Barbie Luncurkan Tema ‘Role Models’ Dalam Rangka Hari Perempuan Internasional

Senin, 7 Maret 2022 | 20:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Barbie Luncurkan Tema ‘Role Models’ Dalam Rangka Hari Perempuan Internasional

Barbie Role Models. (Twitter.com/Barbie)

Ladiestory.id - Memperingati Hari Perempuan Sedunia “Women International Day” yang jatuh pada 8 Maret 2022 esok, produsen mainan Barbie dikabarkan kembali merilis sebuah koleksi boneka spesial yang diberi judul “Role Models”.

Pada koleksi istimewanya kali ini, Barbie menyoroti berbagai karakter perempuan di berbagai bidang industri, baik industri hiburan, pendidikan, kesehatan dan masih banyak industri lainnya.

Akan ada 12 boneka yang diambil dari karakter perempuan dengan latar belakang yang berbeda, baik dari segi profesi hingga penampilan.

Tema yang diambil kali ini, ternyata diambil dari kampanye “Dream Gap Project” Barbie di 2018 lalu, yang diketahui berasal dari penelitian di Universitas New York.

Pada penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa banyak perempuan yang cenderung tak memiliki hasrat untuk berada di posisi kepemimpinan.

Barbie Role Models. (Twitter.com/Barbie)

Melalui tema ‘Role Models’ kali ini Lisa McKnight selaku wakil presiden dan kepala Barbie global, berharap 12 karakter yang diluncurkan dapat memberikan motivasi dan membangkitkan hasrat para perempuan di generasi selanjutnya untuk mengisi posisi-posisi kepemimpinan di berbagai bidang yang ada.

"Kami tahu bahwa anak-anak terinspirasi oleh apa yang mereka lihat di sekitar mereka, itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi gadis-gadis muda untuk melihat diri mereka tercermin dalam panutan yang telah dengan berani melewati rintangan dan mengatasi Dream Gap untuk menjadi wanita pemberani seperti sekarang ini," ujar Lisa McKnight.

Barbie Role Models. (Twitter.com/Barbie)

"Pada Hari Perempuan Internasional ini, kami bangga untuk menghormati 12 wanita perintis global untuk membantu memberdayakan generasi pemimpin wanita berikutnya dengan membagikan kisah mereka," lanjutnya.

Barbie Role Models. (Twitter.com/Barbie)

Dipilih dari berbagai negara di seluruh dunia, dari Indonesia, aktivis sosial sekaligus pendiri Sokola Rimba, Butet Manurung pun terpilih sebagai salah satu karakter dari 12 karakter yang ditampilkan.

Barbie Butet Manurung tampil mengenakan kemben dengan corak batik merah, dipadukan dengan bawahan berupa kain batik bunga-bunga yang terlihat sangat  Indonesia.

Selain Butet Manurung, 12 role model Barbie termasuk, Shonda Rhimes, Ari Horie, Pat McGrath, Melissa Sariffodeen, Adriana Azuara, Doani Emanuela Bertain, Jane Martino, Lan Yu, Sonia Peronaci, Tijen Onaran dan Lena Mahfouf.