Bentuk Ucapan Syukur, Yuk Baca Doa Bangun Tidur

Rabu, 15 Desember 2021 | 06:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bentuk Ucapan Syukur, Yuk Baca Doa Bangun Tidur

Ilustrasi bangun tidur. (Spesial)

Ladiestory.id - Tidur merupakan aktivitas rutin yang sudah menjadi kebutuhan setiap mahluk hidup bahkan sudah menjadi kebutuhan wajib untuk tubuh. Umat Islam sendiri sebenarnya dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa setiap melakukan sesuatu hal.

Tidak terkecuali bacaan doa sesudah tidur. Membaca doa sesudah tidur merupakan bentuk rasa syukur umat Islam kepada Allah SWT.

Selain itu, doa juga sebagai bentuk ibadah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Ghafir ayat 60 yang artinya, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Doa Sesudah Tidur dan Sebelum Tidur

Berdasarkan anjuran dari Rosulluloh SAW, sebagai umat muslim dianjurkan agar selalu berdoa dalam setiap memulai aktivitas. Terlebih doa sesudah tidur dan sebelum tidur. Selain memohon perlindungan dan keselamatan, juga agar aktivitas yang dilakukan diridhai Allah SWT.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ}.

“Doa itu senjata orang mukmin, tiang agama, serta cahaya langit-langit dan bumi,” sabda Rasulullah SAW sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh imam Abu Ya’la dan imam Al-Hakim dari sahabat Ali. R.A.

Dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur dan bangun tidur saat kita hendak melakukanya, memohon ridho Allah SWT yang telah memberikan nikmat atas hidup ini.

1. Doa Sebelum Tidur

Ilustrasi  tidur, doa sebelum tidur. (Spesial)

 

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati."

2. Doa Bangun Tidur

Ilustrasi bangun tidur, doa sesudah tidur. (Spesial)

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur."

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.

Adab Tidur yang Baik dalam Islam

Dalam ajaran Islam terdapat adab tidur yang baik yang perlu diketahui. Selain amalan dan doa sesudah tidur, ada beberapa adab tidur yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 4 adab tidur yang baik dalam Islam menurut Imam Al-Ghazali

Ilustrasi tidur. (Spesial)

 

1. Kita harus bersuci sebelum tidur yakni dengan berwudhu agar membersihkan badan dari kotoran atau hadast kecil. Selain itu, rupanya dengan berwudhu dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebab dapat mencegah seseorang merasa gatal-gatal hingga terhindar dari mimpi buruk.

2. Tidur dengan mengambil posisi miring ke kanan. Hal ini juga sesuai anjuran dokter, bahwa posisi tidur miring ke kanan dapat menjaga isi perut, melindungi jantung agar tidak tertindih dan bisa membuat otak kiri istirahat usai berpikir keras seharian. Namun, kalau seseorang punya penyakit asam lambung yang parah posisi miring ke kiri lebih dianjurkan.

3. Berdzikir kepada Allah SWT sebagai obat penenang hati. Umat Islam dapat membaca Ayat Kursi, Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq, Surah An-Nas serta Surah Al-Mulk.

4. Membaca doa sesudah tidur dan memuji Allah SWT. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat serta berkah yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk kembali bangun dari tidur.

Setelah kita tahu manfaat dari doa sesudah tidur, yuk membiasakan diri untuk melakukannya. Di awal memang akan terasa susah, namun perubahan sedikit demi sedikit akan membuahkan hasil. Semangat!