Belajar Parenting? Follow 5 Dokter Anak yang Aktif di Instagram

Rabu, 2 November 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Belajar Parenting? Follow 5 Dokter Anak Yang Aktif Di Instagram

Arifianto. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai orang tua tentu harus banyak belajar tentang kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Ada banyak cara yang bisa digunakan oleh para orang tua untuk belajar tentang hal tersebut. Bisa melalui buku parenting, mengikuti seminar, maupun belajar dari media sosial.

Di media sosial, khususnya Instagram, kini telah banyak influencer yang gencar mengedukasi masalah kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Ternyata, sebagian dari influencer tersebut adalah seorang dokter anak, lho.

Para influencer tersebut membahas seputar masalah pada anak secara lengkap dan juga berdasarkan pembuktian ilmiah. Ladiestory.id telah merangkum lima dokter anak yang aktif di Instagram.

Meta Hanindita

Meta Hanindita. (Special)

dr. Meta Hanindita merupakan seorang dokter anak dan juga konsultasi nutrisi dan penyakit metabolik anak. Ia kerap memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

Melalui akun Instagram pribadinya @metahanindita, ia kerap membagikan informasi terkait cara pemberian MPASI yang benar, bahaya stunting, dan juga resep MPASI yang disukai oleh anak-anak.

dr. Meta Hanindita juga menyertakan dasar ilmiah seperti jurnal maupun hasil penelitian untuk menyertai penjelasannya. Selain aktif di Instagram, dr. Meta Hanindita juga aktif menulis buku. Ia telah berhasil menerbitkan seri buku "Mommyclopedia" dan berhasil menjadi best seller.

I Gusti Ayu Nyoman Partiwi

I Gusti Ayu Nyoman Partiwi. (Special)

Pemilik akun Instagram @drtiwi ini merupakan seorang dokter anak di Jakarta. Dokter yang kerap disapa dr. Tiwi ini bahkan kerap menjadi langganan para artis, seperti Nagita Slavina, Zaskia Sungkar, dan juga Fairuz A Rafiq. dr. Tiwi dikenal ramah dan juga sangat mendukung pemberian ASI pada bayi.

Melalui akun Instagramnya, dr. Tiwi tak pernah bosan memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Setelah bayi lahir, dr. Tiwi menyarankan untuk melakukan IMD atau Inisiasi Menyusui Dini dan diberikan kolostrum ASI untuk meningkatkan imunitas bayi.

Miza Afrizal

Miza Afrizal. (Special)

dr. Miza Afrizal merupakan dokter anak yang cukup populer. Dokter asal Jakarta ini kerap memberikan edukasi tentang kesehatan anak dengan gaya yang santai dan "ceplas ceplos".

Ia juga cukup aktif di Instagram pribadinya @mizaafrizal dan memberikan edukasi seputar masalah kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Selain aktif memberikan edukasi melalui akun Instagram, dr. Miza Afrizal juga kerap menjadi narasumber di beberapa webinar maupun seminar tentang kesehatan anak.

Citra Amelinda

Citra Amelinda. (Special)

Dokter anak selanjutnya yang aktif di Instagram adalah dr. Citra Amelinda. Ia merupakan seorang dokter anak yang tidak pelit membagikan ilmunya. dr. Citra Amelinda kerap membuka sesi Q&A yang banyak dimanfaatkan oleh warganet untuk bertanya seputar masalah kesehatan anak.

Selain sebagai dokter spesialis anak, dr. Citra Amelinda juga merupakan seorang konselor menyusui. Sehingga, tak mengherankan jika dalam akun Instagram pribadinya @citra_amelinda, ia banyak membahas tentang menyusui dan juga pentingnya pemberian ASI pada bayi.

Arifianto

Arifianto. (Special)

dr. Arifianto atau akrab disapa Dokter Apin ini juga merupakan dokter anak yang populer dan aktif di Instagram. Melalui akun Instagram pribadinya @dokterapin, ia kerap memberikan edukasi seputar kesehatan anak. Dokter anak yang juga konsultan neurologi anak ini juga termasuk yang jarang memberikan resep obat pada anak.

Dokter Apin selalu menekankan jika anak mengalami demam sebaiknya tak perlu buru-buru diberikan obat, melainkan orang tua harus sabar dan menggendong anak. Karena menurut Dokter Apin, demam merupakan cara tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.