Berencana Bangun Masjid Indonesia di Afrika, Ivan Gunawan: Minta Doanya

Kamis, 14 April 2022 | 12:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Berencana Bangun Masjid Indonesia Di Afrika, Ivan Gunawan: Minta Doanya

Ivan Gunawan. (Instagram.com/ivan_gunawan)

Ladiestory.id - Presenter sekaligus desainer, Ivan Gunawan mengabarkan bahwa ia akan membangun masjid di Uganda, Afrika. Tempat beribadah tersebut akan diberi nama Masjid Indonesia.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Ivan Gunawan melalui unggahan di akun Tiktoknya. Dalam pembangunan masjid ini, Ivan Gunawan dibantu oleh seorang relawan kemanusiaan yang berada dalam Koalisi kemanusiaan Indonesia, Hamza Tamimy.

“Minta doanya Mesjid INDONESIA segera rampung di UGANDA @hamzahtamimy @yudhanurzahra terima kasih tenang & pemikirannya,” tulis Ivan Gunawan.

Dalam unggahan tersebut, Hamza Tamimy mengatakan bahwa ia telah menemukan tempat untuk membangun Masjid Indonesia. Masjid tersebut akan dibangun di sebuah Desa Ruwabarangga, Uganda Barat, Afrika.

“Assalamualaikum, Kak Igun. Alhamdulillah sekarang kita sudah dapat lokasi untuk Masjid Indonesia by Kak Igun, ini lokasinya di Ruwabarangga, Uganda barat. Di sini ada sekitar 5000 penduduk dan masjidnya sendiri bisa menampung 400 hingga 500 orang,” ungkap Hamza Tamimy.

Unggahan Ivan Gunawan. (Tiktok.com/igun31)

Hamza mengungkapkan bahwa Masjid yang akan dibangun oleh Ivan Gunawan ini bisa menampung 400 hingga 500 jamaah. Diketahui, Masjid Indonesia akan menjadi salah satu yang terbesar di Uganda.

“Ini masjid yang cukup besar, karena biasanya masjid-masjid yang dibuat di sini paling itu cuma 150 sampai 200. Tapi, bisa hampir dua kali lipatnya,” kata Hamza Tamimy.

Sementara itu, Ivan Gunawan mengaku bahwa ia ingin mewujudkan nazarnya yang sempat tak terlaksana. Mulanya, ia ingin membangun masjid di Garut, Jawa Barat. Namun, ada berbagai hal yang membuatnya tidak jadi bangun masjid di daerah tersebut.

“Aku udah lama nazar pengen bikin masjid, tadinya mau bikin di Garut tapi ada satu lain hal aku urungkan," ujar Ivan Gunawan.

Tak hanya menyumbangkan dana, Ivan Gunawan akan ke Uganda untuk turut menjadi relawan dalam pembangunan Masjid Indonesia.

“Aku abis lebaran mau kesana,” tutur Ivan Gunawan.