Beda Konser, Fanmeeting, Showcase Dan Fansign! Kpop Fans Harus Tahu

Wednesday, 14 Jul | 13:16:30

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Beda Konser, Fanmeeting, Showcase Dan Fansign! Kpop Fans Harus Tahu

Foto: Ladiestory.id

Bagi para Kpop Stan pasti sudah tidak asing lagi dong dengan nama acara-acara besar seperti konser, fanmeeting, showcase dan fansign.

Secara keempat acara tersebut dapat memberi kesempatan Anda untuk bertemu idol secara langsung dalam jarak yang lebih dekat. 

Namun meski terdengar familiar ada juga kok beberapa orang yang belum terlalu paham perbedaan konser, fanmeeting, showcase dan fansign. Untuk itu Ladiestory.id akan menjelaskan perbedaan dari keempat istilah tersebut. Check this out! 

Konser Kpop 

Foto: Instagram/withikonic
Foto: Instagram/withikonic

Konser Kpop adalah acara music yang digelar oleh idol Korea Selatan baik girl group ataupun boy group. Untuk durasi konser ini sendiri berkisar antara 2 hingga 4 jam tergantung kebijakan dari agensi masing-masing. 

Dalam sebuah konser Kpop biasanya terdapat istilah-istilah unik seperti send off, fan project, soundcheck, hingga fast track. Istilah ini nantinya akan menjelaskan feedback atau keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika membeli salah satu diantaranya. 

1. Send Off

Send Off adalah jenis tiket yang terbilang unik dan tidak semua promotor menyediakannya. Orang yang memegang tiket ini biasanya akan diberi kesempatan untuk menyambut idol mereka saat memasuki mobil atau beranjak pergi ke bandara maupun hotel. 

Harga untuk tiket send off ini biasanya berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta namun dengan kapasitas terbatas. selain itu, mereka yang memegang tiket konser ini juga akan mendapatkan fasilitas tiket konser kategori Diamond serta berkesempatan untuk mengatur idol selesai konser. 

2. Soundcheck

Jika send off berkesempatan untuk mengantarkan idol selesai konser, maka soundcheck memberi kesempatan Anda untuk melihat idol saat sesi latihan sebelum konser. Sama seperti send off tiket ini dijual secara terbatas dan tidak semua promotor menyediakannya. 

3. Fast Track

Sesuai dengan namanya, keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah bisa masuk ke area konser lebih cepat dari penonton lain. Keuntungan ini akan diberikan kepada para pemegang tiket dengan kategori tertentu dan telah ditetapkan oleh pihak promotor. 

3. Hi-Touch

Hi-Touch adalah salah satu istilah dimana fans akan diberi kesempatan untuk melakukan "tos" dengan idolanya. Dalam sesi Hi-Touch ini fans akan secara bergantian bertatapan muka dengan idola mereka lalu melakukan “tos”. 

4. Fan Project

Terakhir ada fan project yang biasa dilakukan oleh para fans ketika menonton sebuah konser. Selain sekedar menonton konser, biasanya mereka juga mengadakan project khusu untuk menghargai, menyambut kedatangan dan memberi semangat kepada isola mereka. 

Salah satu fan project yang pernah dilakukan oleh fans Kpop adalah ketika iKON menggelar konser iKON 2018 Continue Tour di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (8/11). Untuk menyambut idola mereka para fans melakukan fans project seperti mengangkat hand banner, menyanyikan lagu Airplane sebelum sesi encore hingga menyalakan lightstick yang memenuhi seiri tribun. 

Fan Meeting

Foto: id.pinterest.com/11
Foto: Pinterest/11

Fanmeeting diartikan sebagai jumpa fans dengan idola dengan durasi yang jauh lebih singkat ketimbang konser. Jika konser dapat memakan waktu hingga 3 jam, maka untuk fanmeeting ini hanya  butuh waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam saja. 

Untuk harga tiket yang dijual saat fanmeeting ini juga terbilang jauh lebih murah daripada konser. Atau jikaa disamakan setara dengan harga tiket konser kategori tengah. 

Saat fanmeeting idol biasanya masih akan tetap membawakan beberapa lagu namun tidak sebanyak saat konser. Mereka akan lebih banyak mengobrol dan berinteraksi dengan fans seperti melakukan sesi wawancara hingga bermain games. 

Showcase 

Foto: Instagram/withikonic
Foto: Instagram/withikonic

Showcase adalah sebuah acara yang bertujuan untuk promosi ketika idol melakukan comeback atau debut. Showcase juga bisa dikatakan sebagai mini concert dan juga dihadiri oleh beberapa fans. 

Meski dihadiri oleh beberapa fans, namun kapasitas yang disediakan oleh pihak penyelenggara terbilang terbatas. Biasanya tiket untuk showcase ini dapat dibeli pada agensi, namun ada juga fans yang beruntung dengan menghadiri showcase lewat jalur undangan. 

Showcase sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu showcase for the press and media only serta showcase for the fans. Dimana biasanya sesi interaksi dan mengobrol dengan idola jauh lebih intens. Sehingga diharapkan fans lain tahu seputar konsep dan genre musik yang akan dibawakan oleh grup tersebut. 

Showcase biasanya memiliki durasi 1 hingga 3 jam atau sesuai dengan keputusan agensi. Untuk menghargai para fans yang tidak bisa datang, pihak agensi biasanya akan melakukan live streaming online

Fansign 

Foto: id.pinterest.com/tekno
Foto: id.pinterest.com/tekno

Terakhir ada fansign yang merupakan acara tanda tangan album yang dilakukan oleh tiap anggota grup untuk para fans mereka. Biasanya hanya fans beruntung yang bisa melakukan acara fansign ini. 

Berbeda dengan acara lainnya, fansign di Korea Selatan ini mengharuskan para fans untuk membeli ratusan album demi mendapatkan satu tiket masuk fansign. 

Keuntungan dari mengikuti fansign ini adalah fans dapat berinteraksi lebih dekat idola mereka. Fans juga bisa saling mengajukan pertanyaan, saling menatap hingga saling berjabat tangan. 

Tak hanya interaksi yang lebih intens, saat acara fansign fans juga berkesempatan mendapatkan semacam hadiah. Jenis hadiah ini biasanya berupa makanan, minuman, mainan, hiasan kepala hingga barang-barang kesukaan idolanya. 

Dalam acara fansign ini idol tidak diperkenankan untuk membawakan lagu apapun. Untuk durasinya berlangsung 1 hingga 2 jam tergantung jumlah member dan kerap diadakan di sebuah mall atau closed hall.