Berbahaya, 6 Destinasi Wisata yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Minggu, 26 Februari 2023 | 21:17:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Berbahaya, 6 Destinasi Wisata Yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Ilustrasi Mendaki Gunung saat Hujan. (Special)

Ladiestory.id - Menjelang akhir pekan biasanya banyak orang yang telah menyusun rencana untuk menikmati liburan seperti mengunjungi destinasi wisata. Namun, sayangnya di beberapa wilayah Indonesia saat ini sedang mengalami musim dingin atau musim hujan. Sehingga tidak semua destinasi wisata bisa dikunjungi dengan aman.

Bagi kamu yang ingin menikmati liburan akhir pekan saat musim hujan, sebaiknya menghindari wisata outdoor. Sebab, wisata outdoor bisa menjadi berbahaya serta menimbulkan masalah kesehatan dan keselamatan. Wisata apa saja yang mesti dihindari saat musim hujan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Gunung

Ilustrasi mendaki gunung. (Special)

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik perhatian dan banyak dikunjungi. Menawarkan pemandangan di atas awan saat berada di puncak menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Namun, hal tersebut tidak berlaku saat musim hujan. Sebaiknya keinginan liburan untuk mendaki gunung bisa kamu tunda terlebih dulu. Melakukan aktivitas mendaki gunung saat musim hujan sangat berbahaya. Jalur pendakian bisa menjadi lebih licin, sehingga menimbulkan risiko cedera dan tergelincir. Selain itu, bahaya lain yang mungkin saja terjadi adalah munculnya badai yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan, serta hipotermia karena kondisi suhu udara yang terlalu dingin.

Air Terjun

Ilustrasi Air Terjun. (Special)

Wisata outdoor yang berbahaya dan harus dihindari saat musim hujan selanjutnya adalah air terjun. Sama halnya dengan gunung, untuk menuju air terjun biasanya wisatawan harus melewati jalan yang berupa tanjakan dan turunan.

Akses jalan tersebut akan menjadi lebih licin saat musim hujan, sehingga dapat memicu terjadinya risiko terpeleset serta cedera. Bahaya lain yang mungkin saja timbul yaitu terjadi di lokasi air terjun antara lain tanah longsor, gempa, atau banjir dari bagian atas air terjun.

Bukit

Ilustrasi Wisata di Bukit. (Special)

Ingin menikmati keindahan pemandangan sore hari di atas bukit? Sayangnya kamu harus menunda keinginan tersebut selama musim hujan. Sebab, saat musim hujan pemandangan di bukit menjadi kurang menarik. Kamu tidak akan menjumpai sunset atau sunrise karena tertutup oleh awan hitam yang membawa hujan. Selain itu, akses menuju lokasi tersebut tentu akan menjadi lebih sulit.

Hutan 

Ilustrasi Wisata di Hutan. (Special)

Menikmati suasana di sekitar hutan pinus atau hutan cemara tentu akan terasa lebih segar dan sejuk. Tak hanya itu saja, banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di hutan misalnya berkemah dan bermain api unggun.

Namun, semua kegiatan tersebut tidak bisa kamu lakukan saat musim hujan. Mengunjungi hutan saat musim hujan cukup berbahaya, sebab munculnya petir bisa menyambar pepohonan yang ada di sekitar hutan,dan jalanan menjadi becek akibat banyaknya air. 

Berbeda halnya jika kamu mengunjungi hutan yang telah dilengkapi dengan adanya penginapan. Maka, kamu tetap bisa menikmati liburan dengan suasana dan udara di sekitar hutan meski dalam penginapan.

Pantai

Ilustrasi Liburan di Pantai. (Special)

Hampir semua orang menyukai suasana pantai dengan pemandangan ombak serta sunrise atau sunset yang menambah keindahan. Namun, hal tersebut tidak bisa kamu jumpai saat musim hujan. Terlebih saat curah hujan tinggi kondisi air pantai cenderung pasang, sehingga berbahaya bagi keamanan pengunjung.

Taman Bermain

Ilustrasi Wisata Roller Coaster. (Special)

Biasanya taman bermain terdiri dari dua jenis yaitu indoor dan outdoor. Untuk taman bermain indoor tentu masih aman dikunjungi meski pada musim hujan. Namun, beda halnya dengan taman bermain outdoor yang biasanya menyediakan wahana bianglala, roller coaster, kora-kora, dan beberapa wahana lain. Semua wahana tersebut membutuhkan aliran listrik untuk menggerakkannya. Sehingga sangat berbahaya jika digunakan dalam kondisi hujan.