Bikin Tahan Lama, Begini Cara Lakukan Pedikur

Jumat, 11 Februari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Bikin Tahan Lama, Begini Cara Lakukan Pedikur

Ilustrasi kuku tangan dan kaki. (Special)

Ladiestory.id - Menikur dan pedikur merupakan salah satu rangkaian perawata kecantikan yang kerap dilakukan perempuan. Namun tak sedikit juga yang mengabaikan perawatan pedikur.

Pedikur sendiri merupakan perawatan kuku kaki dengan alat khusus seperti gunting kuku, pendorong kutikula, penyangga kuku, sikat kuku, pemisah kaki, dan cat kuku. Fungsi pedikur sendiri untuk menjaga kebersihan kuku kaki sehingga mencegah penumpukan kuman yang membuat kuku rapuh atau risiko kesehatan lainnya.

Seringkali perawatan kuku ini tak bertahan lama. Nah untuk membuatnya tahan lama, berikut cara sederhana yang dapat Kamu lakukan dirangkum dari berbagai sumber.

Merawat Kutikula

Ilustrasi Perawatan Kuku Kaki alias Pedikur. (Special)

 

Kutikula tidak semestinya dihilangkan lho karena tindakan ini malah tidak menguntungkan untuk kuku.

Penting diingat jika kutikula merupakan penghalang yang dapat melindungi kulit di sekelilingnya dan membantu melindungi kuku dari infeksi. Bila terdapat kutikula yang lumayan mengganggu, dorong kembali ke dalam kuku, jangan dipotong maupun dihilangkan.

Perhatikan Area Bawah Kuku

Ketika memotong kuku atau melakukan pedikur, mayoritas orang hanya berfokus pada area atas kuku. Kamu harus memastikan juga area bawah kuku tetap bersih.

Bila tidak, bakteri dapat terbentuk di sana. Sebelum melakukan pedikur, penting dalam memastikan panjang dan kebersihan kuku itu sendiri.

Cocokkan Bentuk Kuku dengan Kutikula

Ilustrasi Perawatan Kuku Kaki alias Pedikur. (Special)

Tidak tahu bagaimana bentuk kuku yang semestinya sebelum melaksanakan pedikur? Lihat bentuk kutikula, apakah bentuknya bulat atau kotak. Bentuk kuku semestinya mengikuti bentuk kutikula.

Melembapkan

Ilustrasi Perawatan Kuku Kaki alias Pedikur. (Special)

Minyak kutikula mesti menjadi hal utama dalam merawat kuku. Tidak hanya menjadikan kuku tangan dan kaki menjadi lembut dan lembap, tetapi juga mencegah cat kuku yang diaplikasikan mudah terkelupas.

Jangan Lewatkan Cat Kuku Dasar

Lapisan dasar akan membantu menjadi tempat menyerapnya cat kuku warna yang diaplikasikan selanjutnya. Jangan sampai cat kuku warna menyerap ke dalam kuku yang sebetulnya, sebab dapat berbahaya.

Aplikasikan satu lapis saja dan tunggu setidaknya satu menit sebelum mengaplikasikan cat kuku warna selanjutnya. Tetapi, jangan tunggu hingga lapisan dasar benar-benar mengering.

Mengunci lapisan atas

Lapisan atas atau top coat tidak hanya berguna dalam menyegel warna yang sudah diaplikasikan, tetapi juga membuat pedicure lebih berkilau. Ingat dalam menunggu setidaknya satu menit sebelum menambahkan lapisan atas di atas cat kuku warna. Bila ingin menambahkan lapisan kedua, setidaknya tunggulah sekitar 2 hingga 3 hari berikutnya.

Hindari panas

Cobalah untuk tidak mengenakan hair dryer atau oven panas beberapa waktu usai melakukan pedikur. Cat kuku memerlukan waktu setidaknya selama 12 jam agar benar-benar mengeras. Suhu yang terlalu panas bisa melelehkan cat yang sudah diaplikasikan.

Memasukkan kuku ke dalam air dingin selama beberapa menit bisa begitu membantu mengeraskan cat kuku lebih cepat.