Bikin Bangga! 5 Film Indonesia yang Raih Penghargaan Internasional

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Bikin Bangga! 5 Film Indonesia Yang Raih Penghargaan Internasional

Poster Film "Pengabdi Setan" (Special)

Ladiestory.id -  Film Indonesia kini semakin berkualitas dan variatif. Hal tersebut terlihat dari berbagai genre, serta jalan cerita yang dihadirkan. Sehingga film Indonesia kini tak hanya bisa dinikmati oleh penonton lokal saja, namun juga internasional.

Bahkan, film-film Indonesia kini telah memasuki pasar yang lebih luas melalui festival film dunia dari tahun ke tahun. Tak ayal, beberapa film pun berhasil menyabet penghargaan pada kategori-kategori tertentu. Bikin bangga, ya!

Nah, untuk tau lebih dalam. Yuk, simak 5 film Indonesia apa saja yang berhasil raih penghargaan Internasional.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Poster Film "Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak" (Special)

Film ini bercerita mengenai seorang janda muda bernama Marlina yang bertemu dengan sekawanan preman yang berencana merampok, serta melakukan kekerasan seksual kepada dirinya.

Setelah kejadian itu, ia berjuang dan berusaha mencari keadilan untuk dirinya dengan cara membalaskan dendam kepada para pelaku kejahatan.

"Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak' yang diperankan oleh Marsha Timothy ini berhasil meraih nominasi serta penghargaan pada ajang film Internasional, seperti Asia-Pacific Film Festival, Asian Academy Creative Awards, hingga Asian World FIlm Festival. 

Pengabdi Setan (2017)

Poster Film "Pengabdi Setan" (Special)

Film "Pengabdi Setan" yang dirilis pada 2017 merupakan remake dari film horor klasik keluaran tahun 1982 dengan judul sama. Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang terikat perjanjian dengan setan, hingga membuat malapetaka menghampirinya.

"Pengabdi Setan" menjadi salah satu film horor dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia. Film ini pun juga sangat populer hingga ke luar negeri dan meraih penghargaan Internasional pada ajang Popcorn Frights Film Festival 2018 untuk kategori Scariest Film Award.

Kabarnya, film "Pengabdi Setan" akan segera merilis sekuel keduanya pada Agustus mendatang, lho! Jadi bagi kamu pecinta film horor karya Joko Anwar ini, jangan sampai lewatkan untuk menonton. 

Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Poster Film "Kucumbu Tubuh Indahku" (Special)

Film Indonesia satu ini justru mendapat larangan tayang di Indonesia. Sebab, film garapan Garin Nugroho ini dianggap memiliki konten yang berkaitan dengan isu LGBT.

Film "Kucumbu Tubuh Indahku" bercerita tentang perjuangan Juno, seorang penari Lengger yang menemukan jati diri melalui emosi serta orientasi seksualnya.

Film yang mengusung pesan mengenai pentingnya self-love ini justru melakukan penayangan perdananya di Venice Film Festival 2018. Hal tersebut membuat film ini mendapat banyak atensi dari internasional, hingga berhasil menyabet berbagai penghargaan, seperti Asia Pacific Screen Awards.

Penyalin Cahaya (2021)

Poster Film "Penyalin Cahaya" (Special)

Film yang mengusung genre thriller misteri ini mengangkat cerita mengenai Sur yang diperankan oleh Shenina Cinnamon, sebagai penyintas kekerasan seksual. Ia harus kehilangan beasiswanya karena sebuah insiden yang masih bersifat rumor.

Film "Penyalin Cahaya" berhasil menyabet berbagai penghargaan dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan, di Piala Citra FFI 2021,  film ini berhasil memenangkan 12 penghargaan sekaligus.

Selain itu, film garapan Wregas Bhanuteja ini juga bersaing dengan 10 film dari berbagai negara pada ajang Busan International Film Festival untuk kategori New Currents. Wah, semakin mantap nih! 

Yuni (2021)

Poster Film "Yuni" (Special)

Film yang sempat trending topic ini mengusung cerita mengenai tokoh Yuni yang melawan budaya patriarki dalam masyarakat. Film ini bahkan dianggap mewakili suara perempuan yang ingin mengejar impian serta pendidikan. Karakter Yuni ini berhasil diperankan dengan cukup apik oleh aktris pendatang baru, Arawinda Kirana

Disutradarai oleh Kamila Andini, film "Yuni" berhasil menyabet berbagai penghargaan, baik nasional maupun internasional. Salah satu penghargaan yang berhasil diraih, yaitu Platform Prize pada ajang Toronto International Film Festival 2021.

Sebagai informasi, Festival Film Internasional Toronto merupakan ajang penghargaan tahunan bagi film yang memiliki nilai artistik tinggi serta visi penyutradaraan yang kuat.

Itu tadi 5 film Indonesia yang berhasil meraih penghargaan internasional, Ladies. Kira-kira film mana nih yang jadi favoritmu? 

s