Berkah! Bacaan Doa Sebelum dan Setelah Berhubungan Suami Istri

Jumat, 17 Desember 2021 | 22:55:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Berkah! Bacaan Doa Sebelum Dan Setelah Berhubungan Suami Istri

Ilustrasi pasangan suami istri. (Special)

Ladiestory.id - Berhubungan suami istri menjadi aktivitas yang dianjurkan di dalam Islam. Namun tentu saja ada doa berhubungan suami istri yang perlu dibaca.

Dalam Islam, doa ini disunahkan untuk dibaca agar hubungan menjadi berkah dan dijauhkan dari gangguan setan.

Doa Bersetubuh Menurut Islam

Sebelum berhubungan suami-istri, dianjurkan minimal berdoa kepada Allah. Doa sebelum berhubungan suami-istri ini diharapkan dapat mendatangkan perlindungan dari Allah SWT.

Selain itu, memanjatkan doa berhubungan tersebut diharapkan dapat dikaruniai anak saleh kelak jika Allah menakdirkannya dari hubungan tersebut.

1. Doa Sebelum Bersetubuh

Sebelum melakukan hubungan badan, hendaknya suami dan istri membaca doa bersetubuh atau doa jima yang dianjurkan Rasulullah SAW seperti berikut:

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

"Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa."

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.” (HR Al Bukhari)

Tujuan membaca doa sebelum berhubungan seks, yakni agar terhindar dari adanya gangguan setan dan calon keturunan (bayi) juga dijauhkan dari makhluk yang terkutuk.

2. Doa Ketika Mengeluarkan Air Mani

Ketika mengeluarkan air mani, pasangan suami istri disunnahkan untuk berdoa agar air mani yang dikeluarkan bisa memberikan keturunan yang baik.

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

"Allahummaj'alnuthfatanaa dzurriyyatan thayyibah.”

Artinya: “Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh).”

Selain membaca doa berhubungan intim di atas, pasangan suami istri juga bisa menentukan waktu bercinta yang tepat agar cepat mendapat momongan.

3. Doa Setelah Bersetubuh

Setelah selesai melakukan rangkaian doa sebelum berhubungan dan ketika mengeluarkan air mani, maka tahap yang terakhir adalah doa setelah berhubungan intim. Hal ini dimaksudkan untuk mengucap rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang begitu luar biasa saat suami istri melakukan hubungan intim.

ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺧَﻠَﻖَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻤْـَــﺎﺀِ ﺑَﺸَـــﺮًﺍ

"Alhamdu lillaahi lladzii hhalaqa minal maa i basyaraa."

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dari air, lalu menjadikannya sebagai keturunan.”

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Berhubungan Intim?

Apabila setelah selesai berhubungan intim kemudian hendak beristirahat, maka jangan lupa untuk mandi junub. Jika tak sempat, maka berwudhu. Menurut Syaikh, janganlah tidur suami istri sebelum berwudhu alias dalam keadaan junub.

"Berwudhu ketika junub bukanlah termasuk perkara wajib, melainkan sunnah yang diutamakan," tulisnya.

Anjuran untuk berwudhu disebutkan Syaikh juga sebaiknya dilakukan ketika ingin mengulangi hubungan intim di waktu yang sama. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Jika salah seorang dari kalian mendatangi istrinya kemudian ia ingin mengulanginya lagi hendaklah berwudhu (di antara keduanya ada wudhu) - dalam sebuah riwayat disebutkan seperti wudhunya untuk mengerjakan shalat -maka sesungguhnya hal itu lebih menyemangatkan untuk mengulang." (HR Muslim).

3 Tujuan Mulia Berhubungan Intim

Islam memandang hubungan suami istri tak sekadar sebagai pemuas nafsu melainkan sebagai media membangun keutuhan keluarga. Berhubungan suami istri juga memiliki banyak tujuan mulia.

Menurut Ibnu Qayyim, setidaknya ada tiga tujuan mulia yang bisa dicapai dengan berhubungan suami istri.

- Berhubungan suami istri yang pertama adalah untuk melestarikan keturunan hingga jumlah yang dikehendaki Allah Swt. di muka bumi.

- Kedua, berhubungan suami istri juga dapat mengeluarkan hal-hal mudharat yang berasal dari dalam tubuh.

- Terakhir, berhubungan suami-istri dapat menjaga pandangan dari hawa nafsu kepada lawan jenis.

Meskipun memiliki banyak tujuan mulia, keridhaan Allah tidak akan didapatkan saat berhubungan suami-istri apabila dilakukan dengan cara yang salah. Hubungan suami istri memiliki cara yang diatur dalam Islam, yakni diawali dengan shalat dua rakaat dan membaca doa selama bersetubuh. Maka dari itu jangan lupa membaca doa berhubungan suami istri.