Jantung Berdebar saat Bertemu Lawan Jenis, Jodoh?

Selasa, 28 Desember 2021 | 17:35:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jantung Berdebar Saat Bertemu Lawan Jenis, Jodoh?

Ilustrasi perempuan dan laki-laki sedang PDKT. (Special)

Ladiestory.id - Jatuh cinta menjadi salah satu hal yang dirasakan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Selain itu perasaan ini memang terjadi ketika sudah masuk pada remaja dimana hormon ketertarikan muncul di antara mereka.

Beberapa orang merasa jika cinta adalah perasaan yang sulit ditebak namun mudah untuk dirasakan. Saat bicara tentang cinta maka akan berkaitan dengan perasaan yang membuat jantung berdebar kencang, perasaan sulit berkata-kata bahkan tidak sedikit yang merasa salah tingkah. Walaupun tidak semua mengalaminya, tapi kebanyakan orang merasa hal itu ketika bertemu atau bertatapan langsung dengan orang yang disukai.

Dampak gairah fisiologis ketika jatuh cinta

Ilustrasi pasangan. (Spesial)

Ketika kita melihat orang yang disuka secara langsung, tubuh mengalami gairah fisiologis yang dimulai dengan detak jantung yang berdebar cepat dan tubuh berkeringat. Hal ini disebabkan oleh hormon adrenalin di dalam tubuh bereaksi. Ketika bertemu dengan orang yang disuka, maka secara langsung, otak dan tubuh akan melepaskan beberapa hormon di antaranya dopamin, adrenalin, serotonin, estrogen juga testosteron.

Gabungan dari semua hormon ini yang memacu jantung berdetak kencang saat bertemu dengan orang yang disuka. Bukan hanya itu, ketika bertemu dengan si di namun tidak mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal pada tubuh, maka  beberapa hormon di tubuh mengalir melalui darah sehingga jantung berdebar lebih cepat serta kuat. Bahkan kemungkinan ketika bertemu dengan dia, tubuh terasa lemas, seolah-olah pikiran berhenti dan kehilangan rasa percaya diri.

Apakah Jantung Berdebar Berbahaya?

Sebuah pertanyaan yang mungkin sering kita pertimbangkan adalah mengenai jantung berdebar sebagai tanda jodoh. Faktanya, memang sebagian orang, detak jantung yang berdebar adalah indikasi bahwa orang sedang jatuh cinta.

Namun untuk beberapa orang lain, perasaan ini hanya sebatas perasaan kagum atau suka sehingga kita tak perlu khawatir ketika jantung berdebar saat bertemu dengan orang yang disuka dikarenakan ini adalah perasaan normal. Masalah ini berbahaya atau tidak tergantung pada pribadi masing-masing.

Mungkin bagi penderita gangguan jantung, kemungkinan besar hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Tapi, bagi seseorang yang tak bermasalah dengan kesehatan jantungnya, hal ini akan baik-baik saja selama debaran jantung tersebut masih pada batas normal. Namun, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita jatuh cinta, efek terbesar dari kesukaan yang terlalu besar bisa memicu stres, perasaan cemas, takut dan tak rela untuk kehilangan.  

Maka ini menjadi sesuatu hal yang wajar jika jantung berdebar kencang saat bertemu dengan orang yang disuka. Namun terlepas dari jodoh atau bukan, hanya Kamu yang bisa memahami perasaan cinta itu. Karena ini adalah faktor biologis yang hampir dialami semua orang sehingga belum ada bukti nyata jika itu adalah sebuah kebenaran.