Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

Senin, 20 Juli 2020 | 16:18:20

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

Bagaimana agar anak tumbuh cerdas? Kecerdasan intelektual atau IQ meliputi banyak hal, antara lain kemampuan analisis, logika, memecahkan masalah, dan kemampuan bahasa. Untuk meningkatkan IQ, mereka perlu dilatih dalam kegiatan sehari-hari. Sambil bermain, bercerita, dan makan, kamu bisa melatih kecerdasan intelektual anak. Untuk menggali potensi dalam diri anak, orang tua perlu memperkenalkan anak pada kegiatan yang berkaitan dengan macam-macam bidang. Sebagai panduan, orang tua dapat mengacu pada teori kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh Ahli Psikologi Pendidikan Howard Gardner.?
?
Ia berpendapat, ada sembilan jenis kecerdasan majemuk yang perlu diekspos semaksimal mungkin pada anak seperti Musical rhythmic intelligence (kecerdasan musikal), Visual spatial (kecerdasan visual spasial), Verbal linguistic (kecerdasan bahasa) ,Logical mathematical (kecerdasan logika matematika) ,Bodily kinesthetic (kecerdasan kinestetik) , Interpersonal , Intrapersonal Naturalistic (kecerdasan naturalistik) dan Existential (kecerdasan eksistensial).?  

Berikut Penjelasan Tentang 9 Kecerdasaan Pada Anak:

Kecerdasan Musikal 

Menurut laman Very Well, kecerdasan musikal adalah kemampuan seseorang untuk mengekspresikan, memahami, dan menciptakan sesuatu melalui musik. Ini mungkin bisa ditunjukan dengan bernyanyi, bermain instruksi musik, menciptakan lagu, dan lainnya. Anak dengan kecerdasan musikal tidak akan memiliki kesulitan untuk memahami nada dan belajar musik. 

Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan spasial merupakan kemampuan seseorang untuk memvisualisasikan gambar di dalam bayangkan atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi dan juga bagaimana seseorang dapat menempatkan aspek keruangan secara tepat dalam berbagai pengambilan keputusannya, baik dalam bekerja mapun berekreasi.

Kecerdasan Bahasa

Kecerdasan Linguistik atau kecerdasan berbahasa adalah kemampuan seseorang untuk mengungkapkan pendapat atau pikirannya melalui bahasa verbal maupun non verbal secara jelas dan lugas dengan tatanan bahasa.

Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logis matematis adalah kemampuan dalam menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, mengolah alur pikiran yang panjang dan mencerna pola-pola logis atau numeris dengan benar.

Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan Kinestetik merupakan salah satu jenis kecerdasan majemuk. Kecerdasan ini merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu. 

Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk menilai dan memahami kebutuhan orang lain, dan bertindak sesuai cara mereka mengatur interaksi dengan seseorang.

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan yang membantu manusia pada jaman dulu untuk mengenali tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tidak. Kecerdasan ini juga membantu manusia untuk mengenali pola dan perubahan pada lingkungan mereka sehingga mereka bisa beradaptasi dan bertahan hidup.

Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan Eksistensial adalah kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan – persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia.

Perlu diingat pula bahwa merawat dan mendidik anak bukan hanya tanggung jawab ibu. Perhatian dan kasih sayang dari seorang ayah juga penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan anak. 

Sumber foto: Freepik.com