5 Basic Skincare yang Wajib Diketahui Pemula

Selasa, 16 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Basic Skincare Yang Wajib Diketahui Pemula

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Skincare sudah semakin marak muncul di kalangan para wanita. Namun dalam melakukan perawatan ini, kita perlu memahami terlebih dahulu basic skincare khususnya untuk para pemula beserta cara pemakaiannya. 

Basic Skincare yang Perlu Diketahui Pemula

Ini dia rangkaian basic skincare yang wajib diketahui para skincare enthusiast

1. Cleansing

Foto: Ladiestory.id

Sebelum memakai berbagai produk skincare lainnya, langkah awal yang bisa dilakukan adalah cleansing. Kita lebih baik membersihkan wajah terlebih dahulu dengan produk facial wash yang cocok dengan kulit, setidaknnya satu kali sehari. Fungsi dari membersihkan wajah dengan facial wash adalah membantu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit.

Apalagi jika kita adalah pengguna make up rutin, maka kita bisa menambahkan cleansing oil atau micellar water yang diikuti dengan pembersih wajah. Sebuah catatan bahwa kita perlu memilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Toner

Setelah wajah bersih, kita bisa menggunakan toner supaya kulit tetap terhidrasi setelah seharian menggunakan make up. Selain itu, toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, membersihkan pori-pori tersumbat, dan mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan untuk pemilik kulit berjerawat memakai toner khusus akan membantu mengempeskan jerawat dan meredakan peradangan. Pentingnya menggunakan toner adalah membantu mempersiapkan kulit sebelum penggunaan produk skin care

3. Essence

Sebenarnya produk ini tidak terlalu banyak digunakan karena jarang diketahui manfaatnya. Essence biasanya hadir dalam bentuk produk liquid dari bahan dasar air dan konsentrasi bahan aktif tinggi sehingga mampu menutrisi kulit.

Produk Essence seringkali mengandung zat gliserin, asam hialuronat, dan vitamin C yang berperan sebagai anti aging. Jika dilihat dari cara penggunaan essence dapat dikatakan mudah karena tinggal tuang beberapa tetes ke telapak tangan, lalu oles merata di wajah sambil menepuk secara perlahan.

4. Serum

Foto: Ladiestory.id

Kebanyakan orang yang tidak menggunakan essence ketika sudah memakai toner, mereka mengaplikasikan serum, Bentuk dari serum adalah cairan dengan tekstur ringan yang mengandung zat aktif sehingga lebih cepat diserap kulit.

Kita bisa mengoleskan serum secara merata sehingga mampu menutrisi kulit. Sama halnya dengan essence, mengaplikasikan serum sangat mudah.

Kita hanya perlu menuangkan serum secukupnya pada telapak tangan, kemudian oleskan merata pada wajah dan leher. Setelah itu, tepuk lembut area yang diolesi serum supaya meresap sempurna. Ingatlah untuk menggunakan serum saat kulit sudah dibersihkan.

5. Pelembap atau Moisturizer

Foto: Ladiestory.id

Sesuai dengan namanya, moisturizer hadir untuk melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Ketika kulit wajah kering, normal, atau kombinasi, maka lebih baik memilih pelembap dengan tekstur krim.

Tapi khusus kulit berminyak, pilihlah pelembap dengan tekstur gel atau cair. Sedangkan untuk pemakaiannya, kita bisa ambil moisturizer seukuran kacang polong pada telapak tangan. Kemudian, oleskan di area pipi lalu ke atas hingga dahi.

Catat baik-baik basic skincare ini supaya kulit lembap dan sehat maksimal. Semoga bermanfaat.