Bintang "Harry Potter" Robbie Coltrane Tutup Usia

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 09:00:00

Bintang "Harry Potter" Robbie Coltrane Tutup Usia

Robbie Coltrane Tutup Usia (special)

Ladiestory.id - Bintang "Harry Potter" Robbie Coltrane meninggal dunia di usia 72. Aktor yang terkenal lewat perannya sebagai Rubeus Hagrid ini dilaporkan mengembuskan napas terakhir pada Jumat (14/10/2022). 

Agennya, Belinda Wright, telah mengonfirmasi kabar duka ini. Ia menyebut, Coltrane sebagai klien yang memiliki bakat unik dan berjiwa setia.

"Bagi saya pribadi, saya akan mengingatnya sebagai klien yang setia," kata Wright dalam pernyataannya dilansir E! News, Sabtu (15/10/2022).

"Selain sebagai aktor yang luar biasa, dia secara forensik cerdas, sangat cerdas, dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya," tambahnya.

Coltrane tidak hanya muncul di setiap film "Harry Potter", karier aktingnya dimulai sejak 1970-an. Aktor ini lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, di Glasgow, Skotlandia. Ia adalah putra dari seorang dokter dan guru. Setelah lulus dari Glasgow Art School, ia melanjutkan studinya di bidang seni di Moray House College of Education di Edinburgh.

Pada 1993, publik mulai mengenal Coltrane saat dia memainkan Dr. Edward di serial televisi "Fitz". Edward merupakan seorang psikolog kriminal anti-sosial dengan bakat untuk memecahkan kejahatan. Berkat perannya itu, Coltrane memenangkan tiga penghargaan aktor televisi terbaik BAFTA berturut-turut.

Robbie Coltrane Tutup Usia (special)

Penampilan Coltrane dalam serial "Fitz" juga membuatnya tampil dalam dua film James Bond. Ia memerankan Valentin Zukovsky di GoldenEye dan The World Is Not Enough. Meski demian, para pecinta film kebanyakan tahu Coltrane dari perannya sebagai Rubeus Hagrid, seorang penjaga taman raksasa di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry dalam film "Harry Potter".

Penulis dan pemain "Harry Potter" menuliskan ungkapan belasungkawa di media sosial atas meninggalnya Robbie Coltrane. Melalui Twitter pribadinya, J.K. Rowling mengenang sosok Coltrane sebagai aktor yang berbakat.

Ungkapan J.K. Rowling (Twitter.com/Jk_rowling)

“Saya tidak akan pernah mengenal siapa pun seperti Robbie lagi. Dia adalah bakat yang luar biasa, yang lengkap, dan saya sangat beruntung mengenalnya, bekerja dengannya. Saya mengirimkan cinta dan belasungkawa terdalam saya kepada keluarganya, terutama semua anak-anaknya," kata J.K. Rowling.