Begini Caranya Menulis Lampiran Surat Lamaran Kerja

Senin, 20 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Begini Caranya Menulis Lampiran Surat Lamaran Kerja

Illustrasi menulis surat lamaran pekerjaan. (Special)

Ladiestory.id - Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang diajukan oleh seseorang untuk mendapatkan pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan.

Penulisan surat lamaran kerja berbeda dengan penulisan surat-surat bisnis lainnya. Surat lamaran kerja berisikan keinginan pelamar untuk bekerja pada suatu badan usaha atau perusahaan.

Ketika membuat surat lamaran pekerjaan, pasti kebanyakan orang akan menyertakan lampiran. Lampiran surat lamaran kerja pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah yang memuat keterangan beberapa surat pendukung, seperti ijazah terakhir, surat keterangan berkelakukan baik, daftar riwayat hidup, foto diri, dan lain-lain.

Illustrasi menulis lamppiran surat lamaran pekerjaan. (Special)

 

Pada umumnya, perusahaan yang membuka lowongan kerja mengharuskan pelamar melampirkan beberapa surat pendukung sebagai persyaratan untuk melamar. Semua syarat yang diminta itu harus dipenuhi oleh pelamar.

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Sebagian orang yang sedang mencari pekerjaan, mungkin masih bingung bagaimana penulisan lampiran yang benar dalam pembuatan surat lamaran kerja. Lalu, bagaimana menulis lampiran yang benar pada surat lamaran pekerjaan? Berikut penjelasannya.

Apa Saja Lampiran Surat Lamaran Kerja?

Illustrasi menulis lamppiran surat lamaran pekerjaan. (Special)

 

Nah berkas surat lamaran apa saja yang harus diserahkan pada saat mengirim surat lamaran? Berikut daftarnya:

1. Surat Lamaran Pekerjaan

Berisikan surat permohonan melamar kerja, anda bisa melihatnya contohnya surat lamaran diartikel: Contoh surat lamaran Terbaru". Anda tinggal edit sesuai dengan kebutuhan.

2. CV

Berisikan daftar riwayat hidup anda mulai dari nama sesuai KTP kemudian riwayat pendidikan, rimayat pekerjaan dan keahlian yang dimiliki. Anda bisa melihat Contoh CV Terbaru.

3. Foto Copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)

4. Foto Copy Ijazah Terakhir berserta dengan transkip nilai.

5. Sertifikat keahlian, seminar dan lain sebagainya.

6. Foto terbaru ukuran 4x6 atau 3x4.

Sebenarnya sudah cukup 6 poin diatas, Kamu tidak perlu memasukan beberapa berkas lainnya seperti SKCK, Akte Lahir, atau lain sebagainya. Tapi kalau perusahaan yang dituju termasuk perusahaan besar atau perusahaan BUMN biasanya diminta melampirkan SKCK.

Surat tersebut kemudian disusun dengan urutan foto terbaru dibagian atas, disusul oleh Foto Copy KTP, kemudian surat lamaran pekerjaan anda dan dibelakangnya CV. Paling belakang adalah Ijazah dan Tramskip Nilai berserta berkas lampiran lainnya.

Bagaimana Menulis Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar?

Cara penulisan lampiran yang benar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut.

1. Kata "lampiran" tidak disingkat, seperti "lamp".

2. Angka dalam lampiran ditulis dengan huruf.

3. Keterangan "lampiran" ditulis di bagian pembuka setelah tanggal, tepat di bawah perihal, dan sebelum peruntukan.

Penulisan jumlah lampiran surat lamaran pekerjaan menggunakan huruf. Seperti contoh tiga lembar, delapan lembar, atau jumlah lainnya.

Contoh menulis lamppiran surat lamaran pekerjaan. (Special)

 

Lampiran surat lamaran pekerjaan ini penting. Pasalnya, meskipun surat lamaran pekerjaan dan isi berkas disatukan dalam map tertutup, bisa saja berkas tersebut terpisah atau tercecer setelah dibuka. Jika adanya lampiran, penerima surat lamaran pekerjaan mengetahui bagian yang seharusnya ada bersama surat lamaran yang diterimanya.

Selain keterangan lampiran pada bagian atas, di bagian bawah ada bagian "menyatakan lampiran". Dalam lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran, tentang syarat yang telah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerja, maka pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta tersebut.

Sudah tahu kan bagaimana menulis lampiran surat lamaran pekerjaan yang benar? Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik. Agar dapat diterima di perusahaan yang diinginkan. Semoga berhasil!