Bersinergi dengan Pemerintah, Dunia Usaha, dan Universitas, Sea Scholarship 2022 Telah Dibuka

Rabu, 16 Februari 2022 | 11:30:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Bersinergi Dengan Pemerintah, Dunia Usaha, Dan Universitas, Sea Scholarship 2022 Telah Dibuka

Sea Scholarship 2022 (Special)

Ladiestory.id - Perusahaan internet, Sea menjawab tantangan talenta industri digital dengan memunculkan lagi beasiswa prestasi unggulan Sea Scholarship 2022.

Beasiswa yang tahun ini bekerjasama dengan Universitas Indonesia, BINUS University, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada serta Institut Teknologi Del.

Beasiswa Sea Scholarship 2022 ditawarkan untuk mahasiswa Indonesia di tahun pertama, kedua, dan ketiga yang berkomitmen guna konsisten menjaga prestasi akademiknya sewaktu perkuliahan.

enerima beasiswa akan dibekali dengan tunjangan bulanan sepanjang perkuliahan, dan rangkaian program capacity building berbentuk pelatihan, seminar, serta diskusi dengan tokoh-tokoh inspiratif ataupun sesi khusus bersama manajemen Sea.

Penerima beasiswa Sea Scholarship pun berkesempatan guna magang ataupun bekerja di salah satu perusahaan naungan Sea, yakni penerbit serta pengembang games Garena, e-commerce Shopee, hingga jasa keuangan digital SeaMoney.

“Meningkatkan talenta yang siap kerja di era digital merupakan bagian dari komitmen Sea. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan taraf hidup konsumen dan dunia usaha melalui teknologi. Di tahun ini, kami menggandeng enam universitas ternama di Indonesia dan kembali menawarkan beasiswa penuh selama perkuliahan.” kata Hans Saleh - Country Head Garena Indonesia.

Sea Scholarship 2022 dibuat mengikuti aspirasi anak muda Asia Tenggara yang memerlukan peningkatan kemampuan serta karakter akibat pandemi. Mengingat talenta zaman digital tidak hanya fokus terhadap hardskill, namun juga softskill dalam beradaptasi pada dunia kerja masa depan.

Riset Sea serta World Economic Forum pada 2021 bertajuk ASEAN Digital Generation Report 2021 memperlihatkan jika 47% masyarakat Indonesia mengklaim kreativitas dan inovasi menjadi skill paling penting di dunia pada pandemi, diikuti skill pemakaian teknologi (40%), disiplin diri (31%) dan ketahanan serta kemampuan adaptasi (30%).

Pada acara opening Sea Scholarship 2022, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim yang diwakili oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset serta Teknologi (Dikti-Ristek), Prof. Nizam mengatakan, bahwa pemerintah, dunia usaha, dan universitas harus dapat bersinergi untuk mendorong kemajuan dunia pendidikan Indonesia dan dan pengembangan anak muda.

Untuk konsistensi dan kontribusi Sea atas program Sea Scholarship 2022 sangat sesusai dengan kebijakan Kampus Merdeka Kemendikbud-Ristek yang mendukung dunia usaha yang membuka kolaborasi industri - universitas lewat program magang industri.

Tak hanya mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa, namun diberharapkan beasiswa ini dapat mendorong pengembangan diri penerima beasiswa.” 

Konsisten sedari 2018, Sea Scholarship sudah menerima lebih dari 3,700 pendaftar beasiswa juga tercatat lebih dari 90 mahasiswa yang sudah menerima beasiswa. 

Sea Scholarship 2022 dimulai dari tanggal 14 Februari-14 Maret 2022. Proses pemilihan beasiswa akan dilaksanakan dengan enam tahap, yakni registrasi (14 Februari-14 Maret 2022), seleksi administrasi (15-18 Maret 2022), ujian secara daring (24-26 Maret 2022), tahap penilaian (28 Maret-01 April 2022).

Sedangkan interview melalui daring dilakukan mulai tanggal (06-14 April 2022) hingga tahap terakhir yakni pengumuman yang akan dilaksanakan pada 25 April 2022.