Lembap dan Penuh Bakteri, 8 Benda Tidak Boleh Disimpan dalam Kamar Mandi

Selasa, 8 Maret 2022 | 22:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Lembap Dan Penuh Bakteri, 8 Benda Tidak Boleh Disimpan Dalam Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi. (Special)

Ladiestory.id - Kamu memerlukan kamar mandi untuk membersihkan badan. Memakai sabun, menggunakan sampo, dan menggosok gigi, merupakan kegiatan yang terus menerus Kamu lakukan saat sedang membersihkan badan.

Tapi, meskipun Kamu membersihkan badan di kamar mandi, ini merupakan tempat yang penuh dengan bakteri. Suhu lembap yang ada di dalam kamar mandi dapat memicu hadirnya berbagai kuman.

Sejumlah benda semestinya tidak disimpan di dalam kamar mandi, sebab dapat rusak atau bahkan terpapar bakteri. Kira-kira apa saja ya benda-benda tersebut?

Obat-obatan

Ilustrasi obat. (Special)

Seperti yang Kamu tonton dalam film maupun iklan, ada orang yang menyimpan obatnya di dalam kabinet di kamar mandi. Namun, menyimpan obat atau vitamin sebaiknya jangan diletakkan dalam kamar mandi, karena kamar mandi adalah tempat yang lembap.

Obat atau vitamin apapun disarankan untuk ditaruh pada tempat yang suhunya antara 20 sampai 25 derajat Celsius. Obat akan lebih cepat rusak dari tanggal kadaluwarsanya jika disimpan di tempat yang lembap.

Handuk

Ilustrasi handuk. (Special)

Karena digunakan untuk mengeringkan tubuh usai mandi, permukaan handuk menjadi lembap. Oleh sebab itu, jangan menambahi tingkat kelembapannya dengan meletakkan di kamar mandi.

Tempat yang lembap akan dipenuhi jamur dan bakteri. Jadi jangan gantung handukmu di pintu kamar mandi. Untuk membunuh kuman, Kamu dapat menjemurnya di bawah sinar matahari agar kering. Jangan lupa untuk mencuci handuk seminggu sekali.

Perhiasan

Ilustrasi perhiasan. (Special)

Terdapat alasan mengapa tempat khusus di ruangan kering biasanya dijadikan tempat untuk menyimpan perhiasan yang terbuat dari emas, perak, tembaga, atau logam. Perhiasan, khususnya yang dibuat dari perak, akan lebih cepat kotor akibat lembap jika dibiarkan terlalu lama tergeletak di dalam kamar mandi.

Sikat Gigi

Ilustrasi sikat gigi. (Special)

Menyimpan sikat gigi di kamar mandi mungkin adalah kebiasaan yang hampir dilakukan oleh semua orang. Sikat gigi dapat terpapar bakteri dan kuman jika diletakkan di kamar mandi.

Menurut riset yang dilakukan Manchester University, menjelaskan, jika sikat gigi berpotensi menyimpan lebih dari 10 juta bakteri. Bahkan sejumlah bakteri berasal dari feses yang tersebar saat flush toilet dinyalakan.

Untuk menjauhkan sikat gigi dari kuman, cuci bersih sikat gigi setiap kali habis digunakan lalu keringkan. Namun jika bisa, simpanlah sikat gigi di luar kamar mandi agar terjauh dari tempat yang lembap.

Kosmetik

Ilustrasi kometik. (Special)

Panas dan lembap akan menyerang kosmetik Kamu, seperti bedak dan lipstik,  jika kamu menyimpannya di kamar mandi. Permukaan kosmetik juga akan dengan mudah ditempati oleh bakteri. Lebih baik simpan kosmetik Kamu di tempat rias.

Wewangian

Ilustrasi parfum. (Special)

Biasanya orang yang ingin merasa tubuhnya wangi setelah keluar dari kamar mandi akan menyimpan parfum dan sejenisnya di dalam kamar mandi. Namun aroma dalam parfum dapat menjadi asam karena rusaknya molekul akibat naik turunnya suhu di kamar mandi. 

Cat Kuku

Ilustrasi cat kuku. (Special)

Biasanya dua tahun menjadi rata-rata waktu kadaluwarsa cat kuku. Namun cat kuku akan lebih cepat rusak jika kamu menyimpannya di kamar mandi. Teksturnya akan menjadi terlalu pekat, menggumpal dan susah untuk ditempelkan ke kuku.

Pisau Cukur

Ilustrasi pisau cukur. (Special)

Silet pada pisau cukur akan mudah berkarat hingga tidak bisa digunakan jika Kamu menaruhnya di tempat yang lembap seperti kamar mandi. Segera keringkan pisau cukur setelah digunakan jika Kamu tetap ingin meletakkannya di kamar mandi.