadi warna monokrom. Jangan lupa pastikan tutup kalengnya juga dicat.

Selepas cat kering, tambahkan label sesuai bahan makanan yang akan disimpan di dalamnya. Misalnya garam, bawah merah, gula, dan lain-lain.

Barang barang diatas merupakan hasil daur ulang dari kaleng bekas. Jika ada kaleng bekas di sekitarmu, Anda juga dapat mengkreasikannya.