Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BARAKALLAH FII UMRIK: MENDALAMI ARTI DAN MAKNANYA

Barakallah Fii Umrik: Mendalami Arti dan Maknanya

LS Lifestyle
Sabtu, 22 Mei 2021 | 10:41:34
Durasi baca: 5 menit, 10 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Barakallah Fii Umrik: Mendalami Arti dan Maknanya

Foto: Ladiestory.id

Memberi ucapan ulang tahun adalah salah satu yang sering dilakukan oleh seseorang. Barakallah fii umrik adalah ucapan ulang tahun yang diberikan kepada seseorang dan merupakan ucapan ulang tahun dalam bahasa Arab.

Tentu saja, ketika hendak memberikan ucapan ulang tahun ke teman ataupun kerabat bisa menggunakan ucapan ini, terutama untuk mereka yang beragama Islam. Lantas, apa arti dan makna dari ucapan ini sebenarnya?

Arti dan Makna Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik adalah ucapan yang juga digunakan sebagai doa guna meminta umur yang kepada Allah untuk seseorang yang sedang merayakan hari kelahirannya. Secara arti, ucapan ini memiliki arti semoga Allah memberikan berkah di dalam usiamu dengan konteks diucapkan untuk seseorang yang sedang bertambah usia.

Baca juga: 5 Film Animasi Terbaik Selama 5 Tahun Terakhir

Ketika ada seseorang yang mengucapkan kalimat tersebut kepada kita, maka kita bisa membalasnya. Balasan dari ucapan ini adalah wa fiika barakallah yang artinya dan kepadamu Allah juga menyertai berkah.

Bagaimana Seharusnya Menyikapi Ulang Tahun?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya dalam Islam sendiri ada perbedaan pendapat terkait perayaan ulang tahun. Salah satu pendapat mengatakan bahwa merayakan ulang tahun bukanlah bagian dari ajaran Islam, melainkan dampak dari serapan budaya agama lain. 

Namun, di sisi lain ada pendapat yang mengatakan bahwa perayaan ulang tahun adalah hal yang bersifat boleh. Hal inilah yang membuat sebagian muslim turut merayakan hari kelahiran mereka. 

Karena adanya pendapat ini, maka sikap terkait perayaan ulang tahun menjadi penting diketahui oleh seorang muslim. Bagaimana seorang muslim seharusnya bersikap pada salah satu perayaan ini?

Hendaknya, ulang tahun tidak dirayakan dengan sebuah perayaan yang besar dan khusus bagi seorang muslim. Bertambahnya usia harus disikapi dengan cara melakukan evaluasi diri. Artinya, Anda bisa mengulas ulang beragam amalan atau pencapaian yang telah dilalui.

Baca juga: 4 Hadist Menuntut Ilmu Bagi seorang Muslim


Hal ini sangat penting karena hanya dengan evaluasi yang dilakukan maka Anda bisa mengetahui sampai mana Anda menjalankan perintah-perintah agama ataupun memenuhi target yang telah dicanangkan. 

Selain itu, dengan melakukan evaluasi, nantinya Anda bisa membuat target baru untuk dicapai di masa yang akan datang. Dengan target baru tersebut tentu Anda nantinya akan terpacu untuk senantiasa melakukan kebaikan demi mencapai target yang sudah dibuat. 

Bagaimana Merayakan Ulang Tahun yang Tidak Berlebihan?

Rasa gembira dan senang ketika hari ulang tahun adalah hal yang wajar. Hanya saja, apa yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai rasa senang tersebut melampaui batas. Akan lebih jika rasa senang tersebut diimplementasikan untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat.

Sebagaimana ucapan barakallah fii umrik yang secara umum meminta berkah umum kepada Allah, maka karunia Allah tersebut tentu hanya bisa didapatkan dari hal berguna yang dilakukan. 

Lantas, bagaimana cara merayakan ulang tahun yang tidak berlebihan?

Ada cukup banyak ide untuk merayakan ulang tahun dengan tetap memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Anda bisa berkumpul bersama keluarga dan merayakannya dengan sederhana. Atau, Anda bisa juga berkumpul dengan teman masa kecil untuk nostalgia.

Baca juga: Chord Cinta Dalam Hati, Membangkitkan Suasana Tahun 2000-an

Ya, berkumpul dengan teman kecil dan mengulang aneka permainan anak tradisional bisa menjadi ide ulang tahun yang unik. Hanya saja, jadikan permainan tersebut hanya sebagai sarana saja untuk merekatkan pertemanan yang mungkin sudah merenggang.

