Ben Kasyafani Disomasi Atas Dugaan Keterlibatan Ajaran Sesat

Jumat, 20 Oktober 2023 | 13:21:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Ben Kasyafani Disomasi Atas Dugaan Keterlibatan Ajaran Sesat

Ben Kasyafani. (Instagram/benkasyafani)

Ladiestory.id - Pesinetron Ben Kasyafani diberikan somasi oleh Elyanna dan Imam Nasai. Tak hanya sendiri, musisi senior, Ida Royani juga turut mendapatkan somasi.

Somasi tersebut diterima Ben Kasyafani dan Ida Royani atas dugaan keterlibatannya dalam sebuah ajaran sesat. 

"Pesan terbuka kepada dua publik figur yaitu Ida Royani dan Ben Kasyafani. Dalam hal ini patut diduga keterkaitannya dengan suatu ajaran yang diduga menyimpang," kata Ichwan Toni kuasa hukum Elyanna dan Imam dalam tayangan YouTube Seleb On Cam, dikutip Jumat (20/10/2023).

Elyanna dan Imam Nasai diketahui juga pernah terlibat dalam ajaran sesat tersebut. Ben Kasyafani dan Ida Royani lantas dituding sengaja membanggakan diri karena saling bertemu dengan ajaran menyimpang tersebut.

"Berdasarkan data dan saksi yang mantan ajaran semuanya bahwa aliran tersebut telah keluar dari akidah Islam pada umumnya," kata Ichwan Toni.

Ajaran yang diikuti oleh Ben Kasyafani dan Ida Royani dituding ajaran sesat karena menjalankan akidah Tafkiri. Akidah ini disebut mengkafirkan orang-orang Muslim yang bukan kelompoknya.

Melansir berbagai sumber, diketahui salah satu contoh dari hal yang dianggap tidak baik dari akidah Takfiri adalah para pengikutnya disebut enggan untuk salat berimam dan makmum di luar kelompok mereka.

Bahkan, kaum pengikut akidah Takfiri juga disebut hanya mau menerima ilmu dari ulama yang berasal dari lingkaran mereka saja.

"Yang tidak berbaiat pada amir atau imannya. Dengan tafsiran ini benih dari radikalisme. Jadi paham radikalisme yang hal tersebut tidak sesuai pancasila dan undang-undang dasar," kata Ichwan Toni.

"Somasi terbuka ini kami tujukan sebagai itikad edukasi dan tanggung jawab moral kita, Ini merupakan tanggung jawab kami kepada masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari jebakan terhadap ajaran menyimpang ini," pungkasnya.