Belajar Sabar dengan Cara yang Sederhana

Senin, 26 Juli 2021 | 11:22:04

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Belajar Sabar Dengan Cara Yang Sederhana

Foto: Ladiestory.id

Bagaimana pendapat Anda perihal kesabaran? Kesabaran memiliki kata dasar yang merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh.  

Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Dengan sebuah kesabaran akan ada banyak manfaat yang didapatkan. Misalnya seperti hati jadi lebih tenteram, tidak dipenuhi emosi,tidak membuang tenaga dan masih banyak lainnya.

Bahkan menurut psikolog, kesabaran akan berdampak bagi kesehatan seperti tubuh selalu sehat dan tidak cepat keriput.

Banyak orang yang beranggapan sabar merupakan hal yang sulit dilakukan dan ada batasnya. Sebab sabar tidak selalu berbicara mengenai ‘menunggu sebuah antrian’. Namun belajar sabar juga bukan hal yang tidak bisa dicapai.

5 Cara Sederhana Belajar Sabar

  1. Niat

Foto: Ladiestory.id

Jika melakukan sesuatu dengan didasari niat atau bersungguh-sungguh, maka tujuan tersebut akan dicapai. Sebab jika sudah ada niat, maka segala rintangan dan tantangan akan dapat dilakui. Begitu pula dengan belajar sabar, sebab kesabaran bukanlah suatu hal yang mudah.

Dasari belajar sabar dengan sebuat keniatan, sehingga jika ada ditengah-tengah proses belajar ada godaan kita dapat melewatinya. Yakin kepada diri sendiri bahwa mampu menjadi orang sabar.

Terlebih jika niat kita sudah kuat dan murni karena Tuhan, maka segalanya bisa dijanlankan dengan mudah.

  1. Rileksasi

Foto: Ladiestory.id

Tidak sabar bisa disebabkan oleh banyak orang, salah satunya menghadapi berbagai karakter orang. Selain itu, tidak sabar bisa timbul dikarenakan pikiran terlalu stres. Sehingga tidak jarang membuat emosi meluap-luap dan tidak terkontrol.

Untuk meminimalisir emosi dan menjadi sabar, salah satunya cara dengan mencoba rileksasi pikiran. Cara paling sederhana dengan menarik napas dalam-dalamm dan buang secara perlahan.

Lakukan rangkaian ini selama tiga hingga empat detik dan buat jeda sebelum mengambil napas berikutnya.

Selain itu, sesibuk apa pun harus meluangkan waktu untuk berolahraga, piknik, dan tentunya istirahat yang cukup.

  1. Mengontrol Emosi

Foto: Ladiestory.id

Belajar sabar tentu harus belajar juga mengontrol emosi. Ketika kita hendak emosi, cobalah  mengambil nafas dalam-dalam, kemudian tenangkan diri dan perbanyak membaca istighfar.

Selain itu, kita juga perlu menanamkan asa empati di dalam hati untuk menghindari emosi. Hal ini bisa dilakukan dengan memandang peristiwa yang terjadi dari sudut pandang berbeda.

Tak hanya itu, kita bisa mencoba mengganti kata “tidak” dengan “belum”. Memang terkesan sederhana, namun dengan mengganti kata tersebut dapat mengubah cara pandang kita saat menghadapi sesuatu dan membuat kita menjadi lebih sabar.

Hal ini menjadi sugesti yang positif untuk diri sendiri. Memikirkan bahwa saat ini “belum” berhasil, bukan “tidak” berhasil.  

  1. Bersyukur

Foto: Ladiestory.id

Bersyukur memang kata yang sering kita dengarkan. Namun salah satu belajar bersabar adalah dengan bersyukur, sehingga kita akan mampu melihat berbagai perspektif atas suatu kejadian atau peristiwa dalam hidup. Bersyukur akan membantumu melihat hikmah dari segala persitwa dalam hidup.

Melatih rasa syukur bukanlah hal yang sulit, coba lakukan secara rutin dimulai dengan selalu bersyukur saat bangun tidur di pagi hari. Bersyukur masih diberi kesempatan untuk hidup.

Selain itu juga bersyukur ketika orang lain memberikan sesuatu dan kita juga harus belajar ikhlas untuk memberikan sesuatu kepada orang lain.

  1. Berteman dengan Orang-orang Sabar

Foto: Ladiestory.id

Lingkungan akan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Hal ini juga berpengaruh ketika kita berada di lingkungan orang-orang yang sabar. Dengan begitu kita dapat belajar dari mereka menjadi orang yang sabar.

Sebab, secara tidak langsung kita akan melihat bagaimana mereka menghadapi permasalahan yang kiranya menguras emosi. Lalu kita dapat mempraktikan langsung apa yang kita pelajari.

Selain itu, berkumpul dengan orang-orang sabar tentunya akan membuat kita ikut terbawa dan ikut berperilaku positif. Kita juga akan mendapat banyak perspektif dan ilmu baru tentang berlaku sabar yang akan membuat kita menjadi lebih bijaksana.

Inilah 5 cara sederhana belajar sabar yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik.