Hari Menanam Pohon, Blibli dan Djarum Foundation Tanam 3.000 Bibit Mangrove Sejati

Senin, 28 November 2022 | 20:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Hari Menanam Pohon, Blibli Dan Djarum Foundation Tanam 3.000 Bibit Mangrove Sejati

Acara Hari Menanam Pohon Blibli dan Djarum Foundation. (Spesial)

Ladiestory.id - Blibli, bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui program Djarum Trees for Life (DTFL) dan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana (BBWS) melakukan #AksiCintaBumi terbarunya melalui penanaman 3 ribu bibit mangrove Sejati dengan jenis rhizophora yang berlokasi di Banjir Kanal Timur, Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah. Acara ini sejalan dengan momen Hari Menanam Pohon Indonesia pada Senin (28/11/2022).

Penanaman bibit ini merupakan hasil dari pengumpulan 30 ribu kardus kemasan bekas yang telah dikembalikan para pelanggan melalui armada pengiriman BES Paket dan tempat pengumpulan kardus (collection boxes) Blibli Cinta Bumi yang tersebar di beberapa titik di Jabodetabek selama periode 2021–2022.

Acara Hari Menanam Pohon Blibli dan Djarum Foundation. (Spesial)

“Bisnis berkelanjutan merupakan salah satu fokus Blibli dalam menjaga kelangsungan bisnis dan lingkungan, di mana keduanya harus berjalan secara beriringan. Kami memberikan apresiasi atas kepedulian setiap penggiat ekosistem kami dalam mengembalikan kemasan. Tahun ini kami mencatat 3x peningkatan volume kardus yang dikumpulkan, sehingga tahun ini kita bisa menanam 3 ribu bibit mangrove di bantaran muara Banjir Kanal Timur, Semarang,” ujar Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli.

Dalam #AksiCintaBumi kali ini, Blibli dan Djarum Foundation bersama-sama memperkuat keberadaan hutan mangrove. Di hutan mangrove, bakau biasanya tumbuh di bagian paling depan yang berhadapan dengan laut.

Bakau Sejati dengan genus rhizophora memiliki akar tunjang yang tumbuh menyembul dari batang bawah. Akar tersebut berfungsi untuk memperkokoh cengkeraman pohon agar tidak rebah.

Acara Hari Menanam Pohon Blibli dan Djarum Foundation. (Spesial)

Pohon bakau bisa tumbuh di lingkungan dengan kadar garam tinggi, terendam air, tanah berpasir, dan sedimen lumpur. Akar bakau memiliki kelenjar khusus yang bisa menyaring garam dari air laut.

Sebagian garam juga dibuang melalui daun-daun tua yang digugurkan. Hal ini menjadikan peranan bakau dapat membantu stabilitas dan mencegah erosi atau abrasi yang memiliki peran penting bagi ekosistem. 

Terus merawat dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon juga sejalan dengan visi dan misi besar kami untuk bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk kita tinggali. Makin banyak pihak yang peduli dan bergerak untuk lingkungan,” kata FX Supanji, VP Director of Djarum Foundation.