Begini Arti Masya Allah Menurut Al-Qur’an

Friday, 18 Jun | 17:44:08

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Begini Arti Masya Allah Menurut Al-Qur’an

Foto: Ladiestory.id

Arti Masya Allah adalah kalimat yang membuat hati seseorang yang mengucapkannya menjadi lebih tenang dan selalu bersyukur. Selain itu, membuat kehidupan seorang Muslim lebih menakjubkan. Kata ini seringkali diucapin di dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu, pengucapan kalimat ini untuk menikmati berbagai macam ciptaan Allah yang sangat indah dan bersyukur dengan nikmat yang Dia berikan.

Lalu apa saja pengertian dari Masya Allah ini? Apa manfaat yang bisa kita dapatkan setelah mengucapkannya. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Arti Masya Allah Menurut Al-Qur’an dan Manfaatnya

Di Al Qur’an, pengertian Masya Allah terkandung dalam Surat Al Kahfi ayat 39. Kalimat Masya Allah ini mempunyai 2 kata sebagai predikat atau kata benda. Masya Allah sebagai predikat berarti “Inilah yang dikehendaki Allah”, sementara untuk kata bendanya berarti “Apa yang dikehendaki Allah, maka itulah yang terjadi”.

Dengan demikian, kedua arti tersebut tetap memiliki tujuan untuk memuji kebesaran Allah. Membangkitkan rasa takjub kita terhadap segala ciptaan dan ketetapan Allah SWT.

Dalil pengucapan Masya Allah

وَلَوْلَآ إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا

Walau l? i? dakhalta jannataka qulta m? sy?`all?hu l? quwwata ill? bill?h, in tarani ana aqalla mingka m?law wa walad?

Terjemahan:

Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu "maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah” (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan. (Q.S Al-Kahfi:39).

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah

وَلَوْلَآ إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ اللهُ

Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah”.

Maknanya, mengapa ketika kamu memasuki kebunmu tidak mengucapkan “MasyaAllah”. Hal ini adalah sebuah dorongan agar umat Muslim mengakui bahwa kebun yang ia miliki beserta segala isinya adalah kehendak Allah. Artinya, Allah bisa saja berkehendak untuk menjaganya atau menghancurkannya.

لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah

Artinya, seorang Muslim harus mengakui kelemahan yang dimilikinya. Apa yang dia lakukan dalam merawat kebunnya sejatinya karena pertolongan dari Allah, bukan berkat kemampuan yang dimilikinya.

Respon Muslim mendengar Masya Allah

Ketika seorang Muslim berkata Masya Allah, maka Muslim lainnya harus memberikan respon yang baik, yaitu

Wafiika barakallah

Artinya: Semoga Allah memberkatimu juga.

Kedua istilah tersebut adalah pujian kita kepada Allah SWT. Dengan begitu, membuktikan bahwa tanpa berkah dan karunia dari Allah SWT, manusia bukan makhluk sempurna

Manfaat mengucapkan Masya Allah

Makna dari kalimat Masya Allah ini sangatlah dalam. Apabila kita mengucapkannya untuk orang lain, maka keduanya akan mendapatkan kebaikan. Sedangkan diucapkan untuk diri sendiri, manfaatnya akan kita rasakan sendiri. Itulah beberapa manfaat mengucapkan Masya Allah.

Dengan menyebut Masya Allah, tentunya akan menjauhkan kita dari sifat iri dan dengki atas apa yang orang lain dapatkan di dunia. Pemberian tersebut bisa berupa kekayaan yang besar, keturunan, maupun sifat budi pekerti.

Pada dasarnya sifat dengki adalah sifat yang paling tidak disukai Allah SWT. Oleh sebab itu, jika kita berkata dan berusaha memahaminya, maka hidup manusia akan lebih tenang. Sebab, Allah bisa saja memberikan rezeki yang melimpah, tetapi sewaktu-waktu bisa saja rezeki itu diambil kembali oleh Allah SWT.

Demikianlah arti Masya Allah yang sering kita ucapkan. Teruslah mengucap kalimat tersebut dalam memuji kebesaran Allah SWT, agar senantiasa terhindar sifat-sifat tercela.

Berita Terkait