Kumpulan Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ketika ada orang lain, baik keluarga, kerabat atau bahkan orang lain yang berulang tahun, maka Anda juga bisa memberinya ucapan selamat. Tentu saja, ada cukup banyak ucapan selamat ulang tahun yang bisa dijadikan pilihan.

Hanya saja, agar ucapan tersebut menjadi doa dan terdapat manfaat di dalamnya, Anda perlu selektif untuk memilihnya. Perlu diketahui, ucapan doa yang baik nantinya bisa menjadi kado ulang tahun untuk ibu, ayah atau orang lain yang Anda sayangi yang.

Adapun contoh ucapan barakallah fii umrik yang bisa Anda jadikan referensi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Barakallah fii umrik. Milad mubarak. Semoga sukses dan senantiasa sehat
  • Happy Milad. Barakallah fii umrik. Semoga ketakwaan kepada Allah senantiasa bertambah
  • Barakallah fii umrik. Selamat ulang tahun seseorang yang senantiasa peduli denganku. Semoga ketakwaan dan keimanan senantiasa kau perhatikan dan apa yang menjadi keinginanmu senantiasa dipermudah oleh Allah
  • Barakallah fii umrik, adikku. Semoga selalu berada dalam lindungan Allah dan semoga Allah selalu menjaga kesehatanmu
  • Untuk ibu tercinta, barakallah fii umrik. Semoga Allah senantiasa menyayangi dirimu dan memberikan banyak berkah di usia yang bertambah.

Doa Untuk Umur yang Berkah 

Makna umum dari ucapan barakallah fii umrik adalah untuk mendapatkan berkah berlimpah dari Allah. Tentu saja, Anda bisa menambahkan ucapan tersebut dengan doa untuk umur yang berkah untuk sebuah pengharapan yang lebih lengkap.

Baca juga: Cerita Pasangan Hollywood yang Menikah Sebelum Usia 25 Tahun

Tentu, doa yang diucapkan ketika merayakan hari kelahiran tersebut cenderung lebih baik daripada menyanyikan lagu-lagu ulang tahun yang sering didengar. Bukankah lagu-lagu tersebut sebenarnya tidak memiliki makna?

  • Doa Meminta Umur yang Berkah Pertama

Untuk meminta umur yang berkah ketika merayakan ulang tahun, Anda bisa membaca doa ini. Tentu, doa ini bisa dibaca untuk siapa saja, baik ketika Anda mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang lain ataupun berdoa untuk diri Anda sendiri.

Doa pertama yang bisa dibaca adalah sebagai berikut:

Ya Allah, wahai Tuhan kami, kami memohon kepada-Mu umur panjang yang senantiasa digunakan untuk meningkatkan ketakwaan dan akhiri usia kami dengan perbuatan baik.

  • Doa Meminta Umur yang Berkah Kedua

Selain doa sebelumnya, ada doa lain yang bisa dibaca ketika merayakan ulang tahun. Doa kedua ini dibaca untuk mendapatkan keselamatan untuk berbagai hal, baik selama hidup ataupun setelah kematian. 

Baca juga: Brand Kosmetik Yang Mempunyai Program Daur Ulang Kemasan

Doa kedua yang bisa dibaca ketika merayakan ulang tahun adalah sebagai berikut:

Ya Allah Tuhan kami, sesungguhnya kami memohon pada-Mu untuk keselamatan agama dan kesehatan pada jasad kami, juga untuk tambahan ilmu, rezeki yang berkah dan tobat sebelum mati, rahmat ketika mati dan ampunan setelah mati.

Merayakan Ulang Tahun Dengan Pasangan

Untuk Anda yang sudah berkeluarga, merayakan ulang tahun dengan pasangan menjadi ide perayaan yang bisa dilakukan. Perayaan yang cenderung privat dengan pasangan tentu bisa dijadikan sebagai salah satu tips agar suami sayang istri selamanya dan sebaliknya.

Tidak perlu kado yang mewah dan mahal, karena perhatian pasangan untuk hari spesial adalah sesuatu yang istimewa melebihi kado tersebut. Tentu saja, seperti bahasan di atas, perayaan tersebut seharusnya tidak berlebihan dan tetap memperhatikan adab sebagai seorang muslim.

Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan dalam perayaan tersebut adalah memberikan doa kepada pasangan. Selain memberikan ucapan ulang tahun sebagai wujud syukur atas bertambahnya usia, sisipkan doa rumah tangga bahagia untuk keluarga yang senantiasa harmonis. 

Nah, demikian beberapa ulasan tentang ucapan barakallah fii umrik baik arti, makna dan bagaimana perayaan ulang tahun yang disarankan untuk dilakukan sebagai seorang muslim yang beradab. Semoga bermanfaat, ya.

barakllah muslim ulang tahun

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle