Dorong Ekonomi Sirkular, Blibli Gelar Eksibisi “Langkah Membumi”

Selasa, 6 Desember 2022 | 22:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Dorong Ekonomi Sirkular, Blibli Gelar Eksibisi “Langkah Membumi”

Blibli. (Special)

Ladiestory.id - Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market berkomitmen mengusung visi kolaboratif untuk menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia dengan penerapan ekonomi sirkular untuk menyukseskan SDG (Sustainable Development Goals). 

Selama gelaran kampanye dan eksibisi “Langkah Membumi” yang berlangsung sejak 11 November hingga 4 Desember 2022 yang berlokasi di ASHTA District 8, Jakarta Selatan, Blibli mengusung pengalaman omnichannel dengan membawa 25 merek produk eco-friendly.

Blibli. (Special)

Selama tiga minggu eksibisi tersebut, pengunjung mendapatkan edukasi mengenai darurat sampah di ibu kota, termasuk proses pengolahan sampah e-commerce menjadi produk dengan kemanfaatan baru. Blibli pun turut memajang dan menjual hasil olahan sampah operasionalnya, terdiri dari kardus dan plastik, menjadi barang-barang seperti multi purpose tote bag, pouch, mobile phone holder, laptop sleeve case, hingga T-shirt.

Melalui kegiatan ini, Blibli telah menyumbang pada konservasi alam dan pemberdayaan komunitas marjinal dengan menggandeng beberapa pihak yang memiliki kesamaan visi, seperti Plana, Bioma, hingga Liberty Society. Lebih jauh lagi, pada proses produksi produk upcycled sampah Blibli telah memberi tambahan penghasilan hingga empat hingga lma kali lipat pada komunitas perempuan marjinal. 

Menurut Yolanda Nainggolan, VP dan Public Relations Blibli, Dalam eksibisi ini, pihaknya menggunakan pendekatan edutainment dalam memperkenalkan langkah sederhana yang bisa dilakukan bersama, mulai dari kemudahan memilah sampah sampai dengan inovasi ekonomi sirkular.

Sejumlah kegiatan inspiratif dan edukatif juga digelar, di antaranya kolaborasi dengan Bartega Studio dan Liberty Society dalam menggelar “Junkart Class’ dengan tema “Song of The Ocean”. Kelas edukasi pentingnya memasak bahan makanan segar bersama Arsyan Dwianto, Big 3 “Masterchef Indonesia Season 9”.

Blibli. (Special)

Kegiatan edukasi memilah dan mendaur ulang sampah bertajuk “FamDay Turn Trash to Treasure” yang turut melibatkan komunitas Sahabat Ibu Pintar Blibli, serta berbagai aktivitas media sosial juga diharapkan turut meningkatkan kepedulian terhadap gaya hidup lebih ramah lingkungan, yang menjadi pesan utama dari eksibisi Langkah Membumi ini. 

Eksibisi Langkah Membumi ini menjadi inisiatif berorientasi ESG (Environment, Society, Governance) pertama di bawah naungan ekosistem Blibli Tiket yang diharapkan dapat menjadi pemicu semangat masyarakat dalam mengambil langkah kecil yang konsisten dan berdampak positif bagi Bumi dan kualitas hidup yang lebih baik.