Berani Bertindak, 5 Cara Atasai Diskriminasi Gender di Tempat Kerja

Rabu, 16 Agustus 2023 | 20:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Berani Bertindak, 5 Cara Atasai Diskriminasi Gender Di Tempat Kerja

Ilustrasi Wanita Karir. (PayScale)

Ladiestory.id - Ladies, isu kesetaraan gender memang marak dialami oleh kaum hawa khususnya di tempat kerja. Isu diskriminasi di tempat kerja ini pun masih banyak bermunculan di masyarakat dan masih banyak ditemukan diantaranya masalah gaji, jenjang karir, promosi jabatan hingga pelecehan seksual.

Walaupun wanita memiliki peranan penting dalam dunia kerja khususnya suatu perusahaan, akan tetapi wanita masih saja dianggap remeh dan lemah jika dibandingkan dengan pria. 

Melihat kasus yang terjadi saat ini sudah saatnya para perempuan berani bersuara dan bertindak untuk mendapat kesejahteraan yang setara dan tidak mudah dianggap remeh.

Jika kamu salah satu diantara banyak rekan wanita yang mengalami diskriminasi gender di tempat kerja kamu pun bisa melakukan lima cara berikut ini, Ladies.

1. Buktikan Diri Lewat Prestasi

Ilustrasi Wanita Karir. (Entrepreneurmedia)

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuktikan skill yang kamu miliki dan buktikan pula dengan prestasi. Apabila kamu berada dalam suatu perusahaan maupun instansi yang didominasi oleh pria, maka tak ada salahnya jika kamu berani membuktikan diri dengan prestasi dan hasil pekerjaan yang kamu lakukan. 

Dengan pencapaian yang berhasil kamu dapatkan, hal ini pun bisa membuktikan bahwa kamu bisa menggeserkan dan mematahkan stigma diskriminasi gender di tempat kerjamu. Jangan takut bersaing dengan pria, karena saat ini pun banyak wanita yang mampu bekerja dan melakukan hal-hal yang bisa dilakukan oleh pria.

2. Buat Saran dan Masukan tentang Kesetaraan

Ilustrasi Wanita Karir. (Freepik)

Biasanya di tempat kerja atau perusahaan kerap memberikan para karyawannya coaching clinic, focus group discussion ataupun rapat antar anggota yang melibatkan seluruh para pekerjanya baik laki-laki maupun perempuan.

Nah, dikesempatan ini kamu pun bisa berani bersuara untuk memberikan saran dan masukkan tentang kesetaraan gender di tempat kerja. Kamu bisa memberi saran dan masukkan mengenai job desc antara laki-laki dan perempuan, hak-hak perempuan di tempat kerja maupun lainnya agar dapat membuat perusahaan lebih maju dan berkembang.

Hal ini pun bisa membuat berbagai sudut pandang, latar belakang, pengalaman hingga etnis bersatu dan tidak adanya diskriminasi.

3. Berikan Pemahaman tentang Diskriminasi dan Kesetaraan

Ilustrasi Wanita Karir. (Creative Market)

 

Tidak ada hal yang mustahil jika kamu berani untuk bertindak dan bersuara melakukan sesuatu yang menantang dirimu untuk berani mengubah suatu stigma yang terjadi di lingkup kerjamu.

Kamu bisa memberikan pemahaman tentang diskriminasi dan kesetaraan saat briefing dengan rekan kerja, memberi masukan dan saran saat doa pagi, membuat aturan tertulis maupun tidak tertulis dan memberikan arahan kepada rekan kerja baik atasan maupun bawahan.

Karena pada dasarnya saat diskriminasi gender itu muncul perlu adanya dorongan dan kepedulian untuk menciptakan situasi kerja yang aman dan nyaman, sehingga hal ini pun dapat memotivasi banyak rekan kerja wanita untuk berani bersuara hingga mampu meningkatkan performa kerjanya untuk tidak kalah saing dengan rekan kerja pria.

4. Ajukan Aturan tentang Diskriminasi Gender

Ilustrasi Wanita Karir. (Mindful)

 

Ladies, biasanya atasan sering kali menerima kritik dan saran dari para rekan kerjanya, bahkan banyak atasan yang memberi peluang kebijakan tentang aturan khusus yang berlaku bagi perusahaannya.

Tak hanya adanya nilai-nilai khusus dari perusahaan itu sendiri, namun kamu pun bisa mengajukan aturan kepada atasan tentang isu diskriminasi gender yang marak terjadi di tempat kerja. Isu pelecehan seksual, bullying, hingga hak-hak pekerja juga patut diperjuangkan. Jangan sampai isu gender ini tidak seimbang bahkan bisa menimbulkan rekan kerja yang mengkotak-kotakan hingga terpecah belah.

Maka dari itu perlu adanya aturan tegas untuk meminimalisir masalah ini, aturan ini pun tentunya bisa berperan besar untuk mengurangi kasus dan pola pikir karyawannya serta dapat memberikan efek jera bagi para pelakunya.

5. Berani Ungkapkan Diskriminasi Gender

Ilustrasi Wanita Karir. (The Muse)

Ladies, diskriminasi gender di tempat kerja tak hanya tentang kedudukan karir dan jabatan yang setara dengan kaum pria, ada pula tindak pelecehan seksual bahkan perundungan terhadap wanita di tempat kerja.

Apabila kamu mengalami diskriminasi gender di tempat kerjamu, maka kamu harus berani untuk bertindak dan mengatasinya agar tidak semakin banyak rekan kerja wanitamu yang menjadi korban berikutnya.

Jangan hanya mendiamkan masalah tersebut terlalu lama karena kamu bisa merasa tidak nyaman bahkan bisa mengalami depresi dan kesehatan mental yang berpengaruh pada kinerjamu. Segera kumpulkan bukti dan saksi agar masalahmu dapat cepat teratasi